Bukan Job Review

Kayaknya beberapa bulan terakhir banyak blogger yang dapet job review, ya?

Sekitar tiga minggu lalu saya juga dapat tawaran ini. Bukan job review, sih, sebenernya. Cuma bikin postingan yang berisi link aktif ke web mereka. Sesederhana itu. Saya nggak tau parameter apa yang mereka pakai sehingga menawarkan job ini kepada saya. Statistik blog ini nggak bagus-bagus amat, pageview-nya cuma 200-300/hari [update: Maret 2016 PV rata-rata 1000/hari]. Kalau Alexa rank sih, lumayan (menurutku). Mungkin ini yang mereka jadikan parameter.

Saya beli domain bulan November 2014. Sampai tulisan ini saya publish, Alexa rank untuk renggostarr.com ada di peringkat 600ribuan. Padahal di bulan Desember 2014 masih 10jutaan. Saya menduga, ini bisa terjadi karena saya membuat 10 post/bulan sejak bulan Desember. Buat yang pengen meningkatkan ranking blognya di Alexa, mungkin bisa mencoba trik ini

Kembali ke job review. Sama seperti kalian yang udah dapet, saya ditawari via email. Kata-katanya pun nyaris sama. Tanpa pikir panjang, saya langsung setuju, karena 'tugas' saya nggak berat-berat banget. Awalnya, saya ditawari voucher belanja senilai Rp. 100.000 untuk tulisan saya nanti. Saya ngerasa, kok benefitnya kecil banget, ya? Saya coba menawar, kali aja bisa dapat lebih. Mental pengangguran emang begini, nih. Haha.

Sempat mengira kalau mereka menolak benefit yang saya minta, soalnya bales emailnya lumayan lama, sekitar 4 hari. Ternyata mereka setuju. Syukur deh.

Setelah tulisan saya publish, mereka mengirim kode voucher belanjanya. Voucher ini saya pakai buat beli sepatu formal kayak gini:

Job Review zalora, Meningkatkan Alexa Rank,

Tadinya, sepatu ini mau saya pakai buat sidang Kerja Praktek. Tapi nggak jadi karena ngirimnya telat. Telat karena pangiriman pertama gagal, di rumah nggak ada orang. Meski begitu, saya tetap bersyukur.

Bukan bermaksud riya', saya cuma pengen berbagi cerita melalui blog ini. Kalau pengalaman kamu dapet job review gimana?

Oya, kalau kamu baru menekuni dunia blogging dan pengen dapet job review, coba baca-baca artikel saya yang berjudul Cara Agar Blog Kamu mendapatkan Tawaran Job Review ini.