Copy-paste yang Baik, Benar dan Santun

Ketika mencari referensi untuk mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah, tidak jarang internet menjadi salah satu ‘tempat pelarian’. Selain karena akses internet yang kian mudah, malas mengetik menjadi salah satu alasan utamanya. 

Untuk sebagian orang, ini masih menjadi jurus ampuh yang masih bisa diandalkan.

Namun, ini bukanlah tanpa masalah. Copy-paste tak semudah yang terlihat. Misalnya, kamu mau copy artikel ini. Pas kamu paste di Microsoft Word (gue nggak ngomongin untuk OS lain), hasilnya mungkin seperti ini:

copy-paste, copas, cara edit micorsoft word


See? Ketika paragraf dibuat 'Justify', maka spasi kalimat di paragraf terakhir akan menjadi kacau seperti gambar di atas. Dan ini mengindikasikan jika tulisan ini adalah hasil dari copy-paste.


Kenapa bisa seperti itu?

Karena, format text yang di-copy dari website/blog akan terbawa secara otomatis. Seperti font, spasi, enter dan format text lainnya.


Cara mengatasinya gimana?

Super duper gampang sekali. Gue punya dua cara paling ampuh mengatasi ini.

1. Tulis Ulang Artikel
Iya, bikin capek. Makanya lupain aja cara yang pertama ini.

2. Gunakan Aplikasi Pembantu
Maksud gue di sini adalah gunakan text editor (Notepad). Caranya, copy artikel kemudian paste di 'Notepad'. Baru setelah itu, kamu copy/cut lagi, lalu paste di Microsoft Word. Lihat hasilnya, persis seperti ketikan manual alias bersih tanpa format text. Abis itu, tinggal atur deh, pake font apa, spasinya berapa, marginnya berapa dan lain sebagainya.

Sekian, semoga bermafaat! :)



PS: Kalau artikelnya pengen kamu publikasikan, alangkah bijaknya jika meminta ijin terlebih dahulu kepada penulis.