Kapan Waktu yang Tepat Buat Mandi Junub Saat Puasa?

Lama nggak nulis, lagi sibuk skripsi. Sibuk tapi males, aneh. Sekarang lagi ada semangat, udah bikin kopi juga, eh mati lampu. Nasib. Ya udah lah, nulis di blog aja. Lagian nggak efektif juga ngerjain itung-itungan di kegelapan. Berasa lagi di goa.

Jadi, kemarin ada temen yang nanya, "mandi junub setelah adzan subuh, puasanya sah nggak sih?" 

Jujur saya heran, kenapa pertanyaan semacam ini bisa sampai ke telinga saya. Padahal saya nggak religius-religius amat. Biasanya merasa paling religius pas bulan puasa kayak gini aja, atau pas naik pesawat. Iya, naik pesawat adalah momen dimana saya menjadi sangat religius. Tak henti-hentinya mengucapkan takbir, tahmid, tahlil dan tasbih dalam hati, hehe. Jadi, mungkin momen paling religius dalam hidup saya adalah ketika naik pesawat pas bulan puasa. Tapi saya belum dapet kesempatan seperti ini.

Kembali ke mandi junub. 

Seseorang harus menjalani mandi junub atau mandi wajib karena banyak hal, diantaranya karena berhubungan suami istri, mimpi basah sampai hal-hal lain yang diinginkan. Temen saya yang nanya (sebut saja Bunga, 24 tahun) adalah cowok yang belum menikah. Katanya sih, dia harus mandi junub karena sebab yang terakhir.

Mandi Shower

Karena kurang paham dengan masalah ini, saya coba mencari jawaban layaknya orang-orang jaman sekarang: nyari di Google.

Setelah baca artikel sana-sini, akhirnya saya dapat juga jawabannya. Jawabannya yang saya dapat adalah sah-sah aja. Karena suci dari hadats besar dan hadats kecil bukanlah syarat sah berpuasa, tapi syarat sah dalam menjalankan shalat.

Sekarang pertanyaannya adalah kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan mandi wajib?

Lebih baik, sih, abis ***** langsung mandi. Ada yang bilang kalau tidur dalam keadaan junub itu makruh, jadi lebih baik mandi. Tapi, kalau nggak mau mandi (dengan alasan dingin atau yang lain), disunahkan untuk berwudhu, wudhu layaknya ketika mau mengerjakan shalat. Kalau udah begini, baru deh, pas bangun tidur langsung mandi wajib trus shalat subuh.

Jadi gitu, ya. Jangan mau enaknya aja (?)

Yang pura-pura masih polos mana suaranya?

Eh, lampu udah nyala lagi. Mau lanjut ngerjain skripsinya. Kalau ada yang salah dengan tulisan ini, silahkan ditegor, jangan sungkan-sungkan. Anggap aja blog sendiri. #Lah

36 komentar

hal-hal lain yang diinginkan seperti apa nih Nggo? *masih polos
kasih nama yg keren dikit lah masa Cowo nama samaran Bunga -_-

saya jadi lebih tau nih tentang junub :) makasih informasinya :)

abis ***** langsung mandi. abis ngapain ni mas?? :D

Mandi junub? Mimpi basah? abis ***** langsung mandi?

Adek enggak ngerti apa-apa kaka..

Mimpi basah itu mimpi lagi ujan-ujanan bukan qaqa?

aku masih anak dan polos nih :D
mandi junub itu apa yah?? :D

Duh, komenan jajaran atas pada nggak ngerti tuh, Reng. Duh, pengen ngakak! Tapi mayan sih ada ilmu tentang mandi habis junub. Thank you! Semangat skripsinya ya!

Gue pernah siang-siang mimpi basah pas puasa. Itu nggak batal kan, Ustad Renggo? Nah, setelah bangun baru deh mandi junub. :(

Tampaknya Wulan belum akil baligh.

Enggak. Basahnya disiram nyokap gara-gara bangun kesiangan, kan?

abis ***** langsung mandi
itu abis ngapain mas langsung mandi? kalau habis olahraga kan engga boleh masih keringetan.
jelasin dong mas yang disensor abis ngapain

aku masih polos kak *muka berbinar2

Dikira pembahasannya ilmiah ternyata iseng toh, ya memang disesuaikan aja waktunya. Tapi lebih tepat menurut kajian fiqih dengan menyegerakannya.

mandi junub yang udah mimpi basah-basahan ya :D

Qaqa pernah mimpi basah belum?

kan aku masih polos mas renggo :D

yang disensor apa sih?sumpah penasaran banget.hahaha

Oh, baru tau walaupun banyak gak mudeng :3 Informasi bagus nih buat yang suka basah basahan pas bobok xD

Tapi itu nama samaran boleh diganti gak sih? masa bunga -_- Aliando, kek. Biar keliatan lebih macho xD

Renggo: Memang iya kaka.. masih umur 7 taon sih

Hendri: Kalo menurut saya sih yg disensor itu ***** . Tapi gak tau juga apa maksud Renggo. Mungkin kata yg disensor yg dimaksud Renggo itu ***** . Mungkin sih ya,

BHAHAHAHK "ANGGAP AJA BLOG SENDIRI". Asiikk bisa permak blog oraang yeaah.
Eh.. Itu berlaku juga ke cewek yang lagi dapet nggak?

ternyata bisa dengan cara wudhu dulu mas, terus entar deh mandinya gitu?

Misalnya saya mimpi basah pada malam hari,terus saya mandi wajib nya di siang hari puasa,apakah boleh begitu mas?

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon