10 Lagu Terbaik Avenged Sevenfold

Tanggal 18 Januari 2015 kemarin, Avenged Sevenfold menggelar konser di Parkir Timur Senayan, Jakarta. Ini merupakan kali ke-empat band asal Amerika ini datang ke Indonesia, setelah sebelumnya menggelar konser serupa pada tahun 2007, 2008, 2012 (konsernya dibatalkan) dan 2015 ini.

Katanya sih, batalnya konser tahun 2012 dulu karena masalah panggung. Selain masalah teknis ini, promotornya juga dituding kurang kooperatif. Padahal, konser yang sedianya digelar di Pantai Karnaval Ancol ini juga menghadirkan Superman Is Dead. Sayang banget.

Band dengan julukan A7X ini kembali lagi ke Indonesia dalam rangka tur Asia. Lumayan buat mengobati kekecewaan fans tiga tahun silam. Saya sendiri nggak bisa datang, karena keterbatasan dana. Haha.

Lagi-lagi saya harus menelan kekecewaan.

Lagu Terbaik Avenged Sevenfold, Konser Avenged Sevenfold, Personil Avenged Sevenfold
Waktu konpers kemarin. (liputan6.com)

Buat yang belum tahu, band ini beranggotakan M Shadows di vocal, Synyster Gates di lead mellody, Zacky Vengeance di rhythm (kadang-kadang main mellody juga), Johnny Christ di bass dan Arin Ilejay sebagai drummer. 
Ngomongin drummer, rasanya nggak lengkap kalau ngomongin A7X tanpa The Rev. The Rev adalah personil A7X yang dinilai mempunyai bakat besar dalam bermusik. Selain drum, The Rev juga lihai memainkan piano. Bahkan, sebagian besar lagu A7X dulu diciptakan olehnya. Tak jarang juga dia ikut bernyanyi. Kayaknya menyanyi sambil memainkan drum bukan sesuatu yang mudah. Sayang, The Rev meninggal di tahun 2009 silam lantaran overdosis obat-obatan terlarang. Posisinya sempat digantikan oleh Mike Portnoy (eks drummer Dream Theater) selama satu tahun sebelum akhirnya Arin Ilejay menjadi drummer tetap A7X.

Kalimat pembukanya panjang banget ya? Haha. Begitulah kalau membahas sesuatu yang menjadi minat kita, rasanya seperti nggak ada habisnya. 

Nah, berikut ini 10 lagu terbaik Avenged Sevenfold yang saya maksud. Ini penilaian subjektif, jadi wajar jika apa yang saya tulis akan berbeda dengan apa yang kamu rasakan.

1. Warmess on the Soul (Sounding the Seventh Trumpet, 2001)
Lagu dari album pertama ini didominasi oleh piano. Gitar mellody dimainkan oleh Zacky karena Synyster Gates belum bergabung.

2. Second Heartbeat (Waking the Fallen, 2003)
Saya suka lagu ini karena terdengar enak di telinga untuk ukuran lagu yang 'kenceng'. Nggak ada alasan lain.

3. Seize the Day (City of Evil, 2005)
Sejatinya ini lagu sedih. Tentang seorang pria yang dipenjara lantaran tertangkap polisi ketika merampok demi 'menafkahi sang pacar'. Di akhir cerita, sang pacar yang sedang hamil itu meninggal dunia karena kecelakaan.

4. Almost Easy (Avenged Sevenfold, 2007)
Saya suka melihat aksi The Rev di lagu ini. Dia terlihat seperti gurita yang tangan dan kakinya kemana-mana ketika memainkan drum.

5. Afterlife (Avenged Sevenfold, 2007)
Yang paling menonjol dari lagu ini adalah permainan gitar Synyster Gates. Mellody-nya cepet banget.

6. A Little Piece of Heaven (Avenged Sevenfold, 2007)
Ini lagu yang 'paling beda' dari lagu-lagu yang lain. Konsep lagu ini seperti lagu-lagu di opera. Durasinya cukup panjang, sekitar 8 menit.

7. Dear God (Avenged Sevenfold, 2007)
Jujur nih, Dear God adalah lagu pertama yang saya tahu dari A7X (karena lagu ini juga, nama Avenged Sevenfold meroket). Pertama kali dengar langsung klop dengan telinga dan hati. #halah.

Dari sini, saya jadi kepo sama A7X. Jadi ingin tahu semua hal tentang Avenged Sevenfold. Bahkan, saya sempat membuat tatto di lengan kanan karenanya.

8. Welcome to the Family (Nightmare, 2010)
Semua permainan drum di album ini diisi oleh Mike Portnoy, jadi jangan heran di lagu ini kental banget dengan permainan drum.

9. So Far Away (Nigthmare, 2010)
Lagu ini bercerita tentang The Rev. Lagunya sedih banget. Teman saya yang baru pertama kali melihat video klip ini saja langsung merasakan kesedihan itu. Entah menghayati isi lagu atau sedih karena nggak ngerti artinya.

10. Shepherd of Fire (Hail to the King, (2013)
Sama kayak poin ke-dua, lagunya enak.

Dari kesepuluh lagu di atas, ada yang kamu suka juga nggak?