Boleh Dibaca, Tak Boleh Ditiru


Ujian Nasional telah usai beberapa hari yang lalu. Mereka tinggal menunggu pengumuman hasil kerja keras mereka selama tiga tahun belakangan, apakah memuaskan atau justru melelahkan.

Gue jadi ingat enam tahun yang lalu. 

Enam tahun? Iya, gue udah lulus selama enam tahun.

Tua banget ya...

Gue ingat sehari sebelum pengumuman. Hari yang membuat semua jenis makanan jadi terasa nggak enak, tidur nggak nyenyak, mau belajar nggak bisa karena udah nggak ada PR lagi. Isu-isunya sih, akan ada surat dari sekolah yang memberikan pengumuman Ujian Nasional via pos. Seharian gue di rumah, nggak kemana-mana.

Di rumah ngapain? Main boneka? YA ENGGAK LAH!

Seperti tahun sebelumnya, hasil ujian sangat tidak bisa dipredikasi. Bisa saja, siswa yang langganan juara kelas, tapi nggak lulus ujian. Ada juga yang selama sebulan, masuknya 3 kali tapi nilai ujian nasional-nya bagus. 

Gue termasuk yang mana? Itu nggak penting, sih. Yang penting gue lulus, hehe.

Ujian Nasional tahun itu (2008) merupakan tahun berat buat SMA. Karena, untuk pertama kali jumlah mata pelajaran untuk SMA sebanyak 5 mata pelajaran, sedangkan untuk SMK cuma 3 mata pelajaran aja. Gue merasa beruntung nggak harus belajar sebanyak anak SMA.

Peringatan! Foto di bawah ini bukan untuk ditiru!

Layaknya anak STM pada umumnya, kami pun ikutan semprat-semprot seragam. Waktu itu kami berpikir pendek: Corat-coret seragam itu keren.

Coret-Coret Seragam, lulus, sekolah, sma

Coret-Coret Seragam, lulus, sekolah, sma
Muka-muka kabupaten

Gue merasa beruntung lagi, karena saat itu sudah punya HP berkamera. Meskipun kualitasnya cuma VGA, gambar yang dihasilkan cukup untuk membangunkan memori kala itu.

Terakhir, semoga semua siswa dan siswi seluruh Indonesia lulus Ujian Nasional dengan nilai bagus, seperti gue dulu. *songong* 

Ya seenggaknya dengan nilai bagus bisa membuka jalan menuju ke universitas yang diminati, atau ke perusahaan yang diinginkan buat mereka yang pengen bekerja. Kalau yang pengen nganggur, bisa dipakai buat pamer ke anak cucu mungkin.

Gue rasa yang terakhir itu nggak ada.


Sekian,

Vino Bastian

14 komentar

SMA udah selesai, SMP nyusul. Aelah, masih belum siap. :"

wah bro. udah tua juga lo ternyata. hahaha. tapi emang buat kangen sih masa sma. bukan kangen sama pelajaran, tapi kangen sama kehebohan dengan temen-temen

haha udah tua.
iya bener, kehebohan sama temen-temen emang sering bikin kangen

UN SMA udh selesai, UN SMP bakal nyusul. Masih blm siap aja gitu._.

Oalah, masih SMP.
Semangat yo UN-nya..

Wah, 2008 aku masih SMP dong Bang belum kepikiran UN SMA yang menakutkan. Waktu ujian sih perbanyak belajar tekun, doa, sama doa restu orang tua. Hasilnya..alhamdulillah deh hehehe Itu masa-masa yang paling membahagiakan ya dalam hidup :))

waah gue masih nunggu hasil ujian nasional gue nih bang, soalnya gue UN tahun ini.tapi apakah sampe gabisa tidur dan makan jadi gaenak yaa kalo udah H-1 pengumuman kelulusan?
tapi semoga aja deh gue bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. amin. doain juga ya bang hehe

nulisnya pake "gue" cieee :p
semoga gue lulus dengan nilai yg bagus ya, bang renggo yang tua :)) aamiin.

Ya liat aja nanti makannya enak apa nggak pas H-1 hahaha.
Amiin, semoga lulus dengan nilai bagus ya..

Waktu ujian sih perbanyak belajar tekun, doa, sama doa restu orang tua

kalo ane dulu cuma diam di rumah sekolah gan, tidak ikut ikutan kayak gitu

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon