Menyusuri Telaga Sarangan, Telaga yang Konon Dibuat Oleh Naga

Libur lebaran kemarin, aku sempet dua kali main bareng temen-temen. Salah satunya ke Telaga Sarangan.

Telaga Sarangan adalah salah satu objek wisata yang ada di Jawa Timur, lebih tepatnya di Magetan. Menurut mitos (kayaknya semua tempat wisata di Indonesia ada mitosnya), telaga ini dibuat oleh naga yang kegatelan.

Hah? Gimana-gimana? Gak mudheng, nih. 

Jadi gini. Dulu, duluu banget, ada dua alay yang lagi pacaran di kebun (soalnya dulu belum ada fly over kayak sekarang). Tanpa sengaja mereka menemukan telur yang ada di sana. Tanpa pikir panjang, mereka pun memakannya. Mungkin keduanya percaya bahwa telur mampu meningkatkan vitalitas, mungkin. Mereka adalah Kyai Pasir dan Nyai Pasir. Makanya telaga ini sering disebut Telaga Pasir.

Oya, jangan nanya telur apa yang mereka temukan. Aku juga gak tau makhluk apa yang bertelur sembarangan di kebun.

Nah, setelah makan telur ini, alih-alih jadi 'perkasa', mereka justru mendadak menjadi naga raksasa. Kok bisa? Yah, namanya juga mitos. Anehnya lagi, badan mereka jadi gatal-gatal gitu. Karena waktu itu belum ada salep buat kulit naga, alhasil mereka cuma bisa menggerus-geruskan badannya ke pasir dan berguling-guling tanpa henti, berharap rasa gatal segera hilang. Lama-kelamaan, gerusan pasir itu membentuk lekukan yang sangat besar. Di saat yang bersamaan, muncul lah sumber air hingga membentuk Telaga Seperti sekarang.

Serem, ya?

Ini penampakan Telaga Sarangan dari atas.

Telaga Sarangan. Telaga Pasir. Wisata Jawa Timur.
Naganya ngumpet dimana coba...

Oya, sampai di sana ba'da Ashar, soalnya berangkatnya juga udah siang. Padahal gak jauh-jauh amat dari rumah di Wonogiri. Dilihat dari GPS cuma 50an km. Mungkin karena jalannya kurang cihuy. Selain naik-turun, aspalnya agak rusak-rusak gitu. Sayang banget, deh.

Udara di sana lumayan dingin, 11-13 lah sama udara di Puncak, Bogor. Sampai di sana kami langsung makan makanan yang konon katanya mampu menghangatkan tubuh: sate kelinci. Btw, ini pertama kalinya aku makan sate kelinci, hehe.

Habis makan kami memutuskan untuk langsung keliling aja, takut pulangnya kemaleman. Satu-satunya hal menarik untuk dicoba adalah naik kayak gini:

Telaga Sarangan. Telaga Pasir. Wisata Jawa Timur.

Tarifnya Rp 60.000 untuk satu kali keliling. Keliling mengelilingi semacam pulau kecil di tengah telaga gitu.

Karena ukuran orang-orangnya di atas rata-rata, kegiatan mengelilingi telaga ini pelan-pelan banget. Takut tenggelam. Iya sih, orangnya aja kayak gini:

Telaga Sarangan. Telaga Pasir. Wisata Jawa Timur.
Cowok semua? Bebas.

Kurang lebih 2 jam di sana, kami memutuskan untuk pulang. Gitu deh, gak banyak cerita dari jalan-jalan kali ini. 

Telaga Sarangan. Telaga Pasir. Wisata Jawa Timur.
foto buat oleh-oleh

Kalau libur lebaran kemarin kamu kemana aja?