Blogging atau ngeblog bisa dikatakan sebagai pelampiasan pada hasrat untuk menulis. Ada yang menganggapnya hobi, ada juga yang berprofesi pada bidang ini. Bagi yang hobi ngeblog atau menulis, tentu senang jika mendapatkan job review atau artikel pesanan, karena pada dasarnya kegiatan untuk hanya untuk menyalurkan hobi semata.

Menurut saya pribadi, blogger sendiri ada 3 tipe; Pertama, blogger yang memang berorientasi pada hasil (maksudnya uang). Ke dua, blogger yang memakai blog sebagai batu loncatan untuk menjadi penulis, bisa disebut untuk melatih kemampuan menulis. Ke tiga, blogger personal yang menulis tentang kehidupan sehari-harinya, atau sebagai diary online.

Saya sendiri termasuk tipe yang terakhir; blogger personal. Karena menurut saya, cara ngeblog paling mudah adalah dengan menuliskan kejadian-kejadian yang pernah dialami. Dan saya tidak memprioritaskan uang dari ngeblog. Dapat ya syukur, nggak dapet ya udah. Hehe.

Tapi, jujur saja, tujuan awal saya membuat blog adalah untuk mendapatkan uang. Tak lama, saya mengurungkan niat ini karena mendapatkan uang dari blog (terutama Google Adsense) tak semudah menyeduh kopi Kapal Api sachet.

Buat kamu, terutama yang baru di dunia blog dan pengen mendapatkan uang jajan, bisa dicoba tips berikut ini. (Buat mastah sebaiknya minggir dulu)

Apa itu job review? Cara mendapatkan job review. Syarat blog untuk job review. Pengalaman mendapatkan job review.
Ilustrasi blogger via viva.co.id

Nah, berikut ini setidaknya ada 6 hal yang saya lakukan, sehingga saya mendapatkan tawaran job review atau sekedar article placement.

Umur Blog
Client memberikan syarat setidaknya blog sudah berumur 3 bulan. Karena umur blog sedikit banyak berpengaruh pada trafik, yang akan berimbas langsung kepada calon client.

Menggunakan Top Level Domain
Memang tidak mutlak harus menggunakan Top Level Domain (TLD). Namun, menurut pengalaman blogger yang pernah mendapatkan job review, pihak pengiklan (advertiser) kadang membuat syarat blog harus sudah dengan domain yang sudah TLD daripada domain gratisan semacam blogspot atau wordpress.

Meningkatkan Traffic Blog
Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan traffic blog. Di antaranya dengan melakukan optimasi pada blog (misalnya menggunakan template yang ringan). Meskipun blog yang dikelola adalah blog personal, ada baiknya menerapkan tips ini. Karena pada dasarnya, setiap blogger pasti ingin tulisannya dibaca banyak orang. Optimasi ini bisa mendatangkan pembaca melalui mesin pencari. Dengan demikian, secara otomatis traffic blog akan meningkat.

Memperbanyak Backlink Berkualitas
Salah satu tujuan memperbanyak backlink adalah agar Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) blog meningkat. Biasanya, blog mendapatkan tawaran job review setelah keduanya mencapai angka di atas 20. DA dan PA bisa dicek di sini.

Membuat Halaman Khusus Tentang Job Review
Halaman khusus yang saya maksud adalah halaman yang berisi tentang informasi blog (misalnya peringkat alexa, page rank dll), harga yang ditawarkan dan kontak yang bisa dihubungi. Seperti misalnya halaman Layanan pada blog ini.

Bergabung dengan Grup Blogger
Bergabung dengan komunitas blog tidak hanya sebagai ajang silaturahmi, tetapi juga berpotensi mendapatkan keuntungan finansial. Saya sendiri bergabung di Group Facebook bernama Job Untuk Blogger. Group ini bersifat tertutup, jadi berdoa saja di-approve setelah klik Join.

Itulah beberapa hal yang mungkin saja bisa kamu terapkan agar mendapatkan tawaran job review. Contoh job review blog ini bisa dilihat pada Kategori Sponsored Post.

Semoga bermanfaat.


96 komentar

aku justru srgnya nulis review duluan, trs aku forward k restoran ato hotel yg aku review, eh trs dikasih reward ;p..Ga semua sih memang... apalagi kalo reviewnya negatif wkwkwkwkw ;p Tapi aku emg udh komit, apa yg aku tulis ga bkl bertentangan ama yg aku rasa... jd aku ga mau didikte... :) krn tujuan blogku emg bukan utk cari duit mas :D.. Ini hnya utk nulis pengalaman kuliner dan travelingku spy ga lupa ;)

lumayan juga kalo dapet job review, minimal dapet tambahan buat beli pulsa, apalgi kalo sering bisa beli rumah.. :)

makasih tipsnya

wah jadi pengen nih dapet job review. hehee semoga menang ya lombanya..

oke, slama ini ishmah ga pernah menekuni blogging bagian review-mereiew deh.... nampaknya harus ishmah cari tahu lebih lanjut..

btw, salam kenal dan followed, ya sob :)

Biasanya dapet reward berap mbak Fanny? Bisikin dong *nyodorin kuping*

Iya sih, ngeblog emang harus sesuai passion, jadi ga berasa tertekan. Eh, gitu bukan sih? Haha.

Hahaha.. Iya mas, enak banget kalo sampai bisa buat beli rumah.

Sama-sama. Ini tips dari berbagai sumber mas.

Aamiin mas Budi, terima kasih. :)

Oke mbak, salam kenal juga.

Makasih yaa^^
Tunggu feedback dari saya.

Kunjungan balasan Mas Renggo, dari ane Insan obrolbatu.com.
Uwwiiihh cakeepp, ada kontes blog topik giniaan. Ane ikut juga aahh, kebetulan punya blog dgn niche karir niiih: tipskarir.com.
Saya berdoa semoga kita berdua lolos jd pemenang yaaahh :D

Asik hobi nulis bisa dapetin uang jajan.
Aku malah belum pernah dapet job review.
Kalau ngomong pendapatan lewat blog emang susah banget Nggo. Ampe keringetan belum dapet apa-apa. Ya itulah susah senangnya main blog.

Good luck ea..

Bayaran job review itu gede ngga bang renggo? :D

kayaknya ampuh juga gan, makasih infonya :)

Iya mbak, terimakasih sudah berkunjung balik.
Aamiin

Ngeblog buat ngikutin passion aja, pak. Nanti pendapatannya ngikutin. *sostoy*

Tergantung kemampuan menawar dan kualitas blog kayaknya, hehe.

Ampuh, kayak keris Empu Gandring. :))

wah keren ya bisa dapet job review, hobi sekaligus dapat bayaran , kayanya seru

kalau saya sendiri nggak pinter soal nulis-nulis riview mas,makanya saya gak pernah ikutan kalau diundang ngeriview :D

Gue belum pernah dapet ginian nih . . Alexa di peringkat 800rb, masih belum layak ya emang . .??
Padahal pengen banget . . :((

waah lumayan yah kalau bisa dapat job review bisa nambah uang jajan :D

gitu ya mas jadi harus pake TLD, padahal blog saya masih gratisan tapi menyediakan jasa review....musti cepat beralih ni

Hobi yang dibayar. Enak ya? Kayak pemain bola. :D

Wah, sayang banget. Lumayan buat beliin susu anak mas. XD

Parameternya bukan alexa rank doang.
Gue juga baru dapet sekali, bro. :(

Optional mas. Kalo blog gratisannya udah bagus, sayang sih kalo ganyi domain. :D

seru ya kayaknya job review, tapi sayangnya gue gak konsisten kalo ngeblog..

memang menarik juga kalau kita membahas masalah review produk, kadang bisa semangat ngeblognya kalau udah ada tawaran review...bisa nambah uang belanja. ok makasih infonya mas renggo. salam sahabat blogger.

Mantab jika dapet job review mas?

Iya..
Ayo dong, konsisten ngeblognya

saya masih baru diblog, banyak hal yang belom saya ketauhi, sehingga blog saya belom berkembang, dan setelah baca artikel ini saya mulai faham sedikit2 dan Alhamdulillah ilmu saya bertambah, terima kasih ya agan renggo, bagi yang mau berbagi monggo mampir ke blog saya. dan mohon masukan dan bantuannya. terimakasih

ibarat pepatah, sambil menyelam kelelep ya begitu, kita suka nulis, suka bercerita curhat, eh ada temen om atau siapapun ngelirik yang punya produk, di suruh review terus di endorse kan keren. pastinya kalo mau begitu harus konsisten dulu dalam menulis dan ngeblog, jangan harap kalo jarang nulis, jarang ngeblog, mau dapet job re-view huh kemungkinannya kecil, kecuali dia lagi hoki :D hehe

Memang asyik ya mas, berawal dari menyakurkan hobi trus bisa dapet job di media ini :)

asyik juga ya ternyata pengen deh jadinya

Terakhir saya pernah ditawarin job review di salah satu toko online Zalo*ra lewat email
Kalo review bagus, saya akan dikasih voucher belanja 100k
Tapi saya gak sempat nge-review, al hasil gak dapet voucher belanja deh ;'(
Untuk mendapatkan job review ada 2 macam, pertama nunggu tawaran, kedua ngajuin diri. hehe

Hmm, aku masih angin-anginan sih ya, kadang kalau ada yang nawarin diterima, kadang malah kelupaan. Tapi yang pasti aku cuma menerima yang produk/jasanya aku suka saja, supaya nanti reviewnya tulus dari hati, hihihi. Mungkin kalau tips dari aku, managerku sediakan portfolio, jadi kalau ada yang tanya soal rate, dll tinggal kirim saja. Di situ isinya sudah lengkap, termasuk range tarif blognya. Kita juga harus kenali blog kita, hitung-hitung saja pakai feeling (ini jangan ditiru, aku mah suka angin-anginan, hehehe) dengan jumlah viewers yang dimiliki berapa tarif yang pantas . Tapi harus fleskibel juga, kalau perusahaan kecil aku biasanya kasih diskon untuk membantu promosi mereka juga, supaya lebih maju :D Makanya di portfolio aku tulisnya dari sekian sampai sekian, gak harga mati. Per review ada yang ratusan, tapi ada juga yang puluhan (jt), yang penting review lah sesuai hati, jangan karena memaksakan review sesuatu yang kita gak suka :)

Sama-sama mbah Dinan. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung. Salam sahabat blogger. :)

Saya juga masih baru, belum paham sekali ihwal review ini. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan artikel blogger lain. :)

Iya Dim, sambil menyelam kelelep, hehe.
Ini kok jadi dipanggil Om -__-

Iya mbak.. eh, mas.. eh

Nah bener juga tuh, ngajuin diri. Tapi kalau saya tulis poin ini, judul dan isi postingannya jadi tidak relevan.

Wah sabetannya banyak nih, dari adsense, job review, sampai dengan give away.

kalau ngajuin diri, ngajuinnya kemana mas? ada contohnya gak?

Saya belum punya halaman khusus untuk job review, bisa jadi tambah ilmu nih Kak. Terima kasih ya untuk sharingnya.

Waduh, pengin blog bisa menghasilkan uang. Tapi kayaknya aku harus rajin ngeblog, soalnya kalo postingnya setahun sekali nggak mungkin bisa.. :p

kayaknya untuk mendapat tawaran blog review masih jauh tapi maksaih gan jadi tambah semanagta gara2 ini artikel

Yap. Si advertiser pastinya ngga mau rugi dongs yaaaa ngeluarin duit buat iklan, dalam hal ini ngasih job review buat para blogger. Mereka bakalan nyelidikin seberapa pengaruhnya si blogger bagi pangsa pasar :D

Blog gue mah apa atuh, sepi pengunjung. Dapet job review sekali doang. Dua kali, sih, cuma yang satu lagi ribet. Jadi nggak gue ambil. Nyesel nolak rezeki. Sekarang nggak ada job review lagi. Pfftttt. :(

Sjujurnya q blum begitu paham domain tld

blog saya yg cuma platform blogspot gratisan bisa dapet job review karena memang di dalamnya sudah diisi berbagai review yang saya buat untuk berbagi pengalaman. tapi alangkah lebih baiknya beli domain sendiri :D

data roaming

pengen nyoba juga nih ... kbetulan ada beberapa blog yg memenuhi persyaratan :)
tapi tambahin info, kira2 kisaran harga u job review brapa yah?
biar gak terlalu mahal ato malah terlalu murah :)

koneksi internet

saya belum pernah nih mas, job review itu juga seperti apa, saya belum tahu.

Terima kasih atas pemaparan tentang pengalamannya, Indi. Jadi tau, ternyata ada yang sampai puluhan juta untuk jasa job review. XD

Trafik itu penting ya, Beb. :D

Tuh kan, nyesel.
Pasti dapet lagi, lo rajin banget ngeblognya. Hahaha.

Iya mbak, karena domain sendiri sepenuhnya dalam penguasaan kita. :D

Ternak blog nih kayaknya.

Kalo mau ngajuin diri, Lewat email toko yang mau direview. Kalo beruntung, Pihak toko online yang mau di review akan membalasnya

Saya banyakan dapet job review lewat tali silaturahmi, komunitas blogger maksudnya. Barusan aja dapet undangan makan malam plus amplop. Tinggal nulis laporan kapan-kapan.
Jadi cara lainnya: ikutan komunitas, mau blogger mau apa pun yg kita senangi ikuti aja. Prinsip saya mah "don't network, just make friend". Yg pasti, jangan terlalu fokus pada sisi komersilnya aja.

kalo saya belum pernah tuh dapet tawaran job review mas.hehe
masih baru juga blognya..

Yang penting tekunin ngeblog dulu, masalah job review, anggep aja bonus.

wahhh sangat mebantu buat saya yang pemula gan
beritipssehat.com
solehudincc.blogspot.com

Gitu ya bro..
Oke deh, makasih tambahannya^^

Iya mas.
Lain kali kalo komentar ga usah ninggalin link, ya. Saya usahain berkunjung balik, kok. :)

iya tpi ya sudah bagus mas, blog mas renggo sudah bagus banget itu menurut saya.

Informasinya sanagt membantu sekali gan :))
nanti coba praktekin deh

kira-kira blog saya sudah pantas mendapatkan job review belum ya mas, hehehehe

Beberapa kali dapat tawaran job review, ada yang diterima ada yang masih saya diamkan karena belum sempat ngerjain, tapi alhamdulillah sih saat ini terdaftar sebagai mitra salah satu marketplace, kerjasamanya long term jadi tiap bulan pasti ada aja penghasilan dari sana. Tapi paling enak sih content placement mas :D kita tinggal publish artikel yang dikirim pihak agency ke kita, cuma klo dari segi honor memang kalah dibanding review

blog ane kayaknya ga bisa dapet job review nih

Dapte job review emang menyenangkan apalagi harganya mahal. terakhir dpt seminggu yg lalu. mayan dh bs buat beli rujak :D
thanks mas ulasannya

terima kasih mas renggo tipsnya.
kira2 blog saya sudah pantas mendapat review blm ya
> ehpedia.com

Pengen bisa ngeriview di blog ...

Pengen bisa ngeriview di blog ...

minim PA DA 25 pasti dapet gan :D , 50 rb paling murah untuk job review :D

Tips nya oke ni bg..
Saya sama sekali belum pernah dapat job review, mana tw setelah dipratekin langsung dapat job.

Dari keempat tips diatas baru yg no satu yg sudah dilakukan.

Terima kasih tipsnya, berguna sekali buat yang baru terjun sebagai blogger

Sangat bermanfaat ni tipsnya

Ingin sekali dapat job review, tapi belum ada yang melamar hehehehehe.
Apakah karena blog saya masih jelek peringkatnya.Ataukah karena blog saya terlalu pribadi (pengalaman pribadi) bukan blog kuliner atau traveling.

keren juga nih, Renggo! Thanks for sharing yah, kapan hari ragu2 mau TLD, tapi makin kesini, emang jarang yah kl platform gratisan dpt job?

pengelaman yang sangat berharga itu gan, jadi tertarik ne dengan pengalaman agan.

salam http://www.mediablog4you.web.id/

udh brapa kali mas dapat job review?

tolong dong blog ku http://www.mediablog4you.web.id/, direkomendasikan tuk job review, hehe

ieah, sisanya buat naik haji, hehe

domain tld (top level domain), seperti web.id, dot.com dan kawan-kawannya, jadibukan blogcepot, hehe

seperti blog ku ini pakai tld mbak http://www.mediablog4you.web.id/

keren namanya ehpedia.com. kayak terinspirasi dari wikipedia.com, hehe

salam http://www.mediablog4you.web.id/

saya sedang menekuni job review

Memperbanyak Backlink Berkualitas sedang saya coba

Ulasan yang menarik dan tidak ada yang bertentangan dengan pengalaman ane. Salam blogger

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon