Cara Agar Blog Kamu Mendapatkan Tawaran Job Review

Halo, blogger!

Sebagai blogger, tentu kita senang jika blog yang kita kelola mendapatkan job review, meski mungkin tujuan utama menekuni dunia blogging bukan untuk itu.

Sepertinya ada beberapa tipe blogger. Pertama, blogger yang memang berorientasi pada hasil (maksudnya uang). Ke dua, blogger yang memakai blog sebagai batu loncatan untuk menjadi penulis, bisa disebut untuk melatih kemampuan menulis. Ke tiga, blogger personal yang menulis tentang kehidupan sehari-harinya, alias sebagai diary online.

Dari ketiga tipe blogger di atas, mungkin saya termasuk tipe yang terakhir; blogger personal. Karena menurut saya, cara ngeblog paling mudah adalah dengan menuliskan kejadian-kejadian yang pernah dialami.

Jujur, tujuan awal saya membuat blog adalah untuk mendapatkan uang. Setelah beberapa bulan berjalan, saya baru tahu, ternyata mendapatkan uang dari blog bukan sesuatu yang mudah. Perlu ketekunan, keuletan dan konsistensi.

Salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang saya tahu (dan juga saya tawarkan melalui blog ini) adalah dengan menerima job review.

Ketika mendapatkan tawaran job review pertama kali, Alexa rank renggostarr.com ada di peringkat 600ribuan. Karena memang waktu itu saya sedang giat-giatnya menulis. Kalau kamu pengen peringkat Alexa cepet langsing, coba posting artikelnya lebih giat.  Misal seminggu tiga kali posting.

Apa itu job review? Cara mendapatkan job review. Syarat blog untuk job review. Pengalaman mendapatkan job review.
Ilustrasi blogger via viva.co.id

Nah, berikut ini setidaknya ada 4 hal yang saya lakukan, sehingga saya mendapatkan tawaran job review atau sekedar article placement.

Menggunakan Top Level Domain
Memang tidak mutlak harus menggunakan Top Level Domain (TLD). Namun, menurut pengalaman blogger yang pernah mendapatkan job review, pihak pengiklan (advertiser) kadang membuat syarat blog harus sudah dengan domain yang sudah TLD daripada domain gratisan semacam blogspot atau wordpress.

Meningkatkan Traffic Blog
Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan traffic blog. Di antaranya dengan melakukan optimasi pada blog. Meskipun blog yang dikelola adalah blog personal, ada baiknya menerapkan tips ini. Karena pada dasarnya, setiap blogger pasti ingin tulisannya dibaca banyak orang. Optimasi ini bisa mendatangkan pembaca melalui mesin pencari. Dengan demikian, secara otomatis traffic blog akan meningkat.

Memperbanyak Backlink Berkualitas
Salah satu tujuan memperbanyak backlink adalah agar Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) blog meningkat. Biasanya, blog mendapatkan tawaran job review setelah keduanya mencapai angka di atas 20. DA dan PA bisa dicek di sini.

Membuat Halaman Khusus Tentang Job Review
Halaman khusus yang saya maksud adalah halaman yang berisi tentang informasi blog (misalnya peringkat alexa, page rank dll), harga yang ditawarkan dan kontak yang bisa dihubungi. Seperti misalnya halaman Layanan pada blog ini.

Itulah empat hal yang mungkin saja bisa kamu terapkan agar mendapatkan tawaran job review. Contoh job review blog ini bisa dilihat pada Kategori Sponsored Post.

Semoga bermanfaat.