Alasan-Alasan Orang yang Kalah Main Game

Bagi saya, permainan digital identik dengan Play Station. Play Station identik dengan sepakbola. Sepakbola identik dengan PES atau FIFA. Ya karena hanya itu aja game yang saya suka. Payah, ya? Haha. Ben lah. Saya pernah coba ikut-ikutan main Get Rich dan Clash of Clans alias COC, tapi sampai sekarang belum menemukan keasyikan pada permainan itu.

Ngomongin sepakbola, waktu masih sekolah dulu, saya kurang suka menyaksikan pertandingan sepakbola, terutama Liga Champions. Karena ditayanginnya tengah malam atau dini hari.

Kalau soal main bola mah, tetep suka sih.

Dalam sebuah permainan, menang atau kalah adalah hal yang wajar. Yang gak wajar itu kalau terus-terusan menang, atau justru gak pernah menang sama sekali.

Yang menang mah enak, bisa sombong. Nah, yang kalah bisa apa? Sombong? Apanya yang disombongin? Mecahin rekor gak pernah menang main game seumur hidup?

Menang atau kalah, mestinya gak usah sombong. Karena sifat sombong sangat dilarang oleh Tuhan. Kamu gak mau kan, masuk neraka hanya gara-gara kalah main PS? Hehe.

alasan kalah main playstation
Main game diperankan oleh model

Tapi, biar gak dicengin terus-terusan, biasanya pihak yang kalah selalu berkelit. Menyalahkan ini dan itu sebagai pembenaran walaupun dirinya kalah. 


Nah, apa aja sih alasan kalau lagi kalah main game? Berikut ini alasan-alasan orang kalah main game yang sempat saya perhatikan dari teman-teman... serta pengalaman pribadi:

1. Stik Error
Stik error adalah alasan klasik yang bahkan sering digunakan oleh para gamers alias tukang main game. Namanya juga alasan, ketika stik ditukar pun, tetep aja kalah. Kemudian muncul alasan-alasan turunan seperti poin di bawah.

2. Tidak Menggunakan Klub Favorit
Orang yang sebenarnya mempunyai skill bermain pas-pasan, bisa aja jadi lawan yang sangat berat ketika memainkan klub favoritnya. Iya, klub bisa jadi sangat menentukan kamu bakal menang atau kalah ketika adu tangkas memainkan PES/FIFA. Seperti halnya dunia fotografi, seorang yang sama sekali tak paham fotografi pun bisa menangkap foto 'luar biasa' dengan bantuan kamera yang cihuy. Kayak foto yang ini misalnya.

3. Lakon Metu Keri
'Lakon metu keri' adalah ungkapan Bahasa Jawa yang berarti 'pahlawan selalu muncul belakangan'. Dalam hal ini pemenang ditentukan hingga menit akhir pertandingan. Tetapi, tidak jarang ungkapan ini hanyalah alasan belaka, karena tak kunjung memenangkan pertandingan hingga laga usai. Kalau udah sampai di titik ini, yang bisa dilakukan adalah:

4. Misuh-misuh
Karena wasit gak bisa disalahin, hal terakhir yang bisa dilakukan adalah mengumpat alias misuh-misuh. Jika melihat kenyataan di atas, rasanya wajar saja kalau main Play Station masuk ke dalam daftar hal-hal yang tidak dianjurkan ketika berpuasa.

Kalau kalah main game, biasanya apa yang kamu lakuin?