Tips Menghindari Begal Motor

Aksi pembegalan sepeda motor semakin meresahkan. Titik rawan pembegalan juga semakin banyak. Pelaku begal tak segan-segan melukai korban demi mendapatkan sepeda motor incarannya. Aksi ini seolah menjadi fenomena baru.

Padahal, tukang begal adalah orang yang jasanya cukup dicari oleh kalangan petani. Begal yang saya maksud di sini adalah mencangkul. Dalam bahasa Jawa, 'begal' berarti 'mencangkul'. Hehe, ngaco ah.

Kembali ke begal motor. Dari salah satu portal berita online, saya mendapat informasi jika pelakunya nggak hanya pria, ada juga wanita yang ikut 'bermain' di sana. Modusnya, perempuan ini mengajak korban ke suatu tempat. Tempat yang sebelumnya telah direncanakan oleh kawanan begal untuk melancarkan aksinya.

Buat pria-pria (terutama yang jomblo), jangan mudah kepancing deh kalau ada cewek mencurigakan kayak gini. Bukan gimana-gimana, ini semata-mata untuk menghindari hal yang gimana-gimana ini.
Ini gimana, sih?

Tips Menghindari Begal Motor, Modus Begal Motor

Untuk menghindari tindak kriminal yang satu ini, saya punya beberapa tips nih.
Siji: Usahakan buat nggak lewat di tempat yang sepi
Ini tips mainstream yang semua orang juga udah tau sih kayaknya. Jadi nggak perlu dijelasin panjang lebar.
Loro: Hindari naik motor sendirian di malam hari
Ini juga nggak kalah mainstream dengan tips pertama. Pokoknya, cari temen deh kalau emang harus keluar rumah di malam hari. Selain rawan pembegalan, naik motor sendirian juga berpotensi jadi korban bully karena dikira nggak punya pasangan alias jomblo.

Btw, kenapa jomblo sering jadi korban bully, ya? Padahal penganut LDR juga nggak kalah bully-able. Status doang pacaran, padahal hatinya sepi-sepi juga.
Telu: Pakai motor yang jelek aja
Pelaku begal juga milih-milih. Soalnya, motor hasil pembegalan biasanya bakal dijual tuh. Kalau TERPAKSA menggunakan motor yang bagus, mungkin kamu harus menerapkan tips terakhir.
Papat: Pasang alarm lock
Selain bisa buat gaya-gayaan, alat ini cukup mumpuni sih menurut saya. Biasanya, alat ini dilengkapi dengan remote control. Jangkauan remote ini berkisar antara 30-40m di tempat terbuka. Salah satu fungsi alat ini adalah untuk menghidupkan/mematikan mesin sepeda motor ketika kunci kontak dalam posisi 'On' maupun 'Off'.

Contoh penggunaannya mungkin begini: ketika motor dirampas, korban bisa dengan mudah mematikan mesin sepeda motornya dengan menekan tombol 'Lock' di remote-nya. Selain mesin motor mati, alarm motor juga akan berbunyi. Kalau udah begini, kemungkinan pelaku begal bakal panik kemudian lari meninggalkan motor, dong?

Harganya gimana? Menurut pengalaman (saya pernah beli), harganya berkisar antara 100ribu-300ribuan. Bahkan ada yang di bawah 100ribu.

Ya seenggaknya udah ada usaha buat menghindari pembegalan ini. Masalah berhasil atau nggak, itu Tuhan yang menentukan. Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam super!