Efektifkah Menggoyang Kendaraan Ketika Mengisi BBM?


Jika tujuan menggoyang mobil ini agar BBM lebih cepat turun dan merata di dalam tangki, ini jelas nggak efektif. BBM atau bahan bakar minyak berbentuk cairan, sedangkan cairan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah serta menekan ke segala arah. Jadi, ketika bahan bakar masuk ke tangki, dengan sendirinya si BBM bakal menempati ruang kosong yang ada di tangki sampai penuh (kalau ngisinya penuh). Desain tangki BBM kendaraan juga nggak rumit-rumit banget, nggak banyak celah.

Tapi jujur ya, sampai sekarang saya masih sering menemui orang yang menggoyang-goyangkan kendaraannya ketika sedang mengisi bahan bakar di SPBU. Kayak kemarin, waktu berangkat kuliah. Saya sempat 'menangkap basah' bapak-bapak yang menggoyang-goyangkan sepeda motor bebeknya ketika mengisi bahan bakar. Pengen motoin, tapi nggak enak karena ada satpam SPBU di dekat saya. Takut kalau terjadi kebakaran juga sih, haha.
Di youtube, ada sebuah video kocak tentang goyang-menggoyang mobil di SPBU ini, mungkin udah banyak yang lihat. Buat yang belum, tonton deh aksi kocaknya biar nggak penasaran:


Selain di SPBU, fenomena mobil goyang kadang terjadi juga di pinggir jalan, parkiran atau bahkan di tengah jalan. Biasanya, mobil ini bergoyang karena sedang terjadi peperangan dahsyat di dalamnya. 

Kamu pernah lihat mobil goyang.. Eh, maksudnya orang goyang-goyangin mobil/motornya ketika isi BBM juga nggak?

Dominic Toretto, Fast and Furious 6
Kalau ini bukan lagi goyang-goyangin mobil ya. Ini Om Toretto lagi coba nyelametin Letty di Film Fast and Furious 6 via collider.com

65 komentar

"....terjadi peperangan dahsyat di dalamnya...."

Jadi keingat film "PK" India, hehe.

Gpp digoyangin di POM Bensin, kalau digoyangin di tempat sepi...wah gak masalah di tangkinya, tapi ada masalah di jok mobilnya

Terjadi peperangan dahsyat di dalam. I know what your mean.... Hahaha

Di spbu banyak kok, bapak gue juga penganut aliran begitu. Huehehe..... Tapi anaknya enggak kok

sifat air itu menempati ruang yang kosong jadi ga perlu lah digoyang apalagi pake goyangan ngebor segala :v

Atau jangan jangan bbm nya padat mas bukan cair makanya mesti di goyang biar padat ._.

mungkin maksudnya biar endapan kotoran jadi keaduk, nggak mengendap, tapi kalau udah dibawa ngegas juga otomatis keaduk sih ;)

Duhh . . gue sering gitu ngisi bensin trus motornya gue goyang2in . . ngga tau . . mungkin udah jadi kebiasaan aja sih . . -_-
Ternyata nggak ngaruh ya . .?? Hmmmm

haha saya juga sering nemuin yang seperti ini mas, lucu dan kayaknya gak ada guna. dan yang paling aneh lagi terkadang saya juga niru. hehee

Hahahaa....iya bener banget tuh mas, saya juga sering liat tuh di SPBU ada orang isi bensin terus kendaraannya suka digoyang-goyang gitu, tujuannya buat apa ya? :D

bisa dianalisis mpe begitu ya, hebatt

gini Nggo. awalnya goyangan itu dilakukan oleh pengendara mobil panther lama, karena memang tangki mobil phanter lama bentuknya kayak leher angsa, jadi mesti digoyangin biar cepet penuhnya. tapi karena tangki kendaraan sekarang udah beda, jadi gak perlu digoyangin lagi. cuma, kebiasaannya tetep. yaaaa... kayak kalo sakit perut bawa batu atau kayak remot macet diketok-ketokin gitu.

hahaha ia saya juga pernah lihat orang yang sedang menggoyang-goyangkan kendaraannya pas lagi ngisi BBM :)

Wah sering aku liat. di motor juga bukan cuma di mobil. Ah kapan kapan kalo ngeliat lagi mau wawancara ah.

Eh tapi kalo menurut penelitian aku sih, tiap ngisi bbm itu kn biasanya ada kaya busa busa gitu, nah digoyng goyang biar busanya cepet ilang, jadi keliatan deh kalo mau ngisi full itu keliatan udah seberapa ngisi bbmnya.

Gitu. Kali.

Ngeliat adegan motor digoyang kalau lagi di SPBU sama bapakku, Nggo. Bapajkku penganut kepercayaan goyangkan-motor-bbm-cepat-turun-dan supaya-muat-banyak. Kayaknya beliau harus baca artikel ini :D

Eeeh postingan deh Nggo, nah ham salah sebut kan. Eh sama aja kah ya? Haha :$

lucu juga ya liat videonya :)
menarik lagi itu yang bergoyang karena sedang terjadi peperangan dahsyat di dalamnya

Terimakasih atas informasinya, nambah pengetahuan nih :)

pernah ngelihat. mungkin motornya pegel jadi digoyangin dikit. gitu.

saya juga sering malahan liat orang yang goyan2 motor atau mobilnya, mungkin tujuan nya biar bensin nya cepet masuk

Bahahah.. Ngakak banget sik liat nggoyang-nggoyangin mobil.. :D

Di Jogja sering tuuuuh. Berapa kali nemenin si Febri ngisi minyak, eh ada aja yang lagi goyang-goyangin mobilnya :'

hahaha sering juga liat orang yang menggoyang-goyangkan kendarannya,itu videonya lumayan kocak juga hehe si bapaknya juga ikutan goyang-goyang :D

secara pastinya saya kurang tau apa benar kalau mengoyangkan itu bisa menambah minyak yang masuk ke tangki, tapi setau saya minyak itu bahan cair dan tangki itu ukruannya ya segitu, tanpa digoyang juga ya penuhnya segitu, kecuali pasir kalau digoyang bisa padat

Jadi teringat waktu masih pakai vespa kalau mau hidupin digoyang dulu

mungkin karena sekarang lagi musim goyang dumang mas.hehe

Menggoyang Kendaraan Ketika Mengisi BBM itu emang dah membudidaya ya mas dikalangan masyarakat kita,, hehe
apalagi di daerah saya..

hahaha sering banget liat orang goyang goyangin kendaraannya pas lagi ngisi bbm
udah jadi kebiasaan publik :D

hhahaha kelakuan bapak ku itu suka goyang goyangin mobil ketika ngisi BBm :v

Hahahha, kalau dilihat memang lucu banget, ya. Masih jadi tanda tanya kenapa mereka kayak gitu. Mungkin sih pemikiran mereka itu ya biar merata. Hahha

Saya juga sering liat, Tapi biasanya hanya pada mobil mobil merek lama, nah kok di videonya sekelas Inova masih aja digoyang goyang... mungkin sudah menjadi tradisi para sesepuhnya

Mobil goyang gue ingetnya pas lagi main GTA. Huwahaha. :D

Iya, aneh. Nggak efektif. Aturan sesekali petugas SPBU-nya suruh goyang.

Gebleg banget deh bapak-bapaknya. :D

Itu namanya kurang kerjaan. Terlihat lucu aja kalau ada orang yang mikirnya masih aneh gitu. Untung aku gak pernah goyang-goyangin kendaraan pas ngisi BBM.
Di SPBU akan banyak kita temui orang-orang aneh, gak cuma suka goyangin tengki. Ada juga yang main HP. Padahal udah jelas ada aturannya. Hmmm... orang jenis kek gini masih banyak habitatnya yang mesti dipunahkan.

haha kalo saya sih belum pernah tuh liat orang goyangin kendaraan ketika mengisi bensin :D

gak ada kerjaan kok goyangin kendaraan :D

Wahahahahaa nanti ada goyang mobil deh, nyanyi lagu dangdut, ngangkat mobil sambil goyang :D

Enggak apa? Enggak mau kalah :p

Nah, bener. Kecuali bahan bakarnya batu bara.

Walah.. piye to mas.. haha

Nah.. sia-sia banget tuh mas.

Iya Haw, berawal dari panther bisa merambah ke remot -_-

Silahkan diwawancara, biar jelas ya. :D

Wah, niat banget, sampai diteliti, Za.

Kasih tau ya, biar bapak kamu baca :))

Iya mbak, mungkin itu tujuannya.

Jangan-jangan 'mobil goyang'?

Haha.. sampai ikut goyang gitu ya. :D

Iya kayaknya, masih kebawa sama mobil dulu.

Goyang dumang biar gak gegana

Iya bro, bahaya main HP di SPBU.

itu cuma kebiasaan yg susah di hilangin kaya mitos

bukan hanya menggoyangkan saja memainkan handpone di sekitar SPBU jga berbahaya loh

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon