Cara Agar Blog Kamu Tidak di-Copas

Blog kamu pernah di-copas orang lain nggak? Saya sih nggak pernah (atau belum). Dan kayaknya nggak bakal ada yang copas blog ini deh, haha. Kalau pun ada yang meng-copas, kayaknya saya nggak sedih, kesel atau marah, tapi justru sebaliknya. Saya sih berpikiran kalau tulisan seseorang dijiplak, artinya tulisan itu memang mempunyai nilai lebih. 

Sebagian dari kamu mungkin tidak setuju dengan pendapat saya di atas. Wajar sih, karena membuat tulisan yang bagus memang sesuatu yang tidak mudah. Saya mengakui itu. Terbukti dari tulisan-tulisan di blog ini yang nggak ada bagus-bagusnya, haha.

Saya sempat coba menelusuri bagaimana cara agar blog tidak di-copas orang lain. Tentu saja mencari cara paling sederhana. Browsing sana-sini, ternyata cukup banyak yang membuat tips bagaimana agar blog tidak di-copas. Salah satunya dengan cara menon-aktifkan klik kanan. Saya sempat iseng (benar-benar iseng karena tidak yakin bakal ada yang copas blog ini) memasang kode anti copas ini. Gampang kok cara masangnya, cuma nambah elemen html di gadget (side bar) seperti biasa.

menonaktifkan klik kanan

Setelah terpasang, saya mencoba apakah tips ini berhasil atau tidak. Memang ketika saya klik kanan, muncul pop up bertuliskan peringatan dilarang copas (peringatan ini bisa diganti dari elemen html yang ditambahkan). Artinya klik kanan memang tidak berfungsi sama sekali ketika browser membuka halaman blog saya. Tapi, ketik saya coba copas menggunakan keybord (Ctrl+C & Ctrl+V) ternyata masih bisa.

Ya sama aja bohong.

Oke, mungkin cara disable klik kanan ini kurang efektif untuk mencegah copas. Buat yang sudah menerapkan anticopas (dan efektif), saya mau nanya dong: Gimana sih cara agar blog kamu tidak bisa di-copas?

PS: Mudah-mudahan nggak ada yang kesasar ke blog ini menggunakan keyword 'cara agar blog tidak di-copas'