Cerita Anak Sekolah Dasar


Kemarin, saya sempat berhenti di depan sebuah Sekolah Dasar tak jauh dari rumah untuk membeli gorengan -yang disinyalir mengandung banyak kolesterol jahat-. Melihat para siswa jajan sembarangan dan ngelap ingus pakai tangan, membuat saya jadi ingat ketika masih SD dulu. Zaman ketika nama Budi dan Ani begitu populer. Tapi, sosok Ani yang dimaksud bukan Ani yang hobi fotografi dan marah-marah itu, heheh.

Ah, saya jadi ingat hal-hal yang saya alami sewaktu SD dulu.

1. Tidak Pernah Masuk TK

Mungkin sebagian dari kamu juga mengalami hal yang sama. Bukan apa-apa, ini semata-mata karena pembangunan yang belum merata aja, terutama di daerah. Kalau sekarang, sih, jangankan TK, Paud juga udah ada.

Paud ada, TK juga sudah ada, tinggal ada niat atau tidak.

2. Menjadi yang Dituakan di Kelas

Entah kenapa waktu Ibu Guru kala itu bertanya 'siapa yang mau jadi ketua kelas?', hanya saya yang tunjuk jari. Anehnya, sang guru pun langsung menyetujuinya. Bisa dibilang, hal ini cukup menciderai nilai-nilai demokrasi bangsa Indonesia tercinta, karena pemilihan ketua kelas ini dilakukan tanpa melalui mekanisme yang jelas. Pihak-pihak yang tidak senang dengan keputusan ini bisa saja menganggap ini adalah kejahatan yang bersifat terstruktur, sistematis dan masif.

Tapi, apa pun itu, yang namanya ketua, tetaplah ketua. Termasuk di tingkat dasar dalam sebuah sekolah. Seorang ketua bertanggung jawab atas kemaslahatan umat yang dipimpinnya.

Oya, tampaknya seorang murid 'menjabat' ketua kelas dari kelas 1 hingga kelas 6 sudah membudaya di negeri ini. Saya salah satu korbannya.

3. Tragedi Peribahasa

Tragedi menggelikan ini terjadi ketika kelas 4, saya masih ingat betul. Waktu itu ada ulangan, salah satu pertanyaannya adalah: "Tak ada gading yang...."

Karena pertanyaannya cukup ambigu, saya menjawab menggunakan logika. Saya membayangkan sejenak bentuk gading gajah yang sering saya lihat di TV; berwarna putih, panjang dan melengkung, kemudian menuliskannya di lembar jawaban; "Tak ada gading yang LURUS".

Iya, memang salah. Tapi alangkah bijaknya kalau sang guru memberikan instruksi, seperti 'Lengkapilah peribahasa berikut!'

Iya, kan?

4. Tentang Musnahnya Dinosurus

Kalau nggak salah, di kelas 4 kita mendapatkan pelajaran sejarah. Eh, Dinosaurus masuk pelajaran sejarah bukan, sih? Pokoknya pelajaran tentang hewan menyeramkan yang mempunyai badan super besar ini deh. Agak ngeri kalau bayangin mereka lagi kawin. Dari kejauhan, mungkin akan terdengar seperti sedang terjadi perang dunia ke-2, hehe.

Dari situ juga saya tau kalau Dinosaurus musnah 65 juta tahun yang lalu. Sekarang udah 14 tahun saya lulus dari SD. Anehnya, sampai sekarang anak-anak masih diajarkan jika Dinosurus musnah 65 juta tahun yang lalu. Itu salah, ya. Harusnya Dinosaurus itu musnah 65000014 tahun yang lalu.

Segitu aja, deh. Ada yang masa SD-nya dulu seperti saya?

Gambar Anak SD
Ilustasi Masa Sekolah Dasar

31 komentar

gimana rasanya jadi ketua kelas? enak?
seumur umur belom pernah jadi ketua kelas sih :v /

ciyeee ntar sekretarisnya gak PMS trus mau kau apain kakak ?
dinosaurus macem apa tuh 65,00000014 jt tahun yang lalu ?

hahahaha... ngakak gue pas baca "gak ada gading yang lurus", emang bener sih. kok gue gak kepikiran yak? :v dan kalo di pikir2 bener juga, masa dari dulu pelajaran SD tetep ngajarin dinosaurus punah 65 juta tahun yg lalu, gak nambah2 tahunnya..

btw, gue belom pernah jadi ketua kelas.. jadi gak pernah ngerasain penderitaan lu, bang :v

ciiiieee ketuaaa. siapa suruh ngajuin dri sndiri jd ketua. haha kasian nggk pernah Tk, msa kcil kurang bhagia :p

anak SD udh pms yaa? haha. "Tak ada gading yg lurus". hahaha.

hahahhaha tapi bener juga ya ndak ada gading yang lurus dan kenapa punahnya dinosaurus kok tetep ajah 65 juta yang lalu...

ketua kelas jaman SD memang tugasnya rangkap2,,,, mimpin doa, bersihin wc, nulis dipapan, dan jadi bendahara.

ah, kamu.. bisa aja ngelesnya ahaha...
keren nih selama 6 tahun jadi ketua kelas. apa ngga ada yang bosen? atau jaman SD dulu demokrasi masih belum populer..
hehe ada2 aja nih..

aku ga masuk TK karena ayahku udah ngebet pengen punya anak yg pakai seragam SD (anak pertama, selalu jadi bahan percobaan), terus selama SD selalu di bully karena paling muda (efek ga masuk TK dulu), pernah di datengin anak kelas 6 pas aku masih kelas 4 SD karena nyobekin gambar buatan temen, dan pernah nyubit anak orang sampai nangis dan gak mau nerusin sekolah :')

Haha.. di SD gue juga gitu dulu, ketua kelas nggak pernah ganti dari zamannya baru keterima SD sampai lulus :D Mungkin itu sudah jadi tradisi anak SD se Endonesa

Gue gak pernah masuk TK. Masuk SD umur 4 setengah tahun. Kepala sekolahnya orang tua gue sendiri..

Oke, mungkin fakta itu gak usah di lanjutkan. Bisa ancur saham nymex ntar.

Haha. Itu faktanya benar semua emang. Ckck. Harusnya guru 'kan ngasih pengetahuan ke murid dengan benar ya. Semoga nanti mereka bisa:D

Saya, ada sih. Masa SD ada sih, pas ditanya peribahasa 'tak akan lari...' saya jawab 'tak akan sampai lah pak.' Dan pak Guru langsung menatap saya tajam. Hahaha

Gue gak pernah masuk TK,, dan gue selalu diejek sewaktu SD ,, gue dulunya cadel R

wkwkwkwkwkwk.. Itu abadi ya 6 tahun tanpa lengser jadi pemimpin di kelas.
wkwkwkwk
pas SD udah ada gejolak minta turun harga nggak?
wkwkwkwk

iya SD emang indah banget, vina juga nggak TK. ada sih TK, cuma Vina nggak tahu kenapa di masukin MDA gitu tapi ada 0 kecil 0 besarnya. mungkin itu MDA sekalian TK kali ya..
hmm bisa jadi.

terus masalah dinosaurus itu 65000014, kayaknya emang nggak nambah deh. soalnya kan abadi angkanya -_-

nah, itu dia pertanyaan besar abad ini

Gue SD sumpah polos banget, bisa sesuka hati. Dan lebih senang bermain bersama teman dari pada ngerjain pekerjaan rumah. Saya rasa itu bukan fakta tapi kejadian yang disenagaj di ciptakan tuk meracuni generasi penerus Bang Indonesia. Intinya pembodohan sejak dini, gak ada pembangunan karakter di tingkat Sekolah Dasar. Peran Guru itu penting sekali loh....

Makasi Tulisannya Kak Ringgo Agus Rahman

haha ngaka sendiri pas baca " tak ada gading yang lurus" tapi kamu pintar lho bisa melogikakan seperti itu ya walaupun salah tapi tetap ada usaha untuk menjawabnya,keren sob :)

Tak ada gading yang lurus. Cerdas banget sih jawabannya wkwkwkwk

aku gak masuk TK dulu langsung Masuk SD hehehehe

hahaa jadi ketua kelas selama 6 tahun. kereeennn :D

pribahasa lo bener juga deh, gading emang kagak ada yg lurus.
Iya, sama deh. Gue jg kangen masa SD. Masa dimana gue belom ngerasain rasanya sakit hati karena cinta. *saaiilah -__-

kebanyakan mah ketua kelas bakalan abadi. gue juga 6 tahun jadi ketua kelas. incumbent sampai 6 kali berturut2 dan selalu menang telak. gue kira pada puas kinerja gue, ternyata pada gak mau rugi.

jaman sd lupa-lupa ingat :)

Gue gak pernah tertarik jadi pengurus kelas, entah itu ketua kelas, entah itu bendahara. Rada males emang gue anaknya kalo disuruh-suruh.. bahahahahkkk

Iya nih bener banget.. jadi ketua kelas jaman SD itu memang Abadi hingga lulus.. wkwkw dan biasanya mereka itu yang bertubuh besar haha

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon