Kopdar 'Kancut Keblenger' Jabodetabek

Hari Sabtu tanggal 10 Januari 2015 kemarin, saya ikut kopdar komunitas blogger "Kancut Keblenger". Ini pertama kali saya ikut acara kopi-darat tapi tidak ada kegiatan ngopi ini.

Saya bergabung dengan komunitas Kancut Keblenger (selanjutnya disebut KK) sejak tahun 2014. Selain untuk bersosialisasi, tujuan bergabung dengan komunitas ini tentu saja biar bisa ikutan kopdar kayak gini, hehe.

Kembali ke kopdar KK.

Kopdar se-Jabodetabek ini diselenggarakan di Museum Nasional (sebelah barat Monas) pukul 10.20. Tadinya saya mau naik TransJakarta ke sana, tapi nggak jadi, khawatir telat.

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya putuskan menggunakan motor, lalu parkir di Monas. Ternyata keputusan ini kurang tepat saudara-saudara sekalian. Ini pertama kali saya ke Monas sejak peraturan tentang larangan sepeda motor melintas di Jl. Merdeka Barat - Jl. MH Thamrin diberlakukan. Sempat dibuat bingung muter-muter nyari jalan sebelum akhirnya sampai TKP dengan gagah perkasa.

Sampai di Monas sekitar pukul 10.00. Dari sana, saya jalan kaki menuju ke meeting point. Ternyata jaraknya masih lumayan jauh. Sampai di sana masih sepi. Saya sempat clingak-clinguk mencari di mana mereka berkumpul. Karena saya sama sekali nggak ada yang kenal kecuali Vina (@irvinalioni). Nggak kenal juga, sih. Cuma tau di twitter.

Sambil menunggu yang lain datang kami ngobrol ngalor-ngidul diselingi foto bersama, kemudian memperkenalkan diri.

Setelah beberapa Kawancut (sebutan anggota KK) selesai memperkenalkan diri, tiba giliran saya. Berdiri di depan sekitar 15000 (lima belas) orang untuk memperkenalkan diri bukan sesuatu yang mudah.

"Namanya siapa?" tanya Vina.

"Nama saya Renggo, tapi kalau dipanggil Vino Bastian kadang nengok. Sekarang lagi sibuk...."

"Udah-udah, cukup. Next..." Vina memotong pembicaraan saya.

Dari sesi perkenalan ini, saya baru tau, ternyata saya paling senior dari segi umur. *sigh

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, Museum Nasional
Di depan museum

Setelah semua Kawancut datang, kami berpindah tempat. Mencari tempat yang enak buat ngobrol.. dan foto-foto. Vina ngomong panjang lebar tentang kegiatan nanti apa saja. Yang lain diam, mendengarkan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, Museum Nasional
Itu di belakang ceritanya tornado

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, Museum Nasional
Bagi-bagi tiket masuk museum (bayar sendiri-sendiri)

Tiket udah dapat, saatnya masuk!

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, Museum Nasional

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, Museum Nasional

Di dalam banyak sekali patung. Tapi yang paling menarik perhatian saya adalah patung yang ini:

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, Museum Gajah
Kayak ngondek, ya?

Ngondek, berasal dari kata dasar 'Kondektur'. Kondektur kan tangannya melambai-lambai. Cuci-jemur-cuci-jemur. Lalala-yeyeye.

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, Museum Gajah
Made in Suku Asmat, nih

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, Museum Gajah
Ini juga

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, Museum Gajah
Ada patung manusia purba juga (fyi, patungnya yang belakang)

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, Museum Gajah

Di dalam museum sempat ngobrol-ngobrol lagi. Mengeluarkan unek-unek dan ide untuk kemajuan KK. Namanya anak muda berkumpul, pasti seru dong, rame, berisik. Ternyata hal ini membuat security naik pitam. Kita dibentak aja, lho!

Demi menghindari pertumpahan darah, kami memutuskan untuk pindah tempat.

Sekitar pukul 14.30, sampai lah di acara tukar kado. Kadonya adalah buku bekas yang dibungkus pakai koran. Seru sih, banyak kejutan. Ada yang dapat novel, ada juga yang dapat majalah Hidayah.

I REPEAT, MAJALAH HIDAYAH!

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, Museum Gajah

Saya sendiri dapat novel karya Nuril Basri berjudul "Halo, Aku Dalam Novel" terbitan Gagas Media. Ternyata ada secarik kertas berisi pesan dari yang empunya buku. Pesannya seperti ini:

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, Gagas Media
Kebaca nggak?

Acara tukar kado selesai, lanjut ke acara selanjutnya: naik bus City Tour keliling Ibu Kota.

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, City Tour Jakarta
Keren ya..

Ngomong-ngomong, ini pertama kali saya naik bus wisata ini. Karena di atas penuh, saya duduk di bangku bawah. Sempat terheran-heran dengan bapak yang sepertinya belum paham konsep naik bus wisata:

Kopdar Kancut Keblenger Jabodetabek, Komunitas blogger Indonesia, City Tour Jakarta
Kok malah bobo cantik sih, pak?

Saya nggak bisa ikut sampai akhir acara. You know lah, kan malam Minggu. Saya harus jaga parkir di pasar malem.

Oh iya, kopdar KK selanjutnya akan diadakan di kota yang saat ini sedang naik daun: BEKASI!


Sepertinya saya tidak bisa ikut. Buat yang mau ikut, pantengin terus media sosial Kancut Keblenger. Buat yang belum gabung, cepetan gabung!

Cara gabungnya baca di bit.ly/joinKKdong

Rangkuman Kopdar Kancut Keblenger kemarin dalam 15 detik:


Kamu pernah punya pengalaman ikut kopdar gitu nggak? Share di komentar dong. :D