Kebiasaan di Bulan Ramadhan

Tak lama lagi, kita masuk bulan puasa. Bulan di mana kita harus menahan hawa nafsu untuk makan, minum serta melakukan hal-hal tercela seperti berhubungan seks dengan botol Mijon.

Pertama kali puasa kayaknya waktu SD kelas 3. Hampir sama seperti Anda wahai pembaca, saya mulai berpuasa tidak langsung sehari penuh, melainkan berpuasa setengah hari.

Nah, berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang dulu biasa saya dan teman-teman lakukan dalam rangka mengisi bulan penuh berkah ini.

1. Jalan-jalan Setelah Shalat Subuh
Saya pikir, ini adalah kegiatan paling menyenangkan selama puasa waktu itu. Anak-anak biasanya jalan kaki bersama-sama menuju ke suatu tempat yang menjadi semacam basecamp bagi kami.

Tahu tempatnya di mana?

Di kuburan. Iya, kamu nggak salah baca. Lebih tepatnya di jalan depan kuburan, sih. Biasanya setelah semua berkumpul, kami melakukan banyak hal. Dari main petasan, kejar-kejaran, sampai main ciye-ciye-an. Soalnya laki-laki dan perempuan berkumpul jadi satu.

2. Main Badminton
Puasa seharusnya tidak menghalangi keinginan untuk tetap sehat. Prinsip ini yang saya pegang. Biasanya kegiatan ini saya lakukan setelah shalat subuh dengan penuh semangat. Bahkan pernah sekali --saking semangat karena tidak mau kalah-- main sampai titik keringat penghabisan. Sampai di rumah nyerah, akhirnya.... sarapan.

3. Main Perang
Salah satu kegiatan ngabuburit saya dulu adalah seperti meme di bawah ini:

Meme bulan ramadhan. Kebiasaan di Bulan Ramadhan.
Dulu, main ini sensasinya luar biasa.

4. Pesantren Kilat
Kalau yang ini pasti semua ngerasain ya.. 

Baca juga: Lima Hal Seru yang Bisa Kamu Lakuin Waktu Puasa

5. Mengisi Buku Kegiatan Ramadhan
Seperti poin ke-4, kayaknya semua anak sekolah ngelakuin ini. Untuk mengisi kegiatan ini perlu sedikit perjuangan, harus bener-bener nyimak apa yang penceramah sampaikan, kemudian merangkumnya. Kalau kebetulan tidak ada ceramah, biasanya menjadi sedikit masalah: buku kegiatan tidak terisi, padahal pengennya diisi penuh. Untuk tanda tangan, biasanya borongan di akhir bulan, hehehe.

Kayaknya segitu aja kebiasaan-kebiasaan di Bulan Ramadhan ketika masih SD. Pernah mengalami hal kayak gitu nggak?

Oya, baca juga Kapan Waktu yang Tepat Buat Mandi Wajib Saat Berpuasa?

18 komentar

kalau main meriam bambu biasanya gua lakuin pas malam tahun baru sih. haha

Petasaaan.. ramadhan nggak lepas dari petasaan haha

Sekolah kan nentuin kalo selama bulan puasa nggak masuk sama sekali, jadi libur 6 minggu gitu. Tugasnya bikin narasi kegiatan ramadhan :")

buku ramadhan gue dulu malah gue isi sendiri. males sih soalnya :D

dulu jaman SD klo abis subuh pasti jalan2, kayak udah jadwal rutin gitu. abis jalan2 eh kelupaan dah buka kulkas :D

Zaman sudah berbeda dan sangat berubah mas di buat teknologi , budaya semangkin menipis di setiap ramadhannya :(

Dari point ke 1-5 aku udah nyobain semua, tapi sekarang udah nggak lagi di point 1-3-4-5 soalnya udah bukan anak sekolahan lagi hihihi

Masa kecil km ko mirip ya, sama masa kecilku. Haha

Klo hbis subuh bukanya ngaji malah main bulu tangkis

poin 1-5 aku udah ngerasain hehe tapi yang poin ke 3 perangnya di ganti dengan petasan mas hehe

Aku kangen banget ngerasain semuanya. Tapi da... lagi magang. Semua kebiasaan itu menghilang. :(

Dulu aku dtg ke mesjid, cuma untuk ngisi buku catatan ramadhan doang
hahaa
betapa kafirnya akuuu -____-

Jaman dimana gadget belum ada, kalau habis subuh sih seringan naik sepeda muter-muter..sampai rumah lanjut tidur lagi :D

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon