Enam Mitos yang Dipercaya Semasa Anak-anak

Semua orang pernah mengalami masa kecil. Entah masa kecilnya bahagia atau tidak, pasti pernah mempercayai suatu mitos. Biasanya, mitos ini sangat ditakuti oleh anak-anak, termasuk saya dulu.

Ketika sudah besar dan tambah pintar, saya jadi tahu, ternyata mitos ini sekedar untuk menakut-nakuti anak agar menuruti perkataan orang tua. Berikut 6 mitos versi on the spot yang sempat saya percaya:
1. Makanan tidak dihabiskan, ayam peliharaan akan mati
Yang tidak mempunyai ayam peliharaan, mungkin tidak pernah mendengar mitos ini. Saya sempat percaya dengan mitos ini karena saya lahir dan dibesarkan di kampung. Wong Wonogiri gitu.
2. Bisulan jika duduk di atas bantal
Entah bagaimana awalnya hingga muncul mitos ini. Mungkin karena kurang sopan kali ya (bantal dipakai di kepala, bukan di pantat).
3. Melangkahi seseorang sama dengan hutang darah
Mitos ini juga tidak kalah absurd dengan mitos-mitos di atas. Bagaimana bisa, hanya dengan melangkahi, seseorang bisa dinyatakan berhutang darah kepada yang dilangkahi? Lagi-lagi, ini karena kesopanan. Seseorang dirasa kurang pantas melangkahi orang lain. Apalagi usianya lebih muda dari yang dilangkahi.
4. Meniup rautan pensil akan membuatnya tidak tajam
Mitos, Mitos anak kecil, Rautan tumpul jika ditiup, Bisulan duduk di atas bantal
via: Kaskus.co.id
Sempat menjadi pertanyaan besar. Ternyata memang bisa terjadi kalau yang meniup ternyata memproduksi iler berlebih kemudian menempel ke pisau rautannya.
5. Biji jeruk bisa tumbuh dari dalam perut
Dulu saya benar-benar ketakutan ketika memakan jeruk kemudian bijinya termakan. Takut jika biji yang termakan akan tumbuh subur dalam perut, kemudian tumbuh pohon jeruk dari atas kepala. Kan nggak macho banget.
6. Kalau menyapu tidak bersih, suaminya nanti brewokan (mitos buat perempuan)
Karena kakak saya perempuan, saya sering mendengar 'ancaman' ini. Seperti mitos-mitos yang lain, mitos ini pun tidak kalah ditakuti oleh anak-anak. Mungkin jika anak perempuan sekarang mendengar mitos ini, mereka tidak akan takut, tetapi malah senang. Karena dia tahu akan mendapatkan suami brewokan seperti ini:
Mitos, Mitos anak kecil, Rautan tumpul jika ditiup, Bisulan duduk di atas bantal
Via: pinterest.com
Pernah mengalami salah satunya? Atau ada yang mau menambahkan?


45 komentar

point 2,3 dan 5 pernah dengar juga,terus katanya kalau nyapu malam gak boleh di keluarin karena termasuk membuang rezeki :)

Wah, ada gitu ya? Baru tau..

Wkwkwk... mitos terakhir ama potonya sih mau saja kalo brewokan tapi macho hikhik

Iya beneran tu, jangan meniup peraut pensil nanti tidak tajam lagi.....kalau di pikir2 apa hubungannya ya?

Sumpah gue percaya banget kalo biji bisa tumbuh di dalem perut. Dulu sampe nangis-nangis hahaha
Yang nomor satu, kalo gue dengernya nanti nasinya nangis wahahaha

Haha, namanya juga mitos gan, belum tentu benar. tapi kadang diyakini :D

Dulu gw sempet percaya sama yang ini ---> 5. Biji jeruk bisa tumbuh dari dalam perut
walhasil gw jadi takut makan jeruk

Gila!!!
Ternyata aku sebegitu begonya di bohongin sama ibuku. Udah segede ini kalau inget pas di omongin itu semua malah jadi kesel sendiri.
Dulu percaya-percaya aja lgi sama omongan kayak gini.
Jadi nostalgia masa-masa kanak-kanak. Tapi untungnya istriku gak berowokan Bro, soalnaya dulu aku gak bisa bersih mengkilap nyapunya. *Bersyukur..

Aduh Bro...
Kita sama-sama kelihatan bego kalau inget jaman kita kecil *Kita?

gue selalu diingetin sama emak gue yang nomor 6 :D

Masih banyak yang percaya, tuh.

Haha. Kayaknya emang semua anak-anak percaya, deh.

Yandi: itu namanya bijiphobia.

Haris & Yandi: ini mas Haris yang ngaku lho, ya. :D

Jaman dulu belum ada video game sih, jadi nakut-nakutinnya pake mitos.

Coba sekarang, "Jangan gitu, nanti mama sita PS kamu!"

Syukur deh, istrinya ga brewok. :D

Emak kamu pasti orangnya perhatian. Mertua-able tuh.

Tepat sekaleeeeeeeeee.. waktu kecil gue ngalamin nihhh :D jadi inget duhh mueheh

kalau makan tidak habis dulunya pernah dibilang kucing yang mati go...terus kalau duduk dibantal bisulan dan jangan makan didepan pintu, nanti lambat jodoh katanya...ternyata semua mengajarkan etika bro....yang jelas kalau duduk di atas bantal itu gak bagus, apalagi kalau sempat mencret kan, terus kalau makan didepan pintu, maka orang lewat susah, sedang kalau makan gak habis, sayang nasinya dan dibilang juga nanti nasinya nangis dan gak mau datang lagi...muantab kan orang tua kita, sampai sekarang ternyata beberapa petuah atau pamali yang sampai sekarang masih dipercaya adalah untuk mengajarkan etika dalam kehidupan dan pergaulan kita....ok menarik dan mengingatkan sama kenangan dulu...#muantab

Kalo anak zaman dulu sih masih nurut aja apa yg di katakan ortu, Walaupun sampai akhirnya sudah gede baru tau, kalo ini hanya mitos.

Nah kalo anak sekarang kyaknya sudah tidak ada yg percaya..

Wha, kalau ditempat saya, yang nomer 3 mitosnya bisa bikin susah tumbuh tinggi, hehe

kalo yang pensil yang masih saya inget, katanya gak boleh diraut bolak balik (bagian atas bagian bawah) hehehehe

Ambil sisi positifnya aja Mas Haris, semua yang dikatakan orang tua tujuannya bermaksud baik kan, salah satu contoh misalnya, dulu orang tua suka bilang "jangan duduk di pintu takut jodohnya jauh"...maksudnya kan kurang baik kalo kita duduk disitu takut ada yang mau lewat jadi kalingin hehehe....

Hahahhaha sumpah ngakak aku bacanya. Yang barusan kmu paparin di atas bener semua. IYA BENER KARENA KITA ORANG WONOGIRI yg sudah terhipnotis sama mitos begituan hahahaha
dari poin pertama sampe terakhir parahnya aku percaya semua hahaha
secara orang-orang di kampungku mendoktrin tersebut.
Kalau gak habis makannya, ayamnya mati. kalau langkahin orang sama juga hutang darah, kalo dudukin bantal tar bisulan, aduuuh jadi kangen Wonogiri

Kalo yang rautan pensil di tiup itu bener bro bakalan jadi tumpul, itu udah ada yang meneliti kok, dan hasilnya benar. Kalo gak percaya coba cari deh artikelnya.

Kita? coba diralat...
gw sih enggak bego, cuma temen2 gw aja yang pinternya over dosis

Aku juga ngalamin kecuali nomer 1 dan 4. \:D/
Itu yang nomer 5 asli true story banget -____-

Ada juga mitos kalo nyukur alis sampai botak bisa lihat makhluk halus. Wallahu 'alam.

Benar mbah Dinan, setiap oranv tua pasti menginginkan anaknya nurut dan beretika. Meskipun caranya mungkin kurang tepat.

Soalnya yang atas buat penghapus.

Haha, iya.
Karena kita sama-sama dari Wonogiri. Hahaha.

Iya, banyak yang sepakat dengan poin 5.

Wah iya.. Ini ketinggalan.
Pernah denger juga yang ini..

Pernah dongs.. Makanya aku jadi ngga sukak nyapu gegara ngga sukak sama cowok bewokan. Hih!

yang saya inget, kalau pipis dijalan atau dimana pun, intinya di sembarang tempat, bukan di wc ya,, bekas pipisnya harus diludahin terus dilangkahin soalnya, kalau ada laki-laki yang melangkahi nanti bisa hamil,, saya dulu percaya sama yang kaya gini, hahah

Ahaha bener juga ini. :)
Semuanya gue pernah denger. Mitos gunting kuku malem-malem nanti kukunya diambil kuntilanak. Keluar magrib-magrib diambil wewe gombel toge pasar.

wahaha.. baru tau yang begini

yang duduk di atas bantal bisa bisulan juga sering tuh..

Trus makan kelapa parut ntr cacingan. Sumpah gara-gara dibilang gitu, ampe skr aku ga doyan makanan berbau kelapa, kecuali kelapa muda. Biskuit roma kelapa pun termasuk yang aku ga suka sejak dibilang gitu ;p

Trus duduk di depan pintu bikin lama jodoh ;p

kalo makanan ga diabisin, ntar dia nangis dan bakal nyariin kita malam2. hahahaha, ini malah aku terusin ke anakku tiap dia ga abisin makanan -__-

Eh iya, makan kelapa parut jadi cacingan, haha..
Banyak juga ya mitos-mitos gitu

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon