Menyusuri Telaga Sarangan, Telaga yang Konon Dibuat Oleh Naga


Libur lebaran kemarin, aku sempet dua kali main bareng temen-temen. Salah satunya ke Telaga Sarangan.

Telaga Sarangan adalah salah satu objek wisata yang ada di Jawa Timur, lebih tepatnya di Magetan. Menurut mitos (kayaknya semua tempat wisata di Indonesia ada mitosnya), telaga ini dibuat oleh naga yang kegatelan.

Hah? Gimana-gimana? Gak mudheng, nih. 

Jadi gini. Dulu, duluu banget, ada dua alay yang lagi pacaran di kebun (soalnya dulu belum ada fly over kayak sekarang). Tanpa sengaja mereka menemukan telur yang ada di sana. Tanpa pikir panjang, mereka pun memakannya. Mungkin keduanya percaya bahwa telur mampu meningkatkan vitalitas, mungkin. Mereka adalah Kyai Pasir dan Nyai Pasir. Makanya telaga ini sering disebut Telaga Pasir.

Oya, jangan nanya telur apa yang mereka temukan. Aku juga gak tau makhluk apa yang bertelur sembarangan di kebun.

Nah, setelah makan telur ini, alih-alih jadi 'perkasa', mereka justru mendadak menjadi naga raksasa. Kok bisa? Yah, namanya juga mitos. Anehnya lagi, badan mereka jadi gatal-gatal gitu. Karena waktu itu belum ada salep buat kulit naga, alhasil mereka cuma bisa menggerus-geruskan badannya ke pasir dan berguling-guling tanpa henti, berharap rasa gatal segera hilang. Lama-kelamaan, gerusan pasir itu membentuk lekukan yang sangat besar. Di saat yang bersamaan, muncul lah sumber air hingga membentuk Telaga Seperti sekarang.

Serem, ya?

Ini penampakan Telaga Sarangan dari atas.

Telaga Sarangan. Telaga Pasir. Wisata Jawa Timur.
Naganya ngumpet dimana coba...

Oya, sampai di sana ba'da Ashar, soalnya berangkatnya juga udah siang. Padahal gak jauh-jauh amat dari rumah di Wonogiri. Dilihat dari GPS cuma 50an km. Mungkin karena jalannya kurang cihuy. Selain naik-turun, aspalnya agak rusak-rusak gitu. Sayang banget, deh.

Udara di sana lumayan dingin, 11-13 lah sama udara di Puncak, Bogor. Sampai di sana kami langsung makan makanan yang konon katanya mampu menghangatkan tubuh: sate kelinci. Btw, ini pertama kalinya aku makan sate kelinci, hehe.

Habis makan kami memutuskan untuk langsung keliling aja, takut pulangnya kemaleman. Satu-satunya hal menarik untuk dicoba adalah naik kayak gini:

Telaga Sarangan. Telaga Pasir. Wisata Jawa Timur.

Tarifnya Rp 60.000 untuk satu kali keliling. Keliling mengelilingi semacam pulau kecil di tengah telaga gitu.

Karena ukuran orang-orangnya di atas rata-rata, kegiatan mengelilingi telaga ini pelan-pelan banget. Takut tenggelam. Iya sih, orangnya aja kayak gini:

Telaga Sarangan. Telaga Pasir. Wisata Jawa Timur.
Cowok semua? Bebas.

Kurang lebih 2 jam di sana, kami memutuskan untuk pulang. Gitu deh, gak banyak cerita dari jalan-jalan kali ini. 

Telaga Sarangan. Telaga Pasir. Wisata Jawa Timur.
foto buat oleh-oleh

Kalau libur lebaran kemarin kamu kemana aja?

71 komentar

kalo nabi adam ceritanya buah khuldi kalo inimah telur ya. telor naga kali ya atau telur burung kali ya.hehehehe. miriplah.
saya melihat foto di atas itu 8 orang ya. hehehe

sayang sekali kang cuman 2 jam padahal asik banget

serunya bisa liburan, kemarin saya ga kemana-mana sedih banget deh :(

kalau saya, liburannya yaaaa mantai aja .. itu juga sudah bosen -_-

Aku liburan ke turki (indonesia) dan liburan ke pantai (lagi) senengnya :))

keren ya bang bisa jalan2 kaya gitu.

Liburanku jalan2 di blog orang~

Jalan jalannya asyik banget ke telaga yang adem ayem bisa keliling-keliling lagi apalagi rame rame bareng sohib geng hijau nih

wah keren ya, tapi sayang gak boleh berenang di sana

mas legendanya singkat bener, padahal seru ini legendanya
beda sama legenda naga indos*ar :D

subhanallah bagus pemandangannya, boleh juga buat foto prawedding :D hihihi
kalau aku sih liburannya mantaii dongs, walaupun bosan -_-

saya malah belum sempat makan sate kelinci mas haha

sayang benget waktunya cuma 2 jam, tapi thanks udah share

Renggo orang mana toh? Kok nyampe ke telaga sarangan?

Aku juga udah pernah kesana, udaranya dingin mantap. Yang paling seneng liat kebun stroberinya :D

asik juga tuh telaga jadi tujuan wisata dan bawa panting seharusnya go...kalau gak beli ikan sama nelayan sana dan bakar deh ramai-ramai sambil berenang...pasti muantab dan meriah tuh....mengenai naganya kok hilang ceritanya. pasti ngumpet di belakang gambar.

nah tuh kayaknya satu daerah...masak bisa gak kenal sesama blogger. kopdar dulu tuh biar romantis.....hihihiiiii

dua jam tapi berkesan akan menimbulkan efek rindu kembali ke telaga sarangan juga jik...

Dibuat oleh naga yang kegatelan -_- oke banget ini Nggo :D wkwkw

Wohooo liburan seruuuu, gue nggak kemana-mana -_-

Mantabs dilihat dari atas kayak Danau Toba atau kalau di Itali kayak sungai yang campur dengan rumah-rumah di kota venezia hehehehehehehehehe :)... yang fotonya keren... Kalau di Jawa Barat kayak Waduk Darma kali ya... :)

Wah asik tuh...saya pernah kesan waktu kecil tapi, ya kecil banget masih TK. Sekarang kepengen kesana lagi kayaknya.

wah bagus nih view nya , ajak2 dong mas kapan2 hehe

gambar yang pertama kaya foto di luar negeri saja ya :D

aku kemaren abis liburan ke curug mas :D seneng sih tapi jalannya ituloh bikin bete :(

serunya bisa main bareng tmn2

Heheh.. sebagian ngarang aja, Mang.
Iya ya, ada 8 orang. Haha.

Turki itu Indonesia bagian mana ya?

Eh, iya? Ga boleh renang? Baru tau -__-

Ya ngapain panjang-panjang? Itu aja sebagian ngarang..

Jangan sering2, mbak. Biar ga bosan :)

Elangg: Wonogiri, Om. Iya, tapi kemarin ga sempet main ke kebun stroberi :(

Mbah Dinan: Ayok lah kopdar. Wk

Kayaknya ga ada ikannya di sana..
Kebanyakan pada foto-foto sih, ga ada yang mancing, hehe.

Haha.. ngarang aja, Feb.
Wah, bohong banget ga kemana-mana..

Haha.. jangan berlebihan mas..
Iya mungkin

Ada-ada aja yak cerita mitosnya. Kalo udah yg namanya mitos, apapun bisa terjadi. Hahaa

Gue masih kurang percaya, ada naga yang liburan ke telaga yg dibuat oleh naga.

jatim banyzak juga alternatf dan pilihan obyek wisatanya ya!

tapi asik kang. bareng temen-temen meang asik kang. rame

gpp kang jelly kan g liburan juga duitnya bnyak

ia disebelah mana? kalau sudan saya tau itu di indonesia

tetap aja gak asik kalau gak ngajak saya...heeee
saya kan lucu
dijamin....!!!

indonesia bagian sudan barat mas.

itu juga tidak kalah kerennya dengan lainnya...bedanya hanya gak keluar ruangan.

gak masalah go gak bisa berenang, tang penting itu bisa mencing...jangan mancing keributan lho ya!!!

wah baru dari sarangan mas... sudah lama banget pernah kesana

untung gue gak ikut naek kapalnya, kalo enggak bisa tenggelem nanti.. ukuran gue juga xl.. wkwkwk

kalo gue mah liburannya kayak biasa nggo, makan tidur nonton tv tidur lagi makan lagi tidur lagi udah gitu terus ampe malem.. :v wkwkwk

Kira-kiranya telurnya masih ada kagak ya ? aku juga mau, biar perkasa dan bisa membuat telaga. Nanti telaganya aku kasih nama telaga bumi :)
Pemandangannya elok dan tampak asri.

Aku lebih parah lagi, belum pernah kesana :(

Klo diceplok tu telor naga gmn ya #ngayal dikit
wah sate kelinci......sayang atuuuu, imut2 kan kelinci tu heeeheee

mitosnya serem sih hehe , tapi pemandangan panorama nya oke banget tuh ...
kapan nih saya diajak *berharap*

sudan barat itu sebelah kotabaru brarti ya mbah. hehehe

Haha, kita sama2 XL ya.

Kasian amat -__-

Sebagian ngarang, mas. Hehe.

kalo ga ada mitos bukan Indonesia namanya :) itu bagus bgt ada jetski segala, berapa menit kalo sewa lamanya mas

Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon