Kelakuan-Kelakuan Pengguna BBM


Saat ini, banyak sekali jenis aplikasi instan messaging karena fungsinya yang semakin vital di era digital ini. Pilihannya beragam, ada Line, Whatsapp, WeChat, Kakao Talk, BBM dsb.

Tapi, sepertinya hanya BBM (Blackberry Messenger) saja yang penggunanya paling banyak, menyusul kebijakan dari RIM yang merilis BBM versi iOS dan Android.

Dari dulu, gue belum pernah menjadi pengguna ponsel Blackberry (BB). Kalau sekedar mencoba saja pernah, sih. 

Sebelum Operating System (OS) Android muncul, gue lebih memilih handphone ber-OS Symbian. Alasannya sederhana, ponsel dengan OS Symbian sepertinya lebih menghibur daripada BB, karena menawarkan lebih banyak aplikasi dari pihak ke tiga. Alasan lain nggak pakai Blackberry karena paket BB mahal, hehehe.

Sekarang, gue jadi salah satu pengguna aplikasi ini. Kebetulan HP produksi China gue support untuk aplikasi ini. Setahun lebih menjadi user BBM, gue jadi paham beberapa kelakuan aneh bin nyeleneh dari para pengguna BBM. 

Tipe pengguna BBM, BBM ngeselin, BBM User

Berikut rangkuman user BBM yang behasil gue delcont dengan sukses:

1. Caper
Ciri mendasar dari orang yang suka caper di BBM adalah seringnya kirim broadcast message, baik berupa test contact maupun pesan-pesan yang kurang penting seperti 'jika pesan ini tidak diteruskan, maka ayam peliharaan anda akan mati esok hari'.

2. Tidak Mau Kehilangan Momen
Hampir setiap kegiatan, pelaku meng-update statusnya. Baik mengganti display picture maupun private message-nya. Karena seringnya mengganti display picture, gue jadi curiga kalau di BBM-nya ada aplikasi slideshow-nya..

3. Mak Comblang Wannabe
Mak Comblang Wannabe biasanya melanda anak SMP hingga awal masuk SMA. Biasanya mereka seringkali melancarkan serangan berupa broadcast message yang berisi PIN BBM teman-temannya. 

   "Invite goodboy 32A36B"

4. Modus
Di poin ini memang memerlukan modal lebih. Selain memerlukan dua buah Blackberry (atau HP yang terinstall aplikasi BBM), tentu keduanya harus diberi 'makanan' berupa paket data. Biasanya, satu HP dipakai atas nama pribadi, sedangkan yang satunya lagi digunakan untuk 'menyamar' guna memuluskan niat modus kepada cewek/cowok yang akan dikenalinya. Jika sepi job, kedua HP-nya dipakai untuk PING!!! satu sama lain.


Seharusnya, para pengguna BBM itu bersikap dengan bijak, digunakan sewajarnya sesuai fungsi dari aplikasi ini. Tidak usah berkali-kali TC atau kirim broadcast message yang 'tidak penting'. Kalau modus, itu masih bisa ditolerir lah, manusiawi.

Gue kira itu aja 4 hal mengganggu yang gue perhatikan selama menggunakan BBM. Kalau memang ada kontak yang kayak gitu, biasanya gue delete contact. Atau, jika merasa nggak enak karena alasan pertemanan, biasanya gue bikin hide updates, baik untuk perubahan display picture, private message hingga pergantian nama (ternyata ada juga yang sering ganti-ganti nama).

5 komentar

TC on,Ping Pending. Iuuhhhh Emangnya gue peduli? :))

Aku paling sebel juga yang broadcast message dengan alasan "Karena server blackberry penuh maka sebarkan broadcast message ini untuk mengetahui siapa yg aktif".
Logikanya kemana coba, misalkan penuh malah suruh broadcast.

Tukang BC hoax sama test kontak tuh paling riweuh -_-

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon