Bedanya Film India Dulu dan Sekarang

Entah sebuah aib atau bukan, waktu masih SD, saya suka sekali menonton film India. 

Padahal, film India dulu begitu-begitu saja ceritanya. Tokoh utama laki-laki biasanya bernama Raul yang berpasangan dengan Pria (nama tokoh wanita). Hubungan mereka seringkali terhalang oleh tokoh antagonis bernama Tuan Takur. Tuan Takur adalah pembuat ulah, hingga tak jarang harus berurusan dengan hukum. Tapi dia selalu menang ketika di persidangan, karena jaksa dan penegak hukum lainnya telah disuap. Seperti cerita film pada umumnya, kejahatan tidak akan pernah menang. Begitu juga yang dialami oleh Tuan Takur. Di akhir cerita, biasanya Tuan Takur ditangkap oleh polisi (datangnya telat) yang dipimpin oleh Inspektur Vijay.

Bahkan, dulu saya hafal lagu-lagunya. Sekarang pun, kalau mendengar lagu India, kadang dalam hati ikut bernyanyi. Di momen-momen tertentu, bahkan sampai menggoyangkan pinggul tanpa sengaja. Seolah-olah lagu ini mengendalikan alam bawah sadar saya untuk bergoyang ala India, haha.

Masuk ke SMP, saya mulai meninggalkan film seperti ini. Mulai sadar jika seorang laki-laki kurang pantas menonton film India. Tidak macho sekali. Harusnya sih, nonton drama Korea saja. #Lah

Sejak saat itu, saya benar-benar sudah tidak pernah lagi menonton film India.

Belakangan, film India berubah. Entah berubah sejak dulu, atau saya yang kurang gaul. Banyak film-film yang bagus. Sebut saja 3 Idiots (2009), Life of Pi (2012)  dan PK (2014).

3 Idiots
Secara umum, 3 Idiots bercerita tentang persahabatan, sistem pendidikan dan sedikit cerita cinta. Film ini mengisahkan 3 mahasiswa Teknik Mesin yang saling bersahabat. Sistem pendidikan di kampus mereka cenderung mengajarkan untuk menghafal, bukan memahami. Rancho -salah satu dari tiga mahasiswa itu- berkeinginan untuk mengubah sistem pendidikan ini. Karena menurut Rancho, kuliah bukan hanya untuk mencari ijazah, tetapi ilmulah yang sebenarnya dicari. Semua pesan di film ini disampaikan dengan cara yang jenaka. Jadi, meski durasinya cukup lama (3 jam), saya tidak bosan menontonnya, bahkan hingga berkali-kali.

Film India, 3 Idiots,
imdb.com

Life of Pi
Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika melihat cover Lif of Pi di bawah ini?

Film India, Life of Pi
imdb.com

Aneh dan membuat bertanya-tanya, "Apa yang dilakukan seseorang dengan harimau di tengah lautan menggunakan sekoci?"

Film ini bercerita tentang satu keluarga di India yang ingin pindah ke Pakistan. Namun, kapal mereka karam diterjang badai. Hanya Pi dan harimau saja yang selamat dari musibah ini. Kenapa ada harimau? Silahkan tonton saja biar tidak penasaran, hehe. Efek visual film ini bagus sekali, tidak kalah dengan film Hollywood.

Ada yang suka (atau pernah suka) film India juga nggak?