Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat kiriman buku. Buku berjudul "7 Keajaiban Rezeki" ini saya dapatkan dari seorang blogger. 

Waktu itu tanpa sengaja baca blog alrisblog.wordpress.com. Di salah satu postingan ada semacam kuis gitu. Entah karena saya terlalu baik atau memang voucher hoki masih banyak, saya bisa jadi salah satu pemenang kuis tersebut.

Sampai sekarang, saya belum selesai membaca buku motivasi itu, hehe. Gitu, lah. Saya orangnya males. Cuma menang ganteng aja. #hoek

Yang menarik, Mas Alris (pengirim buku) menuliskan pesan singkat di buku tersebut: Jadilah Pengusaha! Sebuah pesan yang membuat saya berpikir ulang untuk menggapai cita-cita masa kecil: menjadi astronot.

7 keajaiban rezeki, Ippho Santosa, Ippho right
Sengaja dimiringin

Saya sih, menganggap itu sebagai doa. Karena sejauh yang saya lihat, menjadi pengusaha itu lebih enak daripada menjadi karyawan. 

Nah, enaknya jadi pengusaha apa aja, sih? Berikut ini adalah poin-poin enaknya menjadi pengusaha menurut sudut pandang kembaran Adam Levine:

1. Tidak Harus Bangun Pagi
Poin ini kelebihan sekaligus menjadi kekurangan. Kelebihannya mungkin bisa males-malesan lebih lama. Kekurangannya, jelas, kita tidak boleh bermalas-malasan. Bingung, kan? Sama.

Yang jelas, bangun pagi itu wajib bagi orang muslim!

2. Membuka Peluang Karir buat Orang Lain
Jika usaha sudah berkembang, tentu kita membutuhkan karyawan. Dengan merekrut karyawan, maka angka pengangguran akan berkurang. Dengan menurunnya angka pengangguran, setidaknya Jonru kehilangan satu bahan. Eh, ini kok malah ngomongin orang gini?!

Tapi, kalau semua orang berpikir untuk menjadi pengusaha semua, yang jadi karyawan siapa, dong? Jonru? Duh, ngomongin orang lagi, kan. :(

3. Penghasilan Tak Terbatas
Lebih tepatnya fluktuatif kali, ya? Soalnya penghasilan dari sebuah usaha sulit diprediksi. Kadang buanyak (saking banyaknya harus pakai 'u'), kadang sedikit. Tak jarang juga yang akhirnya malah gulung tikar.

4. Mengenal Banyak Orang
Sebenarnya saya masih bertanya-tanya, mana yang harus didahulukan: kenal banyak orang lalu menjadi pengusaha, atau menjadi pengusaha terlebih dahulu kemudian kenal dengan banyak orang? Ini sama kayak stress dan jerawat. Orang sering bilang menjadi jerawatan karena lagi stress, tak sedikit juga orang menjadi stress karena lagi jerawatan.

Nggak kelar-kelar dong..

Tapi, yang paling penting dari itu semua adalah waktu untuk keluarga menjadi lebih banyak. Quality time.


35 komentar

kalau usaha berkembang, bisa jadi kaya. beda sama karyawan/bekerja di bawah orang lain. gaji yang udah di patok segitu, lama jadi kaya nya. haha

Wah, jadi pengusaha kayaknya enak ya :D

walaupun saya membangun usaha sendiri, tapi saya tetap mengusahakan bangun pagi.

Pengen sih ngadain usaha sendiri . . tapi gue nggak pinter bisnis sihh . . takut ntar malah rugi . . yah walaupun resiko rugi juga harus diambil oleh seorang pengusaha sih . .
Tapi belum siap aja . . belum punya modal . . baik itu modal finance maupun mental . .

Punya, Nggo. Pengen jadi pengusaha hatinya Adam Levine, 'mengusahakan' supaya dia pindah ke lain hati yaitu ke aku, terus pisah sama istrinya, si Beha itu. Eeeeeh

Tapi ingat jangan jadi pengusaha yg borjuis kapitalis. Jadilah hartawan yg dermawan.

Nggo... percayalah, semua pengusaha bangunnya pagi. Bahkan lebih pagi dari karyawan. Kalo nggak percaya, liat aja di pasar, ruko orang tionghoa. Sebelum subuh aja udah terdengar kesibukan. Bahkan yang kafenya buka siang pun, tetep aja bangunnya pagi buat nyiapin segalanya. xD

Iya, Ka. Modal itu penting buat pengusaha.

Yakin pacarnya Icha ga baca, nih? xD

Kayaknya aku salah mengamati, deh. Haha.
Yang aku liat pengusaha donat & akua, Haw.

Aku malah takut kalau Behanya yang baca, Nggo :(

membangun usaha memang sebuah impian semua orang, namun tak sedikit orang tersendat di modal, tapi dengan modal kecil kita bisa berusaha dan sehingga modal menjadi besar dan semakin sukses.tapi kalo untuk jiwa pengusaha tetap memprioritaskan bangun pagi mas :)

Dan banyak peneliti bilang, ciri-ciri negara maju itu memiliki banyaknya pengusaha. Dan menurut data terakhir yang gue baca, jumlah pengusaha di Indonesia itu cuma 2% dari jumlah angkatan kerjanya. Pantes aja ya negara kita gini gini aja. Bisa dibayangin gitu kalo sepersepuluh populasi kita itu pengusaha, dijamin pengagguran bakal turun drastis

*merasa tertampar*

Makasih mas Hend

menjadi pengusaha impian semua orang banget

Diam-diam jadi pengamat ekonomi lu, Don. :D

Makanya, ayok jadi pengusaha!

Jadi seorang pengusaha itu enak :)

Jadi pengusaha harus punya mental yang kuat, kalo penghasilan menurun harus bner-bner berusaha lebih keras lagi

jadi pengusaha enak ya banyak duit terkadang disegani juga sama orang,hemz terus kita kapan dong jadi pengusahanya :D

Sejauh ini sih belom. Dulu pas masih kuliah pernah jualan online shop en lumayan, ngga ngelanjut karena fokus skripsi. Trus ikut MLM yang bangkrut total. Bahahah.. :D

Lebih ke carik pengalaman aja sih Reng, kalok sekarang..

Bener kalok uda bangun pagi, rasanya enteng
rejeki juga ga bakal dipatok ayam ...

Banyak suka & duka nya jadi pengusaha

membangun usaha memang sebuah impian semua orang kang :)

selalu menarik kalo denger cerita para pengusaha, ada yg tadinya di-phk tapi gara2 di-phk akhirnya bikin usaha sendiri malah sukses jadi pengusaha.

Boleh pinjem bukunya? Itu karya Ippho Santosa, kan?

Gue punya impian jadi pengusaha dan penulis, Mas Renggo. :)
Tapi untuk sekarang ini belum ada modal yang cukup. Jadi masih menganggur dan berusaha mencari kerja. :(

gpp, untuk pembelajaran saja..jangan dengarkan ucap pengusaha yang bisa bangun seenaknya..

menarik juga ya, komentar terpanjang dapat buku.....udah gitu berkah lagi bukunya.

Saya ingin sedikit koreksi nomor 1 dan 3 mas, jika penghasilan tidak terbatas maka ada kemungkinan tidak dapat apa2 bahkan rugi jika jadi pengusaha. Yang pasti ada plus minusnya. Nah untuk nomor 1, Seorang pengusaha musti bangun lebih awal dan bekerja ekstra kok, siapa bilang bisa bangun kesiangan, ntar rejekinya di ambil ayam lagi, ayo....

Cieee selamat ya kembarannya Adam Legit yang abis menang kuis :'
Gue sering liet tuh buku di Gramedia. Masih jadi bestseller kalau nggak salah. Keren deh :D
Dan ini, "Saya orangnya males. Cuma menang ganteng aja." KOK KAMPRET YA, MZ :"
Anyway, sempet kefikiran jadi pengusaha. Sering malah. Tapi kurang yakin soalnya ga bakat nawarin barang ke orang :"D

Cieee mang cieee, selamat :v
btw enaknya jadi pengusaha itu nggak ada slip gaji resmi.... jadi lumayan bisa nipu buat anak masuk sekolah kelak *jangan ditiru*

bruakakakaka

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon