Sebongkah Batu Pancawarna Ditemukan di Wonogiri

Sebongkah batu mulia diduga batu pancawarna ditemukan di Desa Sempukerep Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Batu ini ditemukan oleh seorang nenek ketika beliau sedang ngarit (mencari rumput untuk pakan ternak .red) di sekitar dusun Ketangi. Nenek lima cucu ini mengaku menemukan batu seberat lebih dari 100kg ini sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

"Mangesuk lho jam 09.00, pas aku ngarit kok ngerti watu koyo sing digoleki Muji karo Pri ndisik. Yo wis, langsung tak follow up nyang Parmo," ujar nenek dari Renggo Pranoto (yang tak lain dan tak bukan adalah pemilik blog ini), seperti dilansir dari percakapan via telepon hari Senin (30/03/2015).

Sekedar informasi, Muji adalah putra dari nenek berusia sekitar 70 tahun ini. Dia adalah satu dari dua anak laki-lakinya yang kebetulan sama-sama hobi (sekedar hobi saja, tidak mencapai level gila) mengoleksi batu akik. Ini salah satu alasan kenapa akhir-akhir ini beliau menjadi lebih concern terhadap bebatuan. Sedangkan Parmo adalah kepala desa setempat.

Sempat beredar foto yang disinyalir sebagai penampakan batu mulia ini di Blackberry Messenger (BBM)

batu pancawarna, batu akik, sempukerep, wonogiri

Namun, pengakuan mengejutkan datang dari salah satu sumber yang sangat dapat dipercaya. Sumber yang tidak mau disebut namanya ini berinisial JPG. JPG mengungkapkan jika foto yang sempat beredar di BBM itu adalah foto palsu alias hoax. Dia berani menjamin karena mengaku sempat melihat batu yang dimaksud sangat berbeda dengan foto yang beredar.

"Kui foto mbuh ko ngendi. Iki lho, aku duwe fotone," ungkapnya via BBM sembari bermain Clash of Clans. Beruntung, kami berhasil mendapatkan foto hasil jepretan dari JPG. Berikut penampakannya:

batu pancawarna, batu akik, sempukerep, wonogiri


Meski kemungkinan batu ini adalah batu pancawarna semakin kecil, namun sebagian orang memperkirakan jika batu ini mempunyai nilai jual hingga ratusan juta rupiah.