Dalam budaya Jawa, ada yang namanya Batur Manten. Secara cocoklogi, istilah 'batur' bisa berarti iring-iringan atau bisa juga berarti pembalap, karena:

Batu: Stone
Batur: Stoner (pembalap Moto GP)

Jadi, Batur Manten bisa diartikan pelaku iring-iringan pengantar mempelai pria (soal pembalap, pasti ada saja yang memakai sepeda motor secara ugal-ugalan).
--

Bulan Agustus 2014 kemarin, teman saya telah memantapkan diri untuk menikah. Nah, saya menjadi salah satu dari belasan batur manten tersebut.

Kebetulan rumah mempelai laki-laki lumayan jauh dari tempat resepsi. Rumah mempelai laki-laki di Wonogiri, Jawa Tengah, sementara resepsi diadakan di rumah mempelai wanita di Jepara (masih Jawa Tengah sih).

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti telat dan sebagainya, kami dijadwalkan berangkat pukul 03.00 dini hari!

Kebayang betapa dinginnya air untuk mandi di jam-jam itu. Makanya saya mengambil keputusan yang cukup bijak; enggak mandi.

Setelah semua persiapan selesai, kami pun berangkat beriringan, setelah sebelumnya berdoa memohon keselamatan kepada Yang Maha Kuasa.

Di tengah perjalanan panjang itu, kami sempat berhenti di sebuah rest area di daerah... (lupa) sekedar untuk melepas lelah, atau buang air kecil di sekitar pepohonan. Saya sendiri lebih memilih ke toilet, karena mempertimbangkan keselamatan di Kevin dari ancaman ulat bulu, hehe

batur manten, pernikahan, jodoh muka mirip
Nyobain kamera

Remaja Mushola

batur manten, pernikahan, jodoh muka mirip
Pusing kebelet kawin nikah

Perjalanan memakan waktu sekitar 6 jam. Lumayan membuat pantat menjadi sixpack. Wajah yang tadinya udah kusut karena belum mandi, sekarang jadi semakin kusut. Makanya, sebelum sampai lokasi, kami menyempatkan diri untuk berhenti di sebuah SPBU untuk cuci muka, ganti baju, serta mempersilahkan mereka yang ingin bersolek.

Tidak berapa lama kami sampai di lokasi pernikahan.

Credit photo: Mas Haryadi

Selamat buat kedua mempelai (Dwi 'Kevre' dan Yuni). Semoga menjadi keluarga yang bahagia, aamiin.

Buat para Batur Manten, kapan nyusul?

21 komentar

wedeh bajunya kembar semua yah xD biar irit kah beli bahannya hahaha

untung ada foto-foto segala hal yang berhubungan dengan mantenannya...yo wis...tak deleng yea poto-potoe'

buset dah, itu beneran berangkat dari jam 3 subuh?
mayan juga tuh 6 jam perjalanan, sixpack-sixpack dah tuh perut :v
btw, follback blog gue ya... :v

Wah, anak Wonogiri dapat orang Jepara. Selamat ya buat temannya. Kamu kapan? :p

Sesama orang Wonogiri dilarang saling bertanya tentang jodoh yak. Hahaha. *gamaudibully

Ya, sejauh itu, kalau memang jodoh memang mau diapain. Terima saja nasibmu jadi batur manten. Itung itung doa, kali saja setelah itu Renggo yang minta dia jadi batur manten kamu #haseeeek

yang bikin kocak tuh foto nyobain kamera wkwkwkwk :D

anyway salam kenal dan kunjungan pertama ke sini ;)

Pantes u go betah dikampung..

punya kerjaan baru disana???

heyy.. jangan lupa.. konversi energi ya?

Itu serius pipis2 di pohon di alas roban? Ampe foto-foto segala, gak takut di kepret jin ya? Hahahaha /korban mistis/

Btw masnya kapan kawin? Huehehehe

Mas, kalau wajahnya identik kan jodoh. Kalau bajunya identik semua kaya yang diatas, gimana tuh?

Aduh itu banyak pose horor, jadi geli sendiri ngeliatnya. Kalau ada ember, bolehlah... buat huek disono... hehe

Nah loh diatas nanya kapan kawin, kayaknya mau kawin sama sampean mas :3

hahaha njir, itu orang yang difoto 'nyobain kamera' kok posenya cute abis ya ._.

Pertama baca, udah tertarik sama jokes nya... jokes nya ituloh...... biasa.

Gaya yang ditanyakan itu jangan dicontohkan didepan anak kecil ya mas, ntar bisa trauma dengan hidupnya..

Ini pertamanya saya blogwalking kesini. yee

semoga masnya cepet dilamar sama Ariel ya ^^ jangan lupa anak BE diundang lho, kan Ariel artis. masa ngundang anak BE aja gabisa?
etapi, Ariel kan bekas. mas mau sama yang bekas? adududuh :( #apaansi

akhir2 ini juga temen2 aku dah banyak yang menikah dannn itu berarti umur kita semakin tua, dan kelakuan masih kayak bocah aja ckckc -______-

btw itu pose-posenya narsis abis ya :'D

Wah so sweet ya dianterin sama temen-temennya. Banyakan pula. Kembar semua pula. Aku nggak bisa bedain mana Bang Renggo mana temen-temennya hahaha.

Kayaknya makin sini makin banyak aja yang udah nikah. Kamunya kapan Bang? *hais, nggak sopan ngebully orang gede* maafin._.

Aku cuma bantu doa aja deh semoga ntar kamu yang dianterin temen-temen ke tempat mempelai ceweknya ya aamiin.

Aku ngakak liat pose yang kebelet nikah itu. Nggak ngerti deh lawak abis hahahaha

ciee, seragamnya bagus bisa kompakan itu..owh, alas roban tu yang juga suka aku lewatin kalo aku balik ke Semarang dari Jkarta itu bukan sih, yang hutan belantara gitu, waah udah memasuki fase fasetemen pada nikah ya, kapan dong situ? hahahaha

Hahaha, iya kali biar murah

eeh itu celananya kenapa yak?

pertanyaan gue cuma 1,
KAPAN NYUSUL ? huahahaaa :D

Jadi kakak kapan naik pelaminan sama jodohnya? ^_^

hahaha, bikin iri tu yang punya acara

Kapan jadi mantennya?
Wkwkwk....

trim's gan artikelnya sangat membantu sekali,

Trim's artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu artikel berikutnya ya, dan terus berkarya. kita bangun bangsa ini dan terus isi kemerdekaan. Merdeka

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon