Beberapa waktu lalu, dunia blogging Indonesia sempat dibuat heboh dengan ‘hilangnya’ salah satu blog yang cukup populer. Meskipun populer, blog ini tidak diketahui siapa pemiliknya, karena memang konsep blog ini agak terselubung. Blog yang dikunjungi ribuan visitor setiap hari ini diperkirakan menghasilkan uang puluhan juta rupiah perbulannya. Namun, konten dari blog ini semuanya hasil copas, sehingga dihapus oleh pihak Google. Dari situ, kita sebagai blogger bisa belajar banyak tentang etika ngeblog.

Iya, ngeblog itu perlu etika. Salah satunya adalah tidak copy-paste (copas) artikel orang lain tanpa ijin. Tujuan orang membuat blog itu bermacam-macam, ada yang benar-benar berkarya, ada yang iseng, ada yang pengen terkenal, ada yang pengen dapat uang dan lain sebagainya. 

Berantas Blogger Copas

Khusus yang pengen dapat uang, biasanya mereka (tidak semua) banyak melakukan copas sana-sini demi target postingan yang diinginkan. Membuat postingan yang berkualitas secara konsisten tentu tidak mudah. Makanya mereka (blogger copas) memilih 'jalur kiri' dengan cara copas artikel orang lain. Tujuannya agar menarik banyak visitor. Dengan banyaknya visitor yang datang, maka peluang mendapatkan uang menjadi lebih besar.

Sampai di sini, saya menyimpulkan bahwa menarik jumlah visitor blog merupakan faktor utama penyebab munculnya blogger copas.

Sebenarnya, untuk mendapatkan banyak visitor blog tidak harus dengan cara-cara kotor seperti itu. Kenapa saya menyebut cara kotor? Karena dengan copas tulisan orang lain, berarti sang copasser (entah benar atau tidak untuk menyebut pelaku copas) telah melakukan pelanggaran hak cipta penulisan. Tentu ini satu hal yang tidak menghargai kreativitas dan usaha penulis (yang mungkin saja sambil menahan kantuk ketika menulis demi tulisan yang dibuatnya).

Masih banyak cara lain yang lebih santun yang bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan terus berusaha membuat postingan yang berkualitas secara konsisten. Dan sebaiknya langkah ini diikuti dengan blogwalking ke blog-blog lain. 

Ngomongin soal blogwalking, beberapa waktu lalu, tanpa sengaja saya masuk ke sebuah blog yang membahas tentang Berantas Blogger Copas. Sang pemilik blog Petrus Andre, menceritakan pengalamannya tentang beberapa tulisan di blognya yang di-copas dan di-publish tanpa ijin, bahkan tidak disertakan sumbernya. Dia merasa kesal, lalu mengkampanyekan pemberantasan blogger copas melalui blognya. Saya mendukung usaha itu dengan membuat tulisan ini.

Di sisi lain, menurut saya untuk menghasilkan tulisan orisinil, yang kita perlukan hanyalah memperbanyak referensi bacaan. Saya setuju dengan ungkapan “Penulis yang baik adalah pembaca yang rakus”. Artinya, semakin banyak kita membaca, semakin luas pula wawasan yang didapat, sehingga membantu kita dalam penyusunan tulisan. Baik untuk tulisan komedi, cerpen maupun artikel lainnya. Itung-itung buat latihan nulis juga sih. Kalau sudah nyaman dengan tulisan sendiri, saya yakin kebiasaan copas akan hilang dengan sendirinya.

Jika sudah merasa mantap dengan tulisan sendiri, yang sebaiknya dilakukan adalah promosi blog untuk meningkatkan jumlah visitor per harinya.


Seperti yang telah disinggung  tadi, banyak cara meningkatkan visitor blog. Selain blogwalking, kita bisa bergabung dengan komunitas-komunitas blog yang sesuai dengan minat kita. Dengan begitu, blogwalking akan terasa lebih mengasikkan.

Jika blogwalking sudah maksimal, tentu traffic blog akan beranjak naik. Dan tidak jarang akan muncul komentar-komentar dari orang lain yang memicu semangat ngeblog agar lebih giat lagi.

Sejalan dengan semakin populernya blog, sebagian dari kita mungkin berpikir untuk pindah alamat blog dengan nama domain tertentu agar kesannya lebih profesional atau minimal lebih mudah diingat oleh orang lain. Untuk domain, kamu bisa membelinya di Qwords.com. Qwords adalah perusahaan penyedia Web Hosting Indonesia terbaik saat ini. Banyak sekali jenis domain yang bisa kamu pilih, mulai dari .com .net .web.id dan lain sebagainya. Silahkan dibuka website-nya untuk informasi ketersediaan nama domain beserta list harganya. 

Banyak keuntungan jika punya domain sendiri. Selain mudah diingat, kita juga bisa bikin email custom dari domain itu. Tentunya harus sedikit berkreasi dan pandai-pandai menggunakan 'keyword' untuk searching pengaturan email custom ini. Kebetulan saya sudah setting email custom, email saya yang saya pakai sekarang adalah kepo@renggonesia.com. (Update: email ini sudah tidak aktif)

Oh iya, saya juga membeli nama domain di Qwords.

Mudah-mudahan, dengan di-publishnya tulisan ini bisa menyadarkan blogger-blogger copas yang masih khilaf dan segera menyadari kesalahannya. Mampu berubah dari blogger copas menjadi blogger kreatif yang menulis penuh manfaat dan inspirasi.

PS:
Kalau ketemu blog yang isinya copas, silahkan laporkan saja ke Google DMCA. Untuk langkah-langkahnya bisa dilihat di sini.

24 komentar

nah, bener banget nih. makanya gua berusaha sebisa mungkin mencegah artikel gua di copas. salah satunya dengan cara menon-aktifkan blok

"(-_- copas larinya ke domain.... #genius
btw, sukses ya lombanya...hehehe...dan tetap budayakan 'artikel sendiri adalah yang paling keren'

kalo menonaktifkan blok sebenernya kasian yang mau ngopy buat bahan belajar ato bacaan di rumah (tugas anak2 sekolah) tapi kalo di aktifin kasian blogger yang blognya sering di copasin sama blogger2 penghianat.

sukses ya nggoo lombanya, moga menang :)

Agak dilematis memang.

Terima kasih ya..

Dari dulu sampai sekarang paling benci sama namanya Copaser. Apalagi nggak ada nyantumin sumbernya.

Yang pasti "SAY NO TO COPAS" aja dehh :3

wow betul tuh gan
ayo berantas para copaser -_-

gan kalau cuma ngopi kode,,seumpama kayak ngopi kode untuk bikin widget apa gitu,,gimana gan?

Nggak apa-apa, kalo kode html kan biasanya emang dikasih biar di-copy. Beda ceritanya sama artikel yang ditulis sendiri.

jumlah visitor ga ada apa2nya dibandingkan malu yg didapat kalau ketahuan tulisan hasil copas. tulisan yg bagus, by the way :)

Jadi pengen bikin blog pake domain custom :|

Goodluck goodluck! Copas emang gak elegan, jadi... yuk berantas dengan elegan. Halah.

Bikin dong, trus beli domainnya :p

Peluang BIsnis Mudah Murah berniaga dari Rumah http://goo.gl/3wmTLU

RAIH INCOME DARI BLOG 2014 ARTIKEL MAUT !

trus kalo ingi copas tapi agar tidak terseteksi copyscape itu gimana?

Betul sekali cu... eyang yang baru belajar bikin blog mendukung gerakan anti kapas

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon