Newbie Ngomongin SEO

Mau ngomongin tentang blog.

Beberapa jam dari sekarang, total page view blog ini mencapai angka seratus ribu. Buat mastah (master SEO dan sejenisnya) atau yang tidak peduli dengan statistik blog, ini bukan sesuatu yang luar biasa. Saya anak baru di dunia blogging, jadi hal ini saya anggap sesuatu yang tidak biasa. Jadi tak ada salahnya jika dijadikan bahan postingan, hehe. 

Walaupun kebanyakan isi blog ini kejadian sehari-hari (ditandai dengan label Cerita hari-hari berjumlah 51 postingan --paling banyak di antara label lain), saya pikir tak ada salahnya menerapkan Search Engine Optimization. Tujuannya tentu untuk menambah pembaca melalui search engine.

Apakah berhasil? Saya tidak tau berhasil atau tidak, tapi ada lah hasilnya. Misalnya kata kunci "Liburan si Putri" masih menempatkan blog ini di halaman depan pencarian Google. Cuma yang jadi pertanyaan adalah emang ada yang mencari bahan bacaan dengan kata kunci "Liburan si Putri"? Haha.

Salah satu hal yang saya lakukan dalam rangka mengoptimalkan mesin pencari adalah dengan mendaftarkan blog ke webmaster. 

Buat yang belum menggunakan Google Webmaster, coba perhatikan blogger guide ketika membuka dashboard blog. Bagian terakhir adalah mendaftarkan blog ke webmaster.

Jadi, ini bukan sesuatu yang aneh, karena memang pihak blogger menganjurkan hal ini. 

Blogger Guide

Cara mendaftarkannya banyak ditemukan di blog tutorial. 

Selain mendaftar webmaster, saya juga selalu mengisi kotak Search Description dengan kata kunci yang relevan dengan isi postingan. Search Description ada di Post Setting, antara Location dan Options.

Meningkatkan pengunjung blog dari mesin pencari Google

Efeknya lumayan, sih. Yang tadinya harus refresh-refresh-in blog biar dapet 30 page view/hari, sekarang didiemin aja bisa 500an. Senang? Iya. Puas? Belum.

Senang karena yang saya lakukan ada hasilnya, belum puas karena saya merasa tulisan di blog hanya sekedar tulisan, belum banyak memberi manfaat, apalagi menginspirasi.

Kalau kamu memperhatikan statistik blog juga atau hanya fokus di tulisan aja? Kenapa? Share di kotak komentar, dong...