Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit

Sudah seminggu lebih tidak membuat postingan.

Kalau biasanya tak sempat membuat postingan karena sok sibuk, kali ini benar-benar sibuk. Sibuk bantu-bantu acara pernikahan kakak.

Di kesempatan yang sedang tidak sibuk ini, saya ingin membuat postingan yang mudah-mudahan lebih bermanfaat dari biasanya.

Jadi, beberapa waktu lalu saya dimintai tolong untuk membuatkan Apple ID iPad Mini WiFi 16GB. Pengalaman baru, sebelumnya belum pernah melakukan ini.

Ngomong-ngomong, ini kali pertama saya menggunakan gadget buatan Apple dalam waktu yang lumayan lama, biasanya hanya coba-coba beberapa menit, kemudian dikembalikan lagi kepada pemiliknya. Pernah juga pakai iMac waktu ke perpustakaan Universitas Indonesia. Ternyata, semua komputer di sana menggunakan iMac. Keren.

Buat yang belum tau, Apple ID digunakan pada semua aktivitas yang berhubungan dengan download atau unduh (unduh mantu tidak termasuk), iCloud, iMessage, Map dll. Ketika membuat Apple ID kemarin, saya diminta memilih metode pembayaran untuk download konten berbayar dari App Store dan iTunes. Sebelum saya memilih metode pembayaran tersebut, saya tidak bisa melengkapi registrasi Apple ID ini. Sehingga kegiatan seperti mendownload aplikasi dari Appstore belum bisa dilakukan, bahkan aplikasi gratis sekali pun.

Selidik punya selidik, ternyata saya membuat kesalahan di awal pembuatan Apple ID ini. Saya membuat Apple ID dari iTunes, mengikuti tutorial resmi dari Apple. Apakah tutorial dari Apple ini salah? Tidak. Hanya saja menyulitkan bagi yang tidak mempunyai salah satu atau ketiga metode pembayaran yang telah ditetapkan tersebut.

Jadi bagaimana cara membuat Apple ID tanpa kartu kredit?

Kalau kamu sudah terlanjur membuatnya, silahkan sign out terlebih dahulu dari Apple ID yang telah dibuat ini. Caranya buka iTunes, scroll layar hingga halaman paling bawah. Klik sign out.

Kemudian buat Apple ID yang baru, tapi jangan melalui iTunes. Ingat ya, jangan membuatnya dari iTunes. Cara membuatnya melalui Appstore. Caranya buka Appstore, cari aplikasi yang gratis, misalnya Gmail atau Facebook. Klik install. Ketika muncul pilihan terkait Apple ID, pilih yang 'buat ID baru'. Langkahnya tidak perlu dijelaskan, karena pengguna smartphone buatan Apple seharusnya sudah pintar, hehe.

Langkah terakhir, di Billing Information muncul opsi 'None' sebagai metode pembayaran. Silahkan dilengkapi, kemudian lanjutkan poses download-nya.


Sesederhana itu. 

Oh iya, acara pernikahan kakak berjalan dengan lancar, Alhamdulillah. Dan semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah warrahmah. Aamiin.

Ada yang mau menambahkan do'a?