Alasan Kenapa Harus Menggunakan Domain Sendiri

Banyak hal yang memotivasi orang untuk membuat blog. Mulai dari iseng, buat belajar menulis, sampai ke alasan bisnis. Sebagian orang belajar menulis di blog karena adanya keinginan untuk menjadi penulis. Karena melalui blog dirasa lebih mudah mendapatkan respon dari pembaca demi memperbaiki kualitas tulisan. 

Sudah satu tahun lebih saya membuat blog ini. Tujuan awalnya sih, pengen mendapatkan uang tambahan, haha. Rupanya agak sulit. Saya masih perlu banyak belajar ini-itu. Belakangan, saya mengesampingkan sementara keinginan untuk mendapatkan uang tambahan ini. 

Kalau ada orang yang membuat blog demi menyalurkan passion menulis, saya sebaliknya. Saya justru mulai suka menulis setelah membuat blog ini. Jujur, saya dulu sama sekali tidak suka dengan dunia tulis menulis. Apalagi menulis tangan (bukan mengetik). Makanya banyak teman sekolah dulu menyebut kalau buku sekolah saya lebih tepat disebut prasasti daripada catatan.

Selain untuk belajar menulis, blog ini sudah saya anggap sebagai rumah singgah. Senang rasanya kalau ada orang yang mampir dan memberikan oleh-oleh berupa komentar, hehe. Makanya saya selalu berusaha memberikan 'jamuan istimewa' kepada mereka. 

Sebagaimana lazimnya rumah, saya juga memperhatikan betul bagaimana tatanan blog ini. Apakah enak dilihat, bagaimana bersikap layaknya tuan rumah, dan yang tak kalah penting adalah kemudahan untuk mengakses alamat blog ini. Makanya saya memutuskan untuk membeli domain. Saya membeli domain .com dengan pertimbangan jika .com lebih familiar daripada domain lain.

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Domain Sendiri

Banyak keuntungan menggunakan domain sendiri. Diantaranya adalah blog akan terlihat lebih profesional, mudah diingat oleh orang lain (yang ini tergantung pemilihan nama blog kamu). Ada juga yang menyebut kalau domain sendiri itu lebih mudah ditemukan oleh search engine.

Pernah membaca tulisan tentang blog (blogspot) yang dihapus oleh Google, kan? Alamat blog yang telah dihapus Google ini tidak bisa dipakai lagi. Artinya harus membuat blog lagi dan MEMULAINYA DARI AWAL. Sayang sekali kalau reputasi blog sudah bagus, tiba-tiba hilang begitu saja. Ini keuntungan lain jika menggunakan domain sendiri. Meskipun blog sudah dihapus, tapi alamatnya masih ada karena telah menjadi hak kita sepenuhnya. Saya bukan menak-nakuti, memang seperti itu kemungkinan terburuk menggunakan domain blogspot. 

Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebuah blog dihapus oleh yang punya (dalam hal ini Google selaku pemilik domain dan penyedia hosting blogspot) pasti karena sesuatu hal. Kemungkinan karena melanggar Terms of Service dari Google. Jadi, selama kamu 'main aman', tidak perlu mengkhawatirkan hal ini.

Apakah dengan membeli domain, tidak ada resiko blog akan dihapus Google?

Kemungkinan itu masih ada. Untuk menyiasatinya, saya rutin memback up blog setiap kali menerbitkan artikel baru. Jadi, seandainya (mudah-mudahan tidak terjadi) blog ini dihapus Google, saya masih bisa meneruskan blog ini dengan cara membuat akun di blogspot lagi atau menyewa hosting baru tanpa harus kehilangan satu pun artikel maupun komentar.

Saya membeli domain di Qwords, sebuah situs penyedia web hosting Indonesia. Buat yang belum tahu, mungkin proses ini terlihat sangat sulit. Menurut pengalaman saya sih, gampang. Gampang banget malah. Tinggal klik sana, klik sini, drag sana dan drag sini langsung jadi, hehe.

Saya membeli domain renggostarr.com ini tahun 2014 kemarin seharga Rp 115.500/tahun. Karena dikelola di Indonesia, proses pembayarannya sangat mudah. Bisa melalui transfer via ATM, mobile banking dll. Ini salah satu alasan kenapa saya membeli domain di Qwords, selain karena blogger idola saya -Benakribo- membeli domain di Qwords juga.
Buat yang pengen beli domain di Qwords, silahkan baca tutorial di bawah ini. Buat yang belum pengen beli, boleh juga baca-baca buat pengetahuan. Buat yang sudah tahu dan nggak pengen baca, skip saja dan langsung mengisi kolom komentar, hehe.
Saya membuat tutorial ini berdasarkan pengalaman ngotak-atik blog ini. Karena platform blog ini blogspot, tutorial ini hanya berisi tentang bagaimana cara membeli dan mengarahkan alamat blogspot  ke domain yang telah dibeli di Qwords. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cek apakah domain yang pengen kamu beli masih tersedia atau tidak. Berdoalah mudah-mudahan masih tersedia. Cara mengeceknya klik https://www.qwords.com/domain-name/

cek ketersediaan domain qwords

Saya menggunakan tongsis-second.com sebagai contoh. Kalau domain kamu tersedia, klik "Klik untuk melanjutkan pemesanan >>" (ada di bawahnya).

2. Konfigurasi domain untuk memastikan domain pesanan kamu sudah sesuai atau belum. Klik "Update Keranjang Belanja". (Nameservers tidak usah diubah).

3. Isi data diri kamu seperti nama, alamat email, no telepon dll.

Isi data diri qwords
Klik "Update"

Tentukan metode pembayaran, centang "Saya telah membaca dan menyetujui Terms of Service", kemudian klik "Selesaikan permintaan".

metode pembayaaran qwords

4. Kamu akan mendapatkan informasi tagihan seperti ini:

Informasi Tagihan Qwords
Total uang harus dibayar sejumlah Rp 132.000.

Silahkan cek email untuk informasi nomor rekening selengkapnya.

5. Bayar tagihan melalui metode pembayaran yang kamu pilih. Setelah itu, silahkan membuat konfirmasi pembayaran di http://www.qwords.com/order-payment/

konfirmasi Pembayaran qwords
Via SMS.

Kemudian isi form pembayaran seperti ini:

Konfirmasi pembayaran domain qwords

Isi form pembayarannya jangan sampai salah ya. Jangan sampai salah. Nama, Nomor invoice, Jumlah tagihan, Rekening tujuan, semua harus sesuai dengan informasi tagihan di email.

6. Pesan free parking domain di http://www.qwords.com/services/free-domain-parking/. Prosesnya mirip seperti langkah ke-tiga.

7. Sambil menunggu email informasi free parking domain, buka dashboad blog kamu di tab baru. Klik Setting-Basic.

Mengarahkan blogspot ke domain qwords
Klik "Set up a third-party URL for your blog"

Masukkan domain blog kamu ke kolom alamat yang disediakan. Harus pakai "www" ya. Ingat!

mengarahkan blogspot ke domain qwords
Pakai www.

Kemudian klik "Save". Nanti akan ada kode error seperti ini:

Setting cpanel qwords

8. Jika email informasi free parking domain sudah masuk, buka email dan klik link yang mengarah ke cPanel domain kamu. Log in menggunakan username dan password yang dikirim bersama dengan email ini.

9. Setelah log in, masuk ke menu Advanced DNS Zone Editor.

Advance Zone editor cpanel qwords

10.  Klik "Add a record". 

Name diisi dengan kode acak di bawah "www" (lihat langkah 7). 
TTL: 14400
Type: CNAME
CNAME diisi dengan kode unik di bawah "ghs.google.com" (langkah 7).

Add record qwords
Klik "Add Record".

Untuk record www.tongsis-second.com bukan melalui "Add Record", melainkan dengan "Edit Record":

Edit Record Qwords

Harus diisi dengan:
Name: www.tongsis-second.com
TTL: 14400
Type: CNAME
CNAME: ghs.google.com

Kemudian klik "Edit Record"

11. Ulangi langkah 7. Jika tidak berhasil, kemungkinan kamu salah dalam memasukkan nilai record di langkah ke-10. Jika berhasil, selamat! Kamu berhasil memiliki domain yang kamu inginkan!

Kalau ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya kepada Mas-Mas/Mbak-Mbak yang sedang online via fasilitas chat di Qwords.

Selamat mencoba! :)