5 Kelakuan Nyeleneh Pengendara di Jalan Raya

Tulisan ini terinspirasi ketika gue lagi di jalan raya. Ketemu lampu merah dan gue memperhatikan sekeliling. Terlihatlah beberapa orang seperti di bawah ini:

1. Pake Helm di Lutut
Ini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan terutama di kalangan pria, lebih utama lagi mereka yang merokok. Dan yang paling utama adalah mereka yang nggak bisa menahan nafsu merokoknya. Mungkin alasannya bener: merokok kalo pake helm full face kan susah, makanya helmnya dilepas trus ditaroh di lutut. Helm yang seharusnya melindungi otak di kepala pun berubah fungsi menjadi pelindung lutut. 

Jika dilihat dari sisi positif, ini bisa saja menjadi celah buat pengusaha pembuat helm. Misalnya berinovasi membuat helm full face yang ada tempat untuk merokoknya.

2. Nyalain Lampu Hazard Pas Hujan
Seperti postingan sebelumnya, gue sempet ngomongin ini. Nyalain lampu hazard –baik mobil atau motor- pas hujan itu nggak bener, karena sering menimbulkan kesalahpahaman antar pengendara bermotor. Kalo penasaran, bisa baca postingan itu di Tentang Lampu Hazard.

3. Lepas Spion
Masih nggak ngerti alesan orang nggak masang spion di sepeda motornya. Spion kanan dan kiri ini penting sekali terutama untuk jalanan rame nun ribet seperti di Jakarta. Bisa dibilang, spion ini menjadi salah satu faktor keselamatan dalam berkendara. Nggak jarang sepeda motor tertabrak dari belakang karena kesulitan pengendara melihat ke belakang ketika ingin belok.

4. Kurang Koordinasi Antara Pengendara Dengan Boncenger
Pernah punya pengalaman, pengen nyalib (mendahului) motor, tapi motor di depan ngasih ‘kode’ nggak jelas. Lampu sign nyala ke arah kanan, tapi tangan kiri sang boncenger (orang yang bonceng) melambai-lambai tanda mau belok kiri. Ini kan bikin bingung yang di belakang. Mau nyalib dari kanan, takut mereka belok kanan. Mau nyalib dari kiri, takut mereka belok kiri. Dan akhirnya hanya bisa bersabar.

5. Pake Jaket Dibalik
Biasanya yang sering melakukan ini kaum Hawa, mesikpun tidak sedikit kaum Adam melakukan hal serupa. Jadi, resleting jaketnya nggak ditutup, trus makenya dibalik menghadap belakang. Tidak membahayakan pengendara memang, tapi hal ini setidaknya menegaskan kalo dia adalah orang yang malas. Mungkin dia berpikir, “Nggak usah dikancingin ah, nanti juga dilepas lagi.”

Kelakuan Nyeleneh, jaket terbalik

Jangan-jangan dia menerapkan prinsip serupa ketika abis pup. “Nggak usah cebok ah, besok pagi juga eek lagi.”

Segitu aja rangkumannya, bikin 5 aja cukup. Nanti kalo rangkumannya dibikin 7, takut dicurigai mengekor ondespot.