Serangan Bertubi-tubi dari Israel

Kemarin pageview blog ini tiba-tiba melonjak drastis, padahal nggak ada angin dan nggak ada hujan (emang ngaruh ya?) Dari yang biasanya di kisaran 100-200/hari, tiba-tiba melonjak menjadi 1400an. Senang bercampur khawatir. Senang karena kunjungan blog naik, khawatir karena takut disisipi kode-kode tertentu oleh pihak spionase Rusia. Tapi kekhawatiran ini nggak berlangsung lama. Alasannya sederhana, rasanya nggak mungkin aja ada yang mencoba untuk meretas blog ini. Kurang kerjaan banget.


Saya nggak tau ini normal apa nggak. Saya dulu juga pernah mengalami hal serupa. Tapi nggak sampai di angka 1000, cuma 600an. Bedanya lagi, saya langsung dapat email tawaran freelance untuk menulis waktu itu. Tapi saya tolak karena laptop saya sedang rusak. Daripada ribet sendiri. Kalau aja laptop nggak rusak, ini bisa menjadi momentum dimana salah satu anak bangsa ini terbebas dari status pengangguran. Hehe.

Sampai sekarang laptop masih rusak. Ini aja nulis dan nyisipin gambar via app blogger. Ribet banget.

Saya mulai serius (maksudnya lebih niat aja daripada tahun sebelumnya) belajar dunia blogging bulan Desember 2013. Sampai sekarang masih belajar. Dan memang harus demikian, belajar dan belajar. Selain belajar menulis, saya juga belajar hal-hal teknis dunia blogging. Misalnya ngotak-atik tampilan blog, bagaimana agar tampilannya enak dilihat, baik melalui desktop maupun mobile. Makanya saya memutuskan untuk menggunakan template responsive. 

Selain tampilan dan tulisan, saya juga mempelajari SEO walaupun pada dasarnya genre blog saya adalah blog personal. Satu hal yang memotivasi saya belajar SEO adalah "kalau ditemukan aja sulit, bagaimana bisa dibaca banyak orang?" Teknik SEO yang saya terapkan masih basic. Makanya saya mengklaim diri saya sendiri sebagai blogger newbie. Haha.

Kembali ke persoalan naiknya pageview. Karena penasaran, saya cek postingan mana yang tiba-tiba banyak dikunjungi. Ternyata semua normal seperti biasa. Berarti 'mereka' hanya membuka homepage. Penasaran asalnya dari mana, saya buka statistik Pageviews by Countries. Hasilnya mencengangkan saudara-saudara sekalian. Pageview berjumlah seribuan itu berasal dari Israel. Israel. Sekali lagi ah, ISRAEL.


Saya kembali khawatir, jangan-jangan ini konspirasi Wahyudi? Haha. Buat para master, saya nanya dong, kejadian seperti ini normal nggak sih?