Tentang 'Jamban Blogger'


Jamban Blogger, komunitas Blogger Indonesia
Blog?

Siapa sih yang nggak tau blog?

“Beberapa tahun belakangan ini, dunia blogging Indonesia mulai populer.”

Ini berarti ada 2 kemungkinan saudara-saudara sekalian:
1. Gue nggak ngikutin perkembangan dunia internet di Indonesia, khususnya blog.
2. Emang bener, kalo dunia blogging Indonesia baru berkembang sekarang ini.

Ngomongin soal blog, mungkin kalian pernah baca blog yang komentarnya bejibun, banyak banget. Lalu muncul pertanyaan dalam kepala kalian, “Kok bisa sih, blog rame banget kayak gini?” atau “Gue udah coba konsisten ngeblog, tapi traffic-nya kok nggak naik-naik, ya?"

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu akan segera terjawab seiring kata demi kata yang kamu baca di artikel ini. Jadi baca sampai akhir ya. Kalo nggak.. ya nggak apa-apa sih. Hehe

Jadi yang namanya nge-blog itu, selain rajin bikin postingan yang berkualitas, kita juga harus rajin blogwalking. Kalo belum cukup, kamu bisa lebih rajin lagi promo blognya. Bukan berarti share link sana-sini ya, takutnya kalo kebanyakan share, nantinya dianggep spam. Kalo udah gitu agak bahaya tuh.. Jangankan mampir trus ngebaca, orang mau buka blog kamu aja jadi mikir 17.000 kali.

Nah, salah satu cara blogwalking yang efektif adalah dengan bergabung di forum-forum blog. Bingung mau gabung kemana? Nih gue kasih tau forum yang cihuy banget: JAMBANBLOGGER


Hah?? Jambanblogger? Apaan tuh?

Jambanblogger adalah Forum Blogger Indonesia. Ya, bisa dibilang kaskus-nya blogger lah. Kalo kebanyakan komunitas blog kan gabung di suatu grup jejaring sosial, saling tuker link buat sekedar dapet komentar di post atau biar di-visit balik blognya. Nah, kalo di Jambanblogger beda. Karena bentuknya forum, kamu bisa ngelakuin lebih banyak hal. Dari yang masuk akal, sampe keluar akal manusia juga ada. Hehe


Di Jambanblogger bisa ngapain aja?

Banyak yang bisa kamu lakuin di Jambanblogger. Saking banyaknya yang bisa kamu lakuin, sampe-sampe pihak Jambanblogger memilah, menjadikan 3 kategori:


1. Share
  • Numpang Jamban
Di sini tempat blogwalking. Kamu bisa share postingan blog terbaru, terlama atau terapapun, bebas terserah kalian.
  • Artwork
Kamu jago design? Di sini tempat share hasil design atau foto kamu. Itung-itung pamer juga, sih.

2. The Lounge
  • Balkon
Di Balkon, kamu bisa sharing apa pun, kecuali share postingan & artwork (udah ada tempatnya sendiri, di kategori Share). Sharing apa aja, misalnya nemu artikel yang bagus, tapi kamu nggak ngerti sedang ngebahas apa.
  • Tanya-tanya
Di Tanya-tanya, kamu bisa nanya seputar blog dan menulis. Misalnya kamu mau nanya gimana sih masukin SoundCloud ke dalam postingan kayak di bawah ini?


Atau, gimana sih biar tulisan kita menarik pembaca? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang masih berhubungan dengan blog dan menulis tentunya.
  • Curhat
Sampaikan segala macam keluh kesah kamu ke kolom ini. Dari kisah cinta sampai kisah ketabrak becak juga boleh. Tapi khusus yang ketabrak becak, kamu harus jadian dulu sama tukang becaknya. Kalo udah jadian, kamu minta diputusin aja. Bukan gimana-gimana, biar ada bahan buat curhat, gitu.
  • Review
Di sini, kamu bisa meminta temen-temen buat menilai blog kamu. Apakah tampilannya menarik apa enggak, read-able apa nggak. Terus terang, dari kolom ini gue dapet ilmu baru. Kayak gimana ilmunya? Penasaran? Baca sampe abis dulu ya, baru buka, trus baca kolom ‘Review’.


