Blogwalking Adalah


Tadi saya iseng mengetik "blogwalking adalah" di google.co.id. Hasil teratas ditempati oleh cara-ririn.com. Kesan ketika membuka blog tersebut adalah "Buset dah, iklannya banyak bener, pasti trafiknya gila". Menurut artikel yang ditulis di sana, blogwalking adalah sebuah aktivitas/kegiatan berkunjung dan berkomentar yang dilakukan oleh seorang blogger di blog orang lain.
Blogwalking adalah, cara ririn, kenapa blog sepi komentar
Blogwalking adalah

Baru dua bulan terakhir saya rajin blogwalking. Sebelumnya jarang sekali. Mendadak rajin karena kalau dipikir-pikir, sayang juga sudah membeli domain, tapi blog malah 'ditelantarkan' seperti ini. Sebelum blog ini karatan, saya membuat komitmen dengan diri saya sendiri (jomblo, ya, mz?) untuk rajin menulis artikel, minimal 10 post per bulan, mulai bulan Januari 2015 kemarin. Alhamdulillah bulan pertama telah terwujud. Tinggal konsistensi ke depannya bagaimana. Semoga tetap konsisten. Dan ini lah yang berat.

Isi artikel saya usahakan sesuai dengan tagline blog ini "Cerita Pribadi dan Fiksi serta tulisan random lainnya". Meskipun tidak seimbang antara Cerita Pribadi (curcol), Fiksi (cerpen) dengan tulisan random (tips, artikel, opini, give away). Satu pelajaran yang saya dapat: menulis fiksi itu sulit.

Kembali ke blogwalking. Dulu saya menggunakan profil blogger standar dan cenderung menghindari memakai profil google+. Karena halaman google+ terasa lebih berat daripada profil blogger standar. Belakangan saya mencoba lagi menggunakan google+ sebagai profil blogger, ternyata lebih enak. Kegiatan blogwalking jadi terasa lebih asik. Ini faktor lain kenapa saya menjadi lebih bersemangat ketika blogwalking.

Ada beberapa hal yang kurang saya sukai (kurang suka bukan berarti benci, ya) ketika melakukan kegiatan menjalin silaturahmi sesama blogger ini dan menemukan:
1. Halaman blog berat
Salah satunya adalah memasang widget yang tidak terlalu penting. Widget musik misalnya. Biasanya ini terjadi pada blogger baru. Saya dulu juga begitu, haha.
2. Blog dengan komentar google+
Menurut hemat saya (halah) tampilannya kurang enak dilihat.
3. Mengharuskan untuk mengisi kode Captcha sebelum mempublish komentar
Ini sudah jarang saya temui. Banyak yang menyiasati agar komentar spam tidak otomatis terpublish dengan cara memoderasinya terlebih dahulu.

Meski begitu, saya tidak memilih-milih blog ketika blogwalking, mengingat manfaat blogwalking yang ruar biasa (sengaja pakai 'r'). Paling sering sih, mengawali blogwalking dari komentar-komentar yang pernah masuk, disusul blog langganan di home page blogger, kemudian scrol-scrol aplikasi google+ atau cek email langganan postingan blog teman-teman blogger yang sebelumnya diberi komentar.

Kalau kamu blogwalkingnya gimana?


74 komentar

BW malem mas

jalin silaturahim dan nambah trafik :)

3 hal diatas memang kurang menyenangkan, klo terjadi saat BW

nah kalau halaman blog berat, saya hanya mau menunggu 2menit, jika selama itu blog tersebut juga belum terbuka, ya saya tinggalkan, masalahnya bukan karena tidak mau membalas mereka yang sudah berkenan berkunjung dan berkomentar di blog kita sebelumnya, tetapi judulnya bersilahtuhrahmi, jadi buat apa kita menunggu jika sipemilik blog saja tidak dirumah (istilahnya lama menunggu sampai blog terbuka sempurna).

buat saya kecepatan blog nomor satu setelahnya baru berburu traffik, karena sumber trafik dari pengguna yang berkunjung, tetapi blog berat, bisa dihitung mereka yang mau menunggu.

cararirin memang trifik blognya gedhe,sampe-sampe adminnya sekarang jarang blogwalking karena terlalu sibuk dengan blog-blog besaarnya,blogwalking adalah jalan-jalan meninggalkan jejak komentar selagi internet cepet,heheee

komentar google + saya sering gagal kalau mau komen :(
maklum speed semut, malah kadang komentarku jadi double, hehehe
kalau blog ini sih cepet loadingnya, bagooess

Kode Captha saat ini ndak sulit lagi kok mas jika ingin digunakan, sebab tugas kita hanya mencentang nya saja, itu pun kalau ndak salah. Sebab saya sendiri tidak menggunakan metode itu :D

BW, Tali silahturahmi antara Blogger, tak peruli newbie atau pro, yang penting sehati. Eaak..

Blog saya kena nih. masih berat, mas. belum saya apa-apain, hhe. kalau captha yang tiga angka enak, kalau banyak ribet juga.

Karena menjalin silaturahmi sesama blogger. Siapa tau ada yang cocok #eh hahah

BW malem karena siangnyaa kerja ya mas?
Iya bener, silaturahmi dan menambah trafik.

Iya mbak. Kalau menurut mbak Devy, blog ini berat nggak?

selagi internet cepet.. dan gratis

Iya mas, komentar g+ kadang dopost.
Syukur deh kalo blog ini cepet :))

Saya udah jarang nemuin komentar dengan kode capcha mas, hehe.

Hasik.. memang harusnya seperti itu

beberapa kali mampir, nggak terlalu berat kok mas. Kalau belum puas, mungkin bisa diotak-atik lai, hehe. Iya, kalau cuma 3 angka enak, nggak terlalu ribet.

BW itu anggota pimpinan KPK ya???

Blogwalking bukti blogger yang ramah dan suka bergaul.. Banyak blogger yg gak punya waktu utk blogwalking... jadi ya asal posting selsai udah gak ada salam-sulumnya hehe

hehe....ratu iklan ke'less...
emang saya sepakat dengan penjelasan tentang apakah yang dimaksud dengan blogwalking adalah sebuah perjalanan yang wajib dilakukan blogger yang tidak sombong...

tapi...ini tapi loch yah....jangan karena itu blogwalkingnya cuman nulis komentar yang pendek....jika hal itu terjadi maka SAYA AKAN MEMBALAS BW NYA DENGAN KOMENTAR YANG PENDEK JUGA....anda memberi , maka anda akan menerima...begitu kira-kira prinsip saya,apalagi bagi blogger ecek-ecek seperti saya ini nih.

satu lagi...boleh?

komentar pendek diperbolehkan, hanya kepada blogger yang sudah akrab dan sering ber bw...itu mah beda. coy

Pedes nih, kayak sambal mie ayam.
Jujur, saya juga lebih seneng dapet komentar yang panjang, kayak komentar di atas. Mungkin.. ini mungkin loch ya.. yang pernah komentar pendek di blog kang Cilembu lagi buru-buru, tiba-tiba hujan, jemuran lupa belum diangkat. Makanya komentarnya dikit.

Kalau nggak, mungkin pengen cepet akrab. Caranya? Ya jadi sok akrab.

Blogg cara ririn memang keren mas posisinya selalu teratas dan pas chatting ama dia saya nanya soal pendapatan dia dengan polos ngejawab 1 bulan pendapatannya 14 Juta saya melongo :v

Dan Untuk Bloggwalking ini banyak sekali manfaatnya selain agar blogg terlihat lebih rame, blogg yang banyak komentarnya juga terlihat lebih profesional iyaa gak ? :)

kang lembu orangnya suka becanda jadi kalo mau deket ama doi harus jago bcanda mas :v

Selamat siang Sob... Karena ini kunjungan Perdana saya, saya minta izin dulu untuk follow blognya Sob agar Silaturahmi nantinya dapat terus berjalan,jika berkenan untuk Follback,bisa nantinya jalan jalan di gubuk tua saya disebelah.


Kegiatan Blogwalking sangat penting kita lakukan jika ingin traffick blog yang kita kelola dapat meningkat,selain itu dengan blogwalking juga bisa meningkatkan sailaturahmi antarsesama blogger

Bukan yang itu, mas. yang sub doaminnya, khusus curhatan. lolaaa, haha. enakan tanpa captha tapi yah, meski resiko ada spamer siluman nyusup.

blogwalking memang salah satu aktivitas yg menyenangkan mas.
bisa nambah sahabatan,nambah kepopuleran dan nambah penghasilan.hehee

Mengunjungi Blog teman, membaca isi artikelnya, kalau memang ingin save isi izin sama adminya,
memberikan komentar atau meninggalkan jejak..

Happy Blogwalking Mas Renggo..

biasanya saya blogwalking kalau kolom komentarnya google akun atau wordpress,,, selain itu jika gak ada saya gak jadi komen mas

padahal saya tertarik memasang komentar google+ tapi sayang loadingnya bikin berat :(

6.685 second setelah saya cek. masih termasuk dalam kategory very slow (dalam presentasi waktu muat 96%).
lumayan lambat, tetapi tidak terlalu lambat.

emang, sayang banget kalau udah berdomain tapi nggak dimaksimalin.
gue juga baru desember kemarin mulai bener-bener rajin bw :)

Haha judul artikelnya unik. :D
Blogwalking adalah kegiatan saling komentar gan :)

Kalau ada yang ngasih komentar diblogku aku usahai pasti ngasih feedback. Soalnya menghargai temen yang udah mau ngeluangin waktu buat ngasih komentar. Kalau ada yang follow juga aku follback. Pokoknya saling menghargai lah intinya.

Kalo udah ketemu blog yang loadingnya berat memang susah... :)

blog cara ririn memang bagus optimasinya plus punya poin lebih tinggi karena blognya juga sudah lama dibuat. untuk poin no 3 bukannya kode Captcha diblogspot sudah nggak lagi menggunakan huruf atau angka ya? saya pernah komentar ke blog yang Captchanya bukan pencet doang langsung ke publish

Kalau saya sih biar loading blog sahabat saya lambat alias berat loading tetep saya tungguin. Bahkan saya pernah nunggui sampai 10 menit, belum juga terbuka blog nya. Saya baik hati kan Mas Renggo. hehe

Hampir tidak ada yang tidak saya sukai dari blogwalking ini mas, karena dengan melakukan kegiatan ini, selain bisa mempererat silaturahmi antar sesama blogger, juga bisa menambah wawasan saya dari artikel yang dibuat oleh sahabat tersebut. :D

Wah lumayan berat juga ya loading blog Mas Renggo ini. Kelihatannya mas Renggo Starr dapat PR baru lagi nih. hehehe

Jika boleh nanya ke Mbak Devy Indriyani, menurut Mbak Devy blog saya berat ndak ya mbak. Hasilnya nanti kan bisa jadi PR buat saya untuk memperbaiki blog jelek saya mbak. hehe

Wah, jadi pengen punya blog satu lagi yang pakai subdmain mas. Hehe.

Abu Zaini: bisa juga gitu mas. Haha

Devy: terima kasih udah dicekin mbak. Saya nggak pernah ngecek. Biasanya nentuin berat apa nggak pakai perasaan, hehe.

Mas Dory: Iya nih mas Dory, bantuin napa.. haha

Haha.. nais inpoh mas Ainul..

Wah.. 14jutaan/buan? *mangap*
Wajar sih kalo emang rame. Pengen juga kayak gitu, haha.

Iya mas, blog rame PV naik, hati senang, banyak teman.

Halo mas Hayardin,
Siahkan mas, nanti saya mampir di rumahnya, sekalian folow juga. Terima kasih udah mampir duluan.

Benar mas, setuju.

Iya mas ..

Happy bogwalking juga..

Kalau saya lebih suka komentar blogger mbak. Lebih enak buat blogwalking.

Iya mas, saya juga berusaha begitu. Memang harus saling menghargai sesama. :)

Ternyata blog ini lumayan berat menurut mbak Devy, hehe.

Oh gitu? Pantesan akhir-akhir ini saya jarang menemui blog dengan captcha..

Wah, baik hati sekali memang Mas Dory. Udah jago dunia tambang, baik hati pula. Hehe.

Iya sih mas. Blogwalking bisa sebagai ajang silaturahmi serta menambah wawasan.

Blog cara ririn emang mantap.. banyak bener tuh iklan, ciuss deh.. blog punya saya aja belum ada yang mau masang iklan :'(

Cararirin itu emang luar biasa tuh. Hampir tiap yang pengin ane cari, pasti blog itu muncul di onepage. Huft.

Blogwalking ane sih Bang, masih memanfaatkan media sosial, seperti Twitter contohnya. Kadang juga, gunain grup blogger di Facebook untuk BW. Hehe...

Google hadirkan captcha baru :D

Ribet mas misal kalau harus daftar ke sosmed lain... Kalau fb atau twitter sih gpp mas

coba hapus semua lekukan pada CSS elemen template, lalu hapus tanda petik disetiap akhir kode, extract semua kode CSS dengan sebaris (mungurangi kolom baris).

setelah itu satukan script jika itu dalam 1 wilayah tag yang sama, potong script-jQuery lalu letakkan tepat dibawah tag head penutup </head>, buang kode edit (Quick-edit abelka).

blog siap diuji kecepatannya.

kode Captcha ini yang sayapun paling ga suka mas, sering saya close blognya jika menemukan Captcha pada komentar blog ...

saya setuju yang ke 3 hal itu emang gak banget saat blogwalking,, sedikit tambahan templatenya,, pake warna yang genjreng dengan huruf yang warna-warni, itu udah malesin soalnya bikin siwer mata :(

Saya kalau sudah ketemu blog yang pasang musik langsung gak mau blogwalking. Ngabisin kuota internet saja. wwkwkkwkw

Ini kayak "da blog aku mah apa atuh.."
Hehe kidding

Iya mas, saya baru tau kalau cara ririn blog yang top markotop.

Saya dulu sering manfaatin grup, sekarang udah jarang, hehe. Lebih banyak dipakai buat diskusi.

Kenapa ga dimoderasi aja ya komentarnya?

Haha..
Hemat pangkal kaya ya, mas Ridha.

awalnya BW, krn baca2 komen org di blog temen, trs tertarik msk deh :D sama kyk aku nemuin blogmu ini, krn td baca blognya Deva, trs baca2 komennya ;) .aku sendiri pgnnya sih bisa BW tiap hr, tp apa daya ya... kesibukan di kantor lbh menyita waktu bgt ;p..jdnya cm bisa malam ato pas waktu kosong :)

Eh tp yg komen pake captcha2, itu kyknya semua platform blogspot emg wajib ya..tiap msk k blogspot psti deh sllu dimintain -__-

Halo Fanny..
Aku kadang juga gitu. Sekarang lagi rajin tapi, hehe. Ayoo semangat.

ya betul, lagian di wordpress ada hansip yang kerjanya oke, seperti akismet ...

Adalah aktifitas yang menyenangkan :D

Aku juga kadang suka ribet sama blogger yang masih pake kode captcha. Ngeribetin pengomen. :( (Apasih pengomen)

Haha..
Komentator lebih enak didenger.

Aku punya list sendiri di notepad. Jadi kalok blogwalking ya dari situ aja. :D

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon