Cerita Anak Sekolah Dasar

Kemarin, saya sempat berhenti di depan sebuah Sekolah Dasar tak jauh dari rumah untuk membeli gorengan -yang disinyalir mengandung banyak kolesterol jahat-. Melihat para siswa jajan sembarangan dan ngelap ingus pakai tangan, membuat saya jadi ingat ketika masih SD dulu. Zaman ketika nama Budi dan Ani begitu populer. Tapi, sosok Ani yang dimaksud bukan Ani yang hobi fotografi dan marah-marah itu, heheh.

Ah, saya jadi ingat hal-hal yang saya alami sewaktu SD dulu.

1. Tidak Pernah Masuk TK

Mungkin sebagian dari kamu juga mengalami hal yang sama. Bukan apa-apa, ini semata-mata karena pembangunan yang belum merata aja, terutama di daerah. Kalau sekarang, sih, jangankan TK, Paud juga udah ada.

Paud ada, TK juga sudah ada, tinggal ada niat atau tidak.

2. Menjadi yang Dituakan di Kelas

Entah kenapa waktu Ibu Guru kala itu bertanya 'siapa yang mau jadi ketua kelas?', hanya saya yang tunjuk jari. Anehnya, sang guru pun langsung menyetujuinya. Bisa dibilang, hal ini cukup menciderai nilai-nilai demokrasi bangsa Indonesia tercinta, karena pemilihan ketua kelas ini dilakukan tanpa melalui mekanisme yang jelas. Pihak-pihak yang tidak senang dengan keputusan ini bisa saja menganggap ini adalah kejahatan yang bersifat terstruktur, sistematis dan masif.

Tapi, apa pun itu, yang namanya ketua, tetaplah ketua. Termasuk di tingkat dasar dalam sebuah sekolah. Seorang ketua bertanggung jawab atas kemaslahatan umat yang dipimpinnya.

Oya, tampaknya seorang murid 'menjabat' ketua kelas dari kelas 1 hingga kelas 6 sudah membudaya di negeri ini. Saya salah satu korbannya.

3. Tragedi Peribahasa

Tragedi menggelikan ini terjadi ketika kelas 4, saya masih ingat betul. Waktu itu ada ulangan, salah satu pertanyaannya adalah: "Tak ada gading yang...."

Karena pertanyaannya cukup ambigu, saya menjawab menggunakan logika. Saya membayangkan sejenak bentuk gading gajah yang sering saya lihat di TV; berwarna putih, panjang dan melengkung, kemudian menuliskannya di lembar jawaban; "Tak ada gading yang LURUS".

Iya, memang salah. Tapi alangkah bijaknya kalau sang guru memberikan instruksi, seperti 'Lengkapilah peribahasa berikut!'

Iya, kan?

4. Tentang Musnahnya Dinosurus

Kalau nggak salah, di kelas 4 kita mendapatkan pelajaran sejarah. Eh, Dinosaurus masuk pelajaran sejarah bukan, sih? Pokoknya pelajaran tentang hewan menyeramkan yang mempunyai badan super besar ini deh. Agak ngeri kalau bayangin mereka lagi kawin. Dari kejauhan, mungkin akan terdengar seperti sedang terjadi perang dunia ke-2, hehe.

Dari situ juga saya tau kalau Dinosaurus musnah 65 juta tahun yang lalu. Sekarang udah 14 tahun saya lulus dari SD. Anehnya, sampai sekarang anak-anak masih diajarkan jika Dinosurus musnah 65 juta tahun yang lalu. Itu salah, ya. Harusnya Dinosaurus itu musnah 65000014 tahun yang lalu.

Segitu aja, deh. Ada yang masa SD-nya dulu seperti saya?

Gambar Anak SD
Ilustasi Masa Sekolah Dasar