Cara Agar Blog Kamu Tidak di-Copas

Blog kamu pernah di-copas orang lain nggak? Saya sih nggak pernah (atau belum). Dan kayaknya nggak bakal ada yang copas blog ini deh, haha. Kalau pun ada yang meng-copas, kayaknya saya nggak sedih, kesel atau marah, tapi justru sebaliknya. Saya sih berpikiran kalau tulisan seseorang dijiplak, artinya tulisan itu memang mempunyai nilai lebih. 

Sebagian dari kamu mungkin tidak setuju dengan pendapat saya di atas. Wajar sih, karena membuat tulisan yang bagus memang sesuatu yang tidak mudah. Saya mengakui itu. Terbukti dari tulisan-tulisan di blog ini yang nggak ada bagus-bagusnya, haha.

Saya sempat coba menelusuri bagaimana cara agar blog tidak di-copas orang lain. Tentu saja mencari cara paling sederhana. Browsing sana-sini, ternyata cukup banyak yang membuat tips bagaimana agar blog tidak di-copas. Salah satunya dengan cara menon-aktifkan klik kanan. Saya sempat iseng (benar-benar iseng karena tidak yakin bakal ada yang copas blog ini) memasang kode anti copas ini. Gampang kok cara masangnya, cuma nambah elemen html di gadget (side bar) seperti biasa.

menonaktifkan klik kanan

Setelah terpasang, saya mencoba apakah tips ini berhasil atau tidak. Memang ketika saya klik kanan, muncul pop up bertuliskan peringatan dilarang copas (peringatan ini bisa diganti dari elemen html yang ditambahkan). Artinya klik kanan memang tidak berfungsi sama sekali ketika browser membuka halaman blog saya. Tapi, ketik saya coba copas menggunakan keybord (Ctrl+C & Ctrl+V) ternyata masih bisa.

Ya sama aja bohong.

Oke, mungkin cara disable klik kanan ini kurang efektif untuk mencegah copas. Buat yang sudah menerapkan anticopas (dan efektif), saya mau nanya dong: Gimana sih cara agar blog kamu tidak bisa di-copas?

PS: Mudah-mudahan nggak ada yang kesasar ke blog ini menggunakan keyword 'cara agar blog tidak di-copas'

43 komentar

pakai css anti copas untuk post-body

E jangan sampe di share dong cara biae nggak bisa di copas . ,
sebagai pelajar, jika fitur ini di non aktifkan, niscaya gue bakal kesulitan . .

ini yang saya cari, terimakasih nanti saya coba :)

WAKAKAKA KEREN-KEREN GAN, SEKARANG MODEL KOPAS ITU BISA DI LAKUKAN OLEH SIAPA SAJA, BAHKAN BLOG PUN RATA2 BISA MENGGUNAKAN BERBAGAI CARA DENGAN KOPAS, JIKA PAKE CSS BISA DI MATIKAN JAVA SRIPTNYA, DENGAN MUDAH BISA KOPAS, BIAR DIKOPAS GAK APA2 KAN GOOGLE ADIL,PEACE

CSS MUDAH DIAKALI MAS,HEHEHEHE

tapi masih bisa diakali oleh para copaser, biarin aja. orang yang suka copas juga nantinya paling di banned atau ga terindex..

saya pernah sih dicopas, nyess aja gitu di hatinya. pernah pake anti klik kanan dan ternyata pas inet lemot dan loadingnya lama, klik kanannya bisa berfungsi. terus pake lagi anti ngblok artikel, karena ganti template jadi ilang dah tuh script dan males nyari lagi, sekarang mah pasraaaaah aja.
tapi paling ngeselin sih ama auto blog sama agc, yang nyuri artikel lewat rss secara otomatis -,-

Ada ya Pasien Gaul :))

Mas Purnama sepertinya mastah nih. :D

Iya, saya paham. Saya pernah di posisi kamu. :))

Iya mas, Google selalu memperbarui algoritmanya. Jadi ga perlu khawatir artikel di-copas sembarangan. Gitu kan, ya?

Pernah di-copas? Gitu ya rasanya, nyess.. Hehe
Eh, bisa ya nyuri artikel via rss? Baru tau..

dikopas abis sih gapapa ya menurut aku asalkan masih di cantumin sumbernya. Tapi kalau engga dicantumin sumbernya siap siap sajalah dicap sebagai copaser biadab =))

Njirrr gue kirain mau kasih solusi biar blog nggak dicopy paste yang bombastis. Ternyata malah tanya. Hahaha

tak coba dulu, Nggo.

Setelah terpasang, saya mencoba apakah tips ini berhasil atau tidak. Memang ketika saya klik kanan, muncul pop up bertuliskan peringatan dilarang copas (peringatan ini bisa diganti dari elemen html yang ditambahkan). Artinya klik kanan memang tidak berfungsi sama sekali ketika browser membuka halaman blog saya. Tapi, ketik saya coba copas menggunakan keybord (Ctrl+C & Ctrl+V) ternyata masih bisa.

itu bisa dikopas, aku pake klik kanan itu loh. O_o geu pernah nyoba antikopas, tapi tetep aja masih bisa dikopas kalo dimatikan js snya. ujung-ujungnya pake sistem doa kepada yang kuasa aja deh.

Dulu Haw, sekarang mah gak pake.
Ini salah satu trik biar komentarnya panjang, hehe.

Iya Haw, sistem yang tak diragukan lagi.

Hahahaha ini mah pasti tetep keluar di google atuh pas dicari pake keyword begini. Ealah pas dibuka ternyata yang bikin postingan juga malah balik nanya. Hahahaha

Kalo Tulisan'a ga mau dicopas 100% berhasil
Bkin tulisan dulu, klo dah beres semua'a preview post'a trus SS (screen shot) deh jdiin format Gambar
100% Ga bisa di copas kecuali di ketik manual :D

Apa ya.. Kalok aku uda bukak anti klik kanannya, soalnya banyak yang protes ngga bisa baca postingan banyak-banyak.. :P Paling ngga bisa diblok aja sih tulisannya..

Wkwkwkw gapapa lah dicopas, itu artinya tulisan ente bagus beroh

Baru kemaren mau kopas proposal dari blog orang buat tugas kulihe tuh, tapi kampret ga bisa di kopas. hahaha

Iya Beb, disable klik kanan banyak ruginya.

Iya. Makanya gue bilang seneng kan kalo ada yang copas.

saya kira mas ini mau berbagi caranya gitu eh ternyata malah nanya juga :D

Pageview jadi berkuraaaang :'

Kayanya gue kesasar nih, kalo lo nanya biar ga di-copas, terus gue mau nanya ama siapa -_- boleh juga keywordnya ya nyebelin wkwk..

Simpel sih, kalau ga mau dicopas ya jangan nulis.
Kalau saya mah sih justru bangga ada yg copas, dan ga keberatan. Ya saya juga sering nonton film bajakan, puter lagu bajakan, dan pake OS sama software bajakan. Jadi ya ngapain ngelindungi hak cipta tulisan kita, kalau kita sendiri ga ngehargain hak cipta orang lain.

hahahahaha..
dah srius2 baca sampai akhir..
salam sukses bang.. d tunggu knjungan balik nya
http://imooat.blogspot.com/

Blogku sih pake anti copas ya... tapiii kalo msh ada jg yg bisa mengcopasnya, huehehehe, ya udh biarin aja :D.. Yg prnh baca blogku jg pasti tau itu copasan... ;p

Haha..
Tapi masih belum bisa bersaing di papan atas google search

Kita sepemikiran. Makanya saya tulis justru seneng kalo ada yamg copas. Seakan2 tulisan kita bagus.

Sebenernya boleh aja dikopas kalo dikasih sumber nya ,, bukan begitu??

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon