Akibat Menjadi Penyusup

Nggak pernah nyangka, akhirnya saya menjadi seorang penyusup. Bukan penyusup di acara kondangan gitu, bukan. Tapi acara sosialisasi tentang perpajakan di kantor pajak Kalideres, Jakarta Barat.

Kejadian bersejarah ini terjadi pada hari Jumat, 27 Februari lalu.

Jadi, ceritanya saya nganter kakak perempuan buat menghadiri sosialisasi pajak itu. Doi salah satu dari puluhan undangan yang hadir. Niat saya sih, nganter doang. Cuma kan bikin bosen nungguin hal yang nggak-jelas-kapan-kelarnya kayak gitu. Apa lagi waktu itu HP udah lowbat, nggak bisa main HP sambil nungguin. Jadi saya ikut masuk ruang sosialisasi. Lumayan kan dapat snack.

Penyusup, GSosialisasi Pajak, Cerita
penyusup via samsunggalaxy.info

Btw, saya satu-satunya peserta yang pakai sandal. Gembel banget. Padahal peserta lain kebanyakan paka sepatu formal.

Karena emang nggak niat ikut sosialisasi ini, saya lebih asik main HP... dan mencicipi snack yang dikasih. Nggak berapa lama, HP mati karena batre abis. Kampret banget, deh. Terpaksa dengerin bapak-bapak berkepala kotak pakai kaca mata menyampaikan materi presentasinya. Sekilas yang saya dengerin, katanya 80% APBN kita berasal dari pajak. Bahas lalala-yeyeyenya perpajakan juga. Intinya sih, kita disuruh bayar pajak sesuai ketentuan seperti yang mereka presentasikan itu.

Presentasi sekitar 15 menit, dan sampailah di sesi tanya jawab. Yang saya perhatikan sih, kebanyakan nanya-nanya tentang pajak pembelian mobil dan apartemen gitu. Di situ kadang saya merasa risih.

Ternyata setiap penanya dikasih doorprize. Tau gitu, saya ikut nanya juga, "Ini kapan kelarnya, ya?"

Setelah hampir dua jam, selesai juga acaranya. Lega banget. Pulangnya beli duren, buat oleh-oleh. Oleh-oleh buat kami berdua (saya dan kakak) sih, sebenernya. Karena kedua orang tua saya kurang suka makan duren.

Nggak kayak biasanya, ini habis makan duren kok jadi ngantuk, ya? Ya udah lah, bikin kopi biar mata melek. Habis minum kopi, tiba-tiba perut nggak enak banget. Kembung dan bersendawa terus. Eh, besoknya langsung kena the enter wind alias masuk angin.

Entah karena reaksi antara kopi dan duren, atau akibat karena kemarin menjadi penyusup di kantor pajak.

Umm... Ada yang pernah makan duren trus minum kopi juga nggak?