Enam Mitos yang Dipercaya Semasa Anak-anak

Semua orang pernah mengalami masa kecil. Entah masa kecilnya bahagia atau tidak, pasti pernah mempercayai suatu mitos. Biasanya, mitos ini sangat ditakuti oleh anak-anak, termasuk saya dulu.

Ketika sudah besar dan tambah pintar, saya jadi tahu, ternyata mitos ini sekedar untuk menakut-nakuti anak agar menuruti perkataan orang tua. Berikut 6 mitos versi on the spot yang sempat saya percaya:
1. Makanan tidak dihabiskan, ayam peliharaan akan mati
Yang tidak mempunyai ayam peliharaan, mungkin tidak pernah mendengar mitos ini. Saya sempat percaya dengan mitos ini karena saya lahir dan dibesarkan di kampung. Wong Wonogiri gitu.
2. Bisulan jika duduk di atas bantal
Entah bagaimana awalnya hingga muncul mitos ini. Mungkin karena kurang sopan kali ya (bantal dipakai di kepala, bukan di pantat).
3. Melangkahi seseorang sama dengan hutang darah
Mitos ini juga tidak kalah absurd dengan mitos-mitos di atas. Bagaimana bisa, hanya dengan melangkahi, seseorang bisa dinyatakan berhutang darah kepada yang dilangkahi? Lagi-lagi, ini karena kesopanan. Seseorang dirasa kurang pantas melangkahi orang lain. Apalagi usianya lebih muda dari yang dilangkahi.
4. Meniup rautan pensil akan membuatnya tidak tajam
Mitos, Mitos anak kecil, Rautan tumpul jika ditiup, Bisulan duduk di atas bantal
via: Kaskus.co.id
Sempat menjadi pertanyaan besar. Ternyata memang bisa terjadi kalau yang meniup ternyata memproduksi iler berlebih kemudian menempel ke pisau rautannya.
5. Biji jeruk bisa tumbuh dari dalam perut
Dulu saya benar-benar ketakutan ketika memakan jeruk kemudian bijinya termakan. Takut jika biji yang termakan akan tumbuh subur dalam perut, kemudian tumbuh pohon jeruk dari atas kepala. Kan nggak macho banget.
6. Kalau menyapu tidak bersih, suaminya nanti brewokan (mitos buat perempuan)
Karena kakak saya perempuan, saya sering mendengar 'ancaman' ini. Seperti mitos-mitos yang lain, mitos ini pun tidak kalah ditakuti oleh anak-anak. Mungkin jika anak perempuan sekarang mendengar mitos ini, mereka tidak akan takut, tetapi malah senang. Karena dia tahu akan mendapatkan suami brewokan seperti ini:
Mitos, Mitos anak kecil, Rautan tumpul jika ditiup, Bisulan duduk di atas bantal
Via: pinterest.com
Pernah mengalami salah satunya? Atau ada yang mau menambahkan?