About This Blog

Kalau kamu mengira saya mau nulis pake Bahasa Inggris, itu salah. Bukannya males mikir, tapi emang lagi males aja. *lho?

Pertama kali bikin blog pas jaman SMA (Bukan SMA ding, tapi STM. Dan jangan bandingin tahun 2008 dengan sekarang soal perkembangan dunia internetnya), jaman dimana tarif sms masih Rp 350/sms. Sangat mahal kalau dibandingin sekarang. Bahkan sekarang sms sudah 'jarang' dipakai, seiring membludaknya aplikasi messenger semacam Whatsapp, BBM, KakaoTalk, Line, WeChat, My People dan lain sebagainya (gila, promo abiss).

Jujur, waktu itu cuma buat gaya-gayaan. Semacam "Aku punya blog, buka aja bla-bla-bla.blogspot.com". Isinya cuma kumpulan foto. Kebanyakan foto yang diambil dari kanan atas pake tangan sendiri, atau belakangan ini dikenal dengan istilah selfie. Kalau inget foto itu, saya merasa kotor. Bisa-bisanya bikin foto kayak gitu. Tapi beruntung, waktu itu belum ada yang namanya Camera360. 

Kamu tau sendiri gimana efek gambar yang dihasilkan oleh aplikasi ini.

Sekarang bikin lagi yang ini. Pakai domain sendiri biar (terlihat) serius dan personal. Dan itu satu-satunya hal yang bisa dibanggakan dari blog ini. Karena dari segi konten masih sangat jauh dari menarik. Baik tulisan, widget atau template yang dipake. Saya nggak pernah belajar secara khusus memahami bahasa-bahasa html internet. Saya hanya belajar bikin blog dari internet dan beberapa buku.

Ngomong-ngomong domain, saya sempet pengen pake beberapa domain yang berhubungan sama nama saya, kayak: renggostarr.com dan renggopranoto.com.

Tapi keduanya batal dipake, karena:

Sempet saya pake, tapi kayaknya Eyang Google nggak mau mengakui keberadaan saya. Coba lihat ini:

Renggonesia, renggo starr
Kalah beken sama om Ringo Starr

2. renggopranoto.com
Alasannya simple: kepanjangan, ngetiknya capek.

Untuk pemilihan renggonesia.com ini, saya dapat dari temen. Sebut saja namanya Bunga, 23 tahun, cowok. Waktu itu iseng-iseng aja nanya: pengen bikin blog, tapi pake nama domain apa ya? 

Dia mikir beberapa saat kemudian bilang: www.renggonesia.com 

"Katanya, ini berarti ada blogger dari Indonesia yang bernama Renggo. Sungguh filosofi yang aneh, tapi biarlah."

Secara psikologis, penggunaan domain yang (katanya) lebih personal ini bisa meningkatkan rasa percaya. Misalnya ketika di-share di media sosial, setidaknya nggak akan ada orang berkomentar, "Bikin blog gratisan aja bangga."

Memang saat ini saya masih mengesampingkan isi dari blog. Bukan mengesampingkan, tapi emang baru segitu kemampuannya. Tapi selama masih mau belajar, saya yakin lambat laut isinya akan lebih variatif. Atau yang udah kebayang, akan ada cerpen fiksi di dalamnya.

Ngomongin template, penggunaan template pertama kali masih bawaan blogger, bertahan beberapa hari dan sempet saya bikin bernuansa Borussia Dortmund, kayak gini:

Renggonesia, renggo starr

Tapi belakangan saya dapet template yang agak bagus, yang sedang saya pake ini. Terima kasih Tuhan, karena Engkau telah menciptakan manusia yang mau membagikan template blog secara gratis.

Berkat template itu, sekarang blog ini bertransformasi seperti yang kamu lihat ini. Menurut saya lebih baik dari yang dulu. Kalo kamu buka dari handphone, mungkin nggak terlihat dimana perbedaannya. Saya sengaja mengaktifkan versi mobile-nya biar enak dibaca pake handphone.

Buat yang buka dari PC, coba lihat kanan atas widget blog ini, kamu bisa dapet update blog ini melalui email yang kamu submit. Dijamin aman, nggak bakal diapa-apain email kamu :D

Karena sesuatu hal, saya mengganti domain menjadi renggostarr.com. Baca Alamat Baru, Semangat Baru

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon