Asal Usul Istilah "Sue"

Style With A little bit Gangsta atau SWAG, awalnya dibuat oleh kalangan hip-hop Amerika yang kental dengan gaya gangster-nya.

Seiring berjalannya waktu, banyak kalangan artis Hollywood yang menggunakan istilah ini. Ciri khas gaya SWAG adalah memakai kacamata hitam, kalung, bandana, topi sejenis NY, LA. Gaya ini sering digunakan oleh Eminem, Justin Bieber, Lil wayne dll.

Sedangkan istilah SWAG mulai digunakan di Indonesia pada tahun tahun 2013 yang lalu, terutama oleh kalangan artis. Seperti kita tau, setiap hal yang dilakukan artis, pasti diikuti masyarakat umum. Misalnya menggunakan istilah SWAG ini. Contoh lainnya mungkin dengan mengikuti gaya rambut, model pakaian, sampai bikin video, hehe.

Arti istilah SWAG. Gaya SWAG. Evolusi SWAG menjadi SUE.
SWAG

Arti istilah SWAG. Gaya SWAG. Evolusi SWAG menjadi SUE.

Ini bukan cabe-cabean ya.

Entah bagaimana ceritanya, SWAG bergeser menjadi kata umpatan. Kurang lebih berarti sama dengan sial, kampret, anjir dan lain-lain. Coba perhatikan anak-anak muda sekarang (terutama anak sekolah di Jakarta) bagaimana salah kaprahnya mereka dalam ber-swag.

"Ah.. sue jaringan jelek."

"Sue lu! Gitu aja ga bisa!"

"SUE, BBM Android asli ngeselin banget!"

Ya, kata SWAG berevolusi menjadi 'SUE'.

Mungkin ini karena kesalahan (atau malas mengeluarkan effort lebih) untuk mengucapkan SWAG. Makanya, biar mudah, diucapkanlah SUE.

Fenomena ini mirip dengan nama orang yang berakhiran huruf 'F'. Sebut saja Arif. Jujur deh, ada nggak dari kalian yang menyebut Arif dengan dengan benar: 'Arif'? Saya yakin, kebanyakan menyebut 'Arip'.

Jadi nggak heran kalau istilah SWAG disebut dengan SUE. Meskipun makna SUE sendiri jauh dari kata SWAG yang sebenarnya. 

Saya prihatin!