Pangen nyeritain pengalaman ngeblog.

Aku mulai kenal blog sejak tahun 2009, kelas 1 SMK. Waktu itu lagi jalan menuju kelas. Karena lebih sibuk main hape, jalan jadi kurang fokus, akibatnya aku menabrak seseorang. Buku yang dibawanya jadi berantakan. Aku panik. Secepat kilat aku bantu membereskan. Entah kenapa seolah-olah gerakan menjadi lambat alias slowmotion mata saling bertatapan dan nggak sengaja berpegangan tangan. Sejurus kemudian terdengar sayup-sayup alunan lagu Careless whisper dari kejauhan. Kami pun berkenalan setelah sebelumnya bilang kalau adegan pegang tangan tadi terjadi atas dasar ketidaksengajaan.

Eh, itu mah momen perkenalan sama Sulastri, anak pak RT sebelