Alasan Kenapa Harus Menggunakan Domain Sendiri


Banyak hal yang memotivasi orang untuk membuat blog. Mulai dari iseng, buat belajar menulis, sampai ke alasan bisnis. Sebagian orang belajar menulis di blog karena adanya keinginan untuk menjadi penulis. Karena melalui blog dirasa lebih mudah mendapatkan respon dari pembaca demi memperbaiki kualitas tulisan. 

Sudah satu tahun lebih saya membuat blog ini. Tujuan awalnya sih, pengen mendapatkan uang tambahan, haha. Rupanya agak sulit. Saya masih perlu banyak belajar ini-itu. Belakangan, saya mengesampingkan sementara keinginan untuk mendapatkan uang tambahan ini. 

Kalau ada orang yang membuat blog demi menyalurkan passion menulis, saya sebaliknya. Saya justru mulai suka menulis setelah membuat blog ini. Jujur, saya dulu sama sekali tidak suka dengan dunia tulis menulis. Apalagi menulis tangan (bukan mengetik). Makanya banyak teman sekolah dulu menyebut kalau buku sekolah saya lebih tepat disebut prasasti daripada catatan.

Selain untuk belajar menulis, blog ini sudah saya anggap sebagai rumah singgah. Senang rasanya kalau ada orang yang mampir dan memberikan oleh-oleh berupa komentar, hehe. Makanya saya selalu berusaha memberikan 'jamuan istimewa' kepada mereka. 

Sebagaimana lazimnya rumah, saya juga memperhatikan betul bagaimana tatanan blog ini. Apakah enak dilihat, bagaimana bersikap layaknya tuan rumah, dan yang tak kalah penting adalah kemudahan untuk mengakses alamat blog ini. Makanya saya memutuskan untuk membeli domain. Saya membeli domain .com dengan pertimbangan jika .com lebih familiar daripada domain lain.

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Domain Sendiri

Banyak keuntungan menggunakan domain sendiri. Diantaranya adalah blog akan terlihat lebih profesional, mudah diingat oleh orang lain (yang ini tergantung pemilihan nama blog kamu). Ada juga yang menyebut kalau domain sendiri itu lebih mudah ditemukan oleh search engine.

Pernah membaca tulisan tentang blog (blogspot) yang dihapus oleh Google, kan? Alamat blog yang telah dihapus Google ini tidak bisa dipakai lagi. Artinya harus membuat blog lagi dan MEMULAINYA DARI AWAL. Sayang sekali kalau reputasi blog sudah bagus, tiba-tiba hilang begitu saja. Ini keuntungan lain jika menggunakan domain sendiri. Meskipun blog sudah dihapus, tapi alamatnya masih ada karena telah menjadi hak kita sepenuhnya. Saya bukan menak-nakuti, memang seperti itu kemungkinan terburuk menggunakan domain blogspot. 

Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebuah blog dihapus oleh yang punya (dalam hal ini Google selaku pemilik domain dan penyedia hosting blogspot) pasti karena sesuatu hal. Kemungkinan karena melanggar Terms of Service dari Google. Jadi, selama kamu 'main aman', tidak perlu mengkhawatirkan hal ini.

Apakah dengan membeli domain, tidak ada resiko blog akan dihapus Google?

Kemungkinan itu masih ada. Untuk menyiasatinya, saya rutin memback up blog setiap kali menerbitkan artikel baru. Jadi, seandainya (mudah-mudahan tidak terjadi) blog ini dihapus Google, saya masih bisa meneruskan blog ini dengan cara membuat akun di blogspot lagi atau menyewa hosting baru tanpa harus kehilangan satu pun artikel maupun komentar.

Saya membeli domain di Qwords, sebuah situs penyedia web hosting Indonesia. Buat yang belum tahu, mungkin proses ini terlihat sangat sulit. Menurut pengalaman saya sih, gampang. Gampang banget malah. Tinggal klik sana, klik sini, drag sana dan drag sini langsung jadi, hehe.

Saya membeli domain renggostarr.com ini tahun 2014 kemarin seharga Rp 115.500/tahun. Karena dikelola di Indonesia, proses pembayarannya sangat mudah. Bisa melalui transfer via ATM, mobile banking dll. Ini salah satu alasan kenapa saya membeli domain di Qwords, selain karena blogger idola saya -Benakribo- membeli domain di Qwords juga.
Buat yang pengen beli domain di Qwords, silahkan baca tutorial di bawah ini. Buat yang belum pengen beli, boleh juga baca-baca buat pengetahuan. Buat yang sudah tahu dan nggak pengen baca, skip saja dan langsung mengisi kolom komentar, hehe.
Saya membuat tutorial ini berdasarkan pengalaman ngotak-atik blog ini. Karena platform blog ini blogspot, tutorial ini hanya berisi tentang bagaimana cara membeli dan mengarahkan alamat blogspot  ke domain yang telah dibeli di Qwords. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cek apakah domain yang pengen kamu beli masih tersedia atau tidak. Berdoalah mudah-mudahan masih tersedia. Cara mengeceknya klik https://www.qwords.com/domain-name/

cek ketersediaan domain qwords

Saya menggunakan tongsis-second.com sebagai contoh. Kalau domain kamu tersedia, klik "Klik untuk melanjutkan pemesanan >>" (ada di bawahnya).

2. Konfigurasi domain untuk memastikan domain pesanan kamu sudah sesuai atau belum. Klik "Update Keranjang Belanja". (Nameservers tidak usah diubah).

3. Isi data diri kamu seperti nama, alamat email, no telepon dll.

Isi data diri qwords
Klik "Update"

Tentukan metode pembayaran, centang "Saya telah membaca dan menyetujui Terms of Service", kemudian klik "Selesaikan permintaan".

metode pembayaaran qwords

4. Kamu akan mendapatkan informasi tagihan seperti ini:

Informasi Tagihan Qwords
Total uang harus dibayar sejumlah Rp 132.000.

Silahkan cek email untuk informasi nomor rekening selengkapnya.

5. Bayar tagihan melalui metode pembayaran yang kamu pilih. Setelah itu, silahkan membuat konfirmasi pembayaran di http://www.qwords.com/order-payment/

konfirmasi Pembayaran qwords
Via SMS.

Kemudian isi form pembayaran seperti ini:

Konfirmasi pembayaran domain qwords

Isi form pembayarannya jangan sampai salah ya. Jangan sampai salah. Nama, Nomor invoice, Jumlah tagihan, Rekening tujuan, semua harus sesuai dengan informasi tagihan di email.

6. Pesan free parking domain di http://www.qwords.com/services/free-domain-parking/. Prosesnya mirip seperti langkah ke-tiga.

7. Sambil menunggu email informasi free parking domain, buka dashboad blog kamu di tab baru. Klik Setting-Basic.

Mengarahkan blogspot ke domain qwords
Klik "Set up a third-party URL for your blog"

Masukkan domain blog kamu ke kolom alamat yang disediakan. Harus pakai "www" ya. Ingat!

mengarahkan blogspot ke domain qwords
Pakai www.

Kemudian klik "Save". Nanti akan ada kode error seperti ini:

Setting cpanel qwords

8. Jika email informasi free parking domain sudah masuk, buka email dan klik link yang mengarah ke cPanel domain kamu. Log in menggunakan username dan password yang dikirim bersama dengan email ini.

9. Setelah log in, masuk ke menu Advanced DNS Zone Editor.

Advance Zone editor cpanel qwords

10.  Klik "Add a record". 

Name diisi dengan kode acak di bawah "www" (lihat langkah 7). 
TTL: 14400
Type: CNAME
CNAME diisi dengan kode unik di bawah "ghs.google.com" (langkah 7).

Add record qwords
Klik "Add Record".

Untuk record www.tongsis-second.com bukan melalui "Add Record", melainkan dengan "Edit Record":

Edit Record Qwords

Harus diisi dengan:
Name: www.tongsis-second.com
TTL: 14400
Type: CNAME
CNAME: ghs.google.com

Kemudian klik "Edit Record"

11. Ulangi langkah 7. Jika tidak berhasil, kemungkinan kamu salah dalam memasukkan nilai record di langkah ke-10. Jika berhasil, selamat! Kamu berhasil memiliki domain yang kamu inginkan!

Kalau ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya kepada Mas-Mas/Mbak-Mbak yang sedang online via fasilitas chat di Qwords.

Selamat mencoba! :)

75 komentar

Gue pengen banget pake domain sendiri nih. Udah pengeen banget tapi masih nabung buat sesuatu. Semoga yang gue tabung cepet terwujud deh biar ini biar bisa bayar buat domain. Hahaha. \:D/

w dh pake domain sendiri ni
hehe

Wah saya jadi tahu sekarang bagaimana cara membuat blogspot saya menjadi dot com sendiri mas Renggo. Saya akan coba cara nya ya mas jika saya sudah beli domain nya nanti. Terima kasih banyak atas informasi nya Mas Renggo. Kalau Mas Renggo mah memang top markotop jika sudah membahas hal yang beginian. :D

Ada blogger asal luar (lupa dari mana) masih menggunakan embel-embel blogspot, blognya pernah kehapus, namun balik lagi. Blognya istimewa banget, satu hari bisa belasan post. Penghasilan juga luar biasa dari satu blog. Gokil hahaha.

Sama kita bang, beli domain dari qwords juga hehe. Ciyee TLD ciyee.

Blog baruku .web.id sajalah :D

Semoga sesuatunya cepet terwujud, trus beli domain ya, Deva. \:D/

Wah, jangan gitu mas Dory. Kayaknya berlebihan, haha. Syukur deh, kalo membantu mah..

Negosiasi sama Google-nya hebat tuh, hehe. Gila ya, bisa belasan post/hari.

Iya sama, hahaha. *tos*

Dari dulu udah niat nih buat pake domain sendiri, tapi masih belum punya uang :( huhuh

Pengen banget saya pake domain gan...tapi saya gak punya rekening

hmm, menurut gue domain emang dibutuhkan oleh para blogger.
gara-gara domain, gue jadi aktif ngeblog. kenapa? karena kan sayang udah beli domain kalau jarang ngeblog...
masalah masih bisa dihapus sama google atau enggak, jalanin aja dulu :)

pakai rekening listrik juga boleh kok, hehe..!!

lagi melirik yang flat [dot]info, lebih berkelas, tetapi nanti dulu dech, takutnya sudah sewa domain, tetapi karena kesibukan terbengkalai dech neh blog, kan merasa rugi mas, menulis artikel saja di blog tidak bisa rutin, cuma sanggup 2-3 posting dalam 1 minggu, terkadang libur 1 minggu,

nanti kalau sudah ada niat berbisnis di blog, rencananya mau ganti domain, nanti ajarin caranya ya mas, soalnya kagak ngerti yang beginian, ngeblog saja baru 1 bulan, hehe..!!

kalo saya mah beli domainnya di idwebhost mas

IDWebhost bagus juga tuh mas Marnes, salah satu pengalaman saya beli domain di sana transfer uang domain jam 3 pagi, terus konfirmasi lewat sms. Eee beberapa menit kemudian dapat balasan sms dari Idwebhost. Benar-benar fast respons tuh admin nya, paling sambil ikut siskamling kali ya admin nya. hehehe

Bener tuh kata mbak Devy. :D

Iya sih. Sayang banget kalo udah beli domain tapi jarang ngeblog. Bisa buat motivasi juga.

2-3 postingan bukannya lumayan banyak, ya? Saya lagi berusaha ke arah situ.

Ah, bisa aja ngaku nih, mbak Devy. :D

Iya mas. Ini berdasarkan pengalaman aja.:D

lebih profesional, apalagi klo arahnya ke lahan bisnis, sebaiknya domain sendiri

Aku masih bingung milih nama domain. Wkwkwk.. :D Justru blog satu lagi uda belik domain en diperpanjang sampek 2016. :D

Ternyata dengan memakai domain sendiri akan lebih gampang ditemukan oleh search engine.,saya sudah cukup lama malang melintang di blogspot gratisan jadi ada rasa takut kehilangan nih,,,,

dengan menggunakan domain blog menjadi lebih terlihat profesional ya mas,,terimakasih cara membuat domainnya mas sangat membantu :)

Iya mas Wong Crewchild. :D

Jangan bingung2, Beb.
Blog kamu yang satunya lagi apa?

Ada yang bilang gitu mas, kurang tau kebenarannya gimana.
Kalau udah lama emang sayang sih, hehe.

Pakai domain sendiri jadi kelihatan profesional ya mas, saya juga sudah pakai domain sendiri, Tapi langsung saya paket 2 tahun.... Tadinya mau langsung 5 tahun, tapi takut tempat hostingnya tutup.. Murah juga beli domain di Qword, saya beli 125 pertahun. itu juga belum Ppn...

Ah. Bikin pengin bikin aja. Tapi, gue udah asik aja sama Blogspot.. :p
Kereeenn langkahnya, Bro. Nanti kalo khilaf gue coba deh.

pingin punya domain sendiri, tapi saya masih pilih-pilih blog yang pantas untuk dijadikan .com.

alamatnya jadi simple dan mudah diingat.

Banyak sebenarnya manfaat yang didapati dengan domain sendiri, pertama mungkin orang lebih percaya dengan domain dot com dan tentunya lebih kelihatan wah dan prefesional hal ini saya rasakan tawaran review saya meningkat setelah saya berganti domain, selain itu dari segi alexa juga cepat rampingnya dibandingkan blogger ( berdasarkan pengamatan saya )

Hei Renggo hahahaa

Waduh berarti bisa saja blogku dihapus sama google dong ya? huaaaaaa
sebenarnya aku main aman, tapi ya ga tau juga moga2 ga dihapus sama empunya googe, amin

Btw kamu emg niatnya cari duit di blog ya? kereeeeeen ... beda sama aku, blog cuma dipakai buat curhat wkwkkww

jika blogg menggunakan domain .com pasti akan lebih terlihat profesional yah kang dari pada yang gratisan dan kalo saya sihh lebih suka di namecheap kang soalnya metode pembayarannya menggunakan paypal :D

aku udah beli domain dot com, belum bisa setinginya mas, masih ragu mendingan hijrah atau buat yang baru.. galau ceritanya

Jadi gitu ya caranya gati domain menjadi dot com. Cara pembayarannya cukup mudah, daftarnya juga, terus penggunaannya untuk blog masih sama kan settingnya gan?

untung saya mempunyaidomain yang mandiri, tidak nempel lagi ...
walaupun sekarang juga masing nempel hosting, yang penting domainnya beli ... hahaha

aku mau beli domain tapi uangnya lagi ditabung buat sesuatu yang lebih penting --

Iya, mas Ahmad. Alamat blog jadi pendek.

Wah, 'penggembala blog' nih..

Sepakat mas Em Albar, saya juga merasakan cepat rampingnya alexa. Yaa.. meskipun masih di angka 1jutaan.

Hei juga Mei hahaha

Mudah-mudahan nggak yaa..

Tadinya gitu, cuma agak susah. Sekarang ngikutin passion aja.

Iya kang, sesuai kebutuhan aja.

Masih gan, hostingnya masih numpang Google.

kalau udah pakai domain sendiri bisa agak bergaya dikit juga ya mas. hehee

hari ini blogwalking kok banyak yang ngomporin beli domain ya

jika ganti domain ,serasa blog kita kaya balita lagi ya mas :D , kalau saya beli domain di idwebhost, adminnya fast responya

iya mas selain itu juga kita bisa chat langsung lagi, maklum saya waktu belin domain gak ngerti caranya gimana? Akhirnya saya dipandu sama adminnya :)

sama teh saya juga gak ngerti makanya saya cuma ngedirect dari blogspot aja padahal pengen juga sih bikin yang baru gitu

enak kan jadi anget kena kompor

wahhh saran saya kalo masih ragu mending buat aja blogg baru lagi :v

Iya mas. Tapi nggak lama kan balik lagi kayak semula?

Asal jangan meleduk aja mas.

saya sebenarnya kepengen banget pake domain tapi saya gak punya rekenong buat transfer uang

Kalau saya pribadi si alasannya sederhana, kalau pasang domain sendiri tentunya lebih mngutamakan bisnis, biar bisa biayain dirinya sendiri itu blog...pis

salam blogwalking

Saya sudah memakai domain "COM" nyaris satu tahun. Kalau di search di Page Rank checker justeru alamat lama saya yang masih ada angka PR nya. Walau cuma Page Rank sebiji, Wahahahahaha. Memprihatinkan. Sedangkan dengan TLD jika di search page Page Rank Checker malah N/A alias todal dolema; hiehiehiheiehiehiehee. Saya suka domain aja karena praktis dan ada Domain Protection nya dari HOST. Saya sudah punya langganan sendiri sewa Domain dan Hostnya yang berlokasi di Jogjakarta

mau tanya dong.. Free Parking Domain itu buat apaan sih? Masih belum paham ._.

Domain ini baru dipakai sejak November kemarin. Tambah semangatnya kang, biar domain .com-nya segera mendapatkan Page Rank, hehehe. *nyemangatin diri sendiri*

Buat dapetin username & password cPanel domain. cPanel domain nanti dipakai buat setting dari blogspot ke domain yand dibeli.

punya domain sendiri itu memberikan sensasi dan keasyikan sendiri ya mas, apalagi kalau punya selft hosting, saya ada niat sih mau sewa hosting, sebab ada rencana mau coba berpusing-pusing ria, tapi blog itu hanya untuk uji coba aja, ndak ada maksud lainnya.

Betul mas Ibrahim. Selain itu juga bisa memicu agar lebih bersemangat untuk ngeblog.

aku bikin blog awalnya krn aku pelupa mas :D.. hobiku traveling. dan krn tkut lupa ama smua yg aku alamin pas jalan2, ya aku tulis di blog.awlnya gratisan pake blogspot, trs mikir2 beli domain dgn alasan, SUPAYA RUTIN NULIS ;p mikirnya udh mahal2, kalo g rutin sayang kan... tp secara aku rada gaptek ya, udhlah, sewa web designer aja untuk bikinin dan beli domain+hosting, dan dia juga yg bertugas ngawasin blogku..intinya, aku cuma nulis doang :D Memang jdnya rada mahal, tp krn service dr perusahaan mrknya oke, ya udhlah.. aku setuju aja ama fee nya :D

Aku aja yang cma beli domain jadi lebih semangat (sayang kalo dibiarin) apalagi situ yang udah sewa hosting segala.

Namanya juga passion ya mbak. Mau habis berapa dijabanin. :D

Amin

iyaa enaknya ikutin passion aja, biar ceritanya juga bisa ngalir gitu, kayak air "apasih"

Ada deh.. Bentar lagi launching :P

Dengar, tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan pinjaman perusahaan yang berbeda secara online.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
Saya dan suami saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak dapat untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Amanda yang membantu kami dengan menawarkan kita tidak aman pinjaman.
Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Mrs Amanda atau mengikuti prosedur pinjamannya, Hubungi saya melalui email saya, faridaaguss@gmail.com
Atau Anda dapat mengirim email ke Mrs Amanda di amandaloan@qualityservice.com dan amandaloanfirm@cash4u.com

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon