Parkir Sepeda Motor di Monas Lewat Mana?

"Parkir sepeda motor di Monas sekarang lewat mana, ya?"

Itu pertanyaan pertama yang muncul di kepala saya ketika aturan tentang pelarangan sepeda motor melintas dari Jl. Merdeka Barat hingga ke Jl. Jendral Sudirman. Mungkin sebagian dari kamu berpikiran begitu juga, terutama yang jarang-jarang lewat jalanan di sana. Setahu saya sih, tempat parkir resmi di Monas cuma ada satu, yaitu di Parkir IRTI.

Buat kamu yang pengen main ke Monas atau hanya numpang parkir aja, silahkan perhatikan gambar dan sedikit penjelasan di bawah ini:

Parkir Motor di Monas. Jalan ke arah Monas.


Di situ ada tiga garis berwarna; merah, hijau, biru dan putih. Yang berarti:
  • Merah: Jalan yang tidak boleh dilewati oleh sepeda motor.
  • Hijau, biru dan putih: Jalan yang boleh dilewati sepeda motor.
Pintu masuk ke area parkir resmi di Monas adalah pertemuan antara garis biru dan hijau (Jl. Merdeka Selatan). Hanya ada dua jalur yang bisa dilewati. Garis berwarna hijau adalah jalur dari Harmoni (JL. Gajah Mada), sedangkan garis berwarna biru dari Jl. Merdeka Utara.

Tujuan peraturan ini dibuat sih untuk mengurangi macet. Emang bener mengurangi macet, soalnya jalan jadi sepi. Macetnya menyebar.

Sebelum peraturan ini diberlakukan, biasanya saya lewat jalur yang berwarna merah ketika ingin melintas di kawasan Monas. Kayak pas lihat Pameran Alutsista beberapa waktu yang lalu.

Oh iya, hari Sabtu kemarin saya ikut kopdar Komunitas Blog Kancut Keblenger di Museum Nasional (Sebelah barat Monas). Sempat bingung buat parkir di Monas, makanya bikin postingan ini. Kali aja ada yang mengalami hal yang sama.

Apabila tulisan ini cukup bermanfaat, silahkan bagikan/share di media sosial kamu, yaa. :)