3. Kopdar

Untuk kopdar, Jambanblogger punya istilah sendiri, yaitu Kumpul Keblog. Bukan Kumpul Kebo ya, tapi Kumpul Keblog. Di kolom ini berisi informasi kopdar seluruh kota di Indonesia. Keren!

Selain hal-hal yang disebutin di atas, semua member juga bisa chat sama siapa aja member yang sedang online. Layaknya chat di Facebook aja. Asik banget kan? Makanya buruan daftar, masuk ke http://jambanblogger.com

Untuk Sign Up kayaknya udah bisa semua. Kalian udah pada gede, nggak usah diajarin juga bisa. Yang perlu digarisbawahi adalah username atau ID kamu nantinya nggak bisa diganti, jadi pikirin bener-bener mau pake ID apa. Biar nantinya nggak nyesel. Kalo udah daftar, tinggal nunggu konfirmasi dari Tim Jambanblogger. Nggak lama kok.

Kalo udah dapet konfirmasi, kamu resmi jadi member Jambanblogger.
Tinggal pasang banner, konfirmasi alamat regional, ikutan kuis trus.. dapet hadiah deh.

Kalo udah gitu, gue yakin kalian bakal lebih sering senyum-senyum sendiri.



Oh iya, di kesempatan yang berbahagia ini, gue mau ngucapin:

“Selamat ulang tahun, Jambanblogger!”

Mudah-mudahan ke depannya semakin berkembang forumnya, makin menarik, makin banyak member, makin sering ngadain kopdar, dan yang nggak kalah penting: makin sering ngadain kuis :3

Terakhir nih:




Semoga lagu di atas bisa mendramatisir artikel ini..



Note: 
Kalo nggak bisa play Souncloud & Video, kemungkinan:
1. Kamu pake HP
2. Belum install flash player


27 komentar

selamat ulang tahun JB, semoga makin eksis ya :)

wohoooo kereeen juga nih, sukses ya :D

Makasih, punya kamu juga keren. Lebih lengkap malah.

Semoga kamu menang ya, dapet juara 2. Juara satunya buat aku aja :D

namanya kok aneh hehe, btw selamat dan semoga sukses

wahh,, boleh nih dicoba,, hehe,...
Nice info broh,..

Ngomong2,,, ane tersihir banget,,,, wkwkwkk

Don't judge a Forum by its's URL bro :D

Hehehe setuju banget kita harus sering-sering blogwalking ke sana-sini. Setuju banget juga kalo Jamban Blogger emang keren yeeey!
Semoga aja penghuni-penghuninya bukannya cuma iseng pengen blognya ramai dikunjungin, tapi karena pengen kenal lebih deket satu sama lain. Salam kenal yaaa :))

Selamat ulang tahun Jamban Blogger! Semoga makin solid, terus bisa nemuin hati yang solid juga sama kita *eh apasih* Setuju banget kalo sering-sering bikin kuis heheh :D

Iya bener, kuis adalah salah satu pemicu kreativitas :D

Jamban Blogger naik daun uy~ XD semoga JB makin terkenal.

cakep nih cakep. *bukan orangnya yaaaa :p
gue udah gabung, follow kek *skalian promosi*

Gabung gara-gara postingan ini kan? Harus di CC-in ke Hena nih :p

Happy birthday jambanblogger, yg punya postingan semoga sukses :)

HB JB...jadi pengen gabung

Setuju nih, Perbagus tulisan dan perbanyak blogwalking. Btw Keep Rileks Mban !!

wah nice post nih mban! untung gua udah gabung =))

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon