Ini Dia Sosok di Balik Suara "Pintu Theater Telah Dibuka" di Bioskop 21

Kamu pasti sudah tidak asing dengan suara yang menggema setiap kali pintu theater di bioskop 21 sudah dibuka. Suara seorang wanita yang menggiring para penonton agar segera memasuki theater.

Kayak memperlakukan bebek, ya? Menggiring. Hehe.

Adalah Maria Oentoe Tinangon. Artis senior ini juga menjadi pengisi suara beberapa sandiwara di radio. Sandiwara seperti apa, saya kurang tau. Maklum, itu kan acara lawas yang hanya diketahui oleh generasi tua saja. Saya mah, masih muda. Hehe. Saya dapat informasi ini dari Kaskus.

Tadinya saya tidak peduli siapa pemilik suara khas ini. Sedikit tercengang ketika tau ternyata beliau sudah berusia lanjut. Kabarnya sih, suara ini direkam tahun 1980an yang lalu. Lama banget, ya? Emak saya aja belum lahir, tuh.

Ada yang bilang juga kalau suara ini sempat diganti dengan suara orang lain. Tapi banyak penonton yang protes karena bioskop menjadi 'tak seperti dulu lagi'. Mungkin karena mereka belum terbiasa, jadi masih perlu beradaptasi. Mungkin juga karena mereka adalah tipe-tipe orang yang sulit move on.

Alhasil, kegiatan menggiring melalui suara ini dipercayakan kembali pada Bu Maria (sengaja pakai 'Bu', biar sopan).

Beberapa waktu lalu, pihak bioskop sempat melakukan pengambilan ulang suara. Meski rentang waktu take vocal pertama dan ke-dua cukup lama, namun suara beliau tak banyak berubah. Tentu ini yang diharapkan. Kalau saja suaranya banyak berubah, pasti nanti penonton protes lagi.

Maria Ontoe Tinangon via KapanLagi.com

Btw, kamu dulu suka protes juga nggak kalau uang jajan kurang? *lho