La Decima

La Decima, Real Madrid, Champion Leage, Cristiano Ronaldo



Tanggal 25 Mei 2014 kemarin, Final Liga Champion digelar. Real Madrid keluar sebagai pemenang. Ini berarti mereka telah menjuarai kompetisi paling elit di Benua Eropa ini sebanyak 10 kali, atau istilahnya La Decima. 

Tanpa mengesampingkan peran pemain-pemain penting semacam Cristiano Ronaldo, Angel Di Maria, Gareth Bale, Sergia Ramos dan kawan-kawan, sosok penting di balik kemenangan ini adalah sang pelatih -Carlo Ancelotti dan Zinedine Zidane sebagai asisten. Don Carlo (sebutan untuk Carlo Ancelotti) dikenal sudah ‘akrab’ dengan Liga Champion. Total sudah 5 kali dia menjuarai kompetisi ini, baik sebagai pemain maupun pelatih.

Dua paragraf di atas mungkin sama sekali tidak menarik buat sebagian besar kaum hawa hehe.

Ngomong-ngomong soal sepakbola, dulu gue nggak suka nonton pertandingan sepakbola di TV (apa lagi ke stadion). Nggak suka nonton di TV karena kerap kali ditayangin pas dini hari, kalo ke stadion kayaknya kejauhan. Tapi gue suka main bola.

Dari kemalasan nonton sepakbola ini, gue hanya menjadi pendengar setia ketika teman-teman sekolah dulu ngobrolin hasil pertandingan sepakbola. Begitu juga menjelang pertandingan-pertandingan penting. Di saat yang lain sibuk ‘nyari lawan’ tarohan, lagi-lagi gue cuma menjadi penghangat (atau pemanas karena kadang gue ngomporin mereka) kegiatan ini.

Setelah lulus sekolah, gue ngerasa punya waktu lebih banyak dan lebih leluasa untuk begadang nonton bola. Mulai dari Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia dan Bundes Liga. Kayaknya cuma liga-liga itu sih yang beberapa tahun ini populer.

Setelah menyaksikan pertandingan di liga-liga tersebut di atas, nggak tau kenapa gue suka dengan Real Madrid. Kata Bung Towel sih, gaya serangan baliknya sangat mematikan. Meski begitu, mereka tidak menerapkan pertahanan dengan cara menumpuk hampir semua pemain di sektor pertahanan, atau belakangan ini dikenal dengan istilah ‘parkir bus’. 

Itu yang gue tau selama beberapa tahun ini, nggak tau deh gaya permainan waktu dulu kayak gimana.

Pokoknya gitu. Intinya gue cuma mau nulis kalo klub sepakbola yang gue suka itu adalah Real Madrid. Btw, gue mirip Xabi Alonso nggak?
Xabi Alonso, Real Madrid, La Decima, Madridistas