SukirGenk, Band Antimainstream dengan Aliran Java Rock Reggae

Apa yang kamu lakuin ketika mendapatkan koneksi internet gratis? Beberapa orang mungkin update aplikasi yang sudah usang. Sebagian mungkin buka-buka youtube. Saya sendiri tipe orang yang belum disebutin, yaitu buka youtube sekalian update aplikasi, hehe.

Nah, di sela-sela kegiatan yang kurang bermanfaat ini, saya 'menemukan' sebuah video klip dari sebuah band dari Wonogiri yang sepertinya tidak asing lagi.

SukirGenk, Band Wonogiri, Java Rock Reggae


Ya, SukirGenk. Band yang berasal dari Kota gaplek ini adalah band dengan beraliran Java Rock Reggae. Band reggae campur rock dengan lirik Bahasa Jawa.

Dilansir dari mp3reggae.mywapblog.com, nama SukirGenk berasal dari kata 'Syukron' dan 'Geng'. Syukron berarti bersyukur, sedangkan Geng berarti sekumpulan atau kelompok. Jadi, SukirGenk bisa berarti sekumpulan orang-orang yang bersyukur.

Dalem.

Band yang terdiri dari enam personil ini pernah menjadi bintang tamu dalam sebuah acara di sekolah saya dulu (saya lupa acara apa, sekitar tahun 2007). Cukup menghibur. Menghibur sekali malah. Tingkah kocak ditambah skill bermusik yang oke, sukses menghadirkan gelak tawa bercampur kagum dari penonton kala itu.

Tidak banyak informasi yang saya tahu tentang SukirGenk. Setahu saya, vokalisnya bernama Erik (entah 'Erik' atau 'Erick' penulisannya). Saya ingat betul, karena ketika mereka menjadi bintang tamu di sekolah saya waktu itu, Erik lah personil yang terlihat menonjol daripada personil lain. Mungkin karena posisinya sebagai vokalis.

Seperti yang telah saya singgung tadi, SukirGenk adalah band beraliran Java Rock Reggae, artinya mereka menggunakan bahasa Jawa untuk lirik sebagian besar lagunya. Ini yang menurut saya unik. Karena tidak banyak band dengan aliran reggae menggunakan bahasa Jawa untuk lirik sebagian besar lagunya. Lirik lagunya sendiri banyak terinspirasi dari kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah video klip SukirGenk yang berjudul Dikira Preman:

Ternyata penulisan nama Erik adalah 'Erick', bukan 'Erik'. Haha.

Sukses terus ya, SukirGenk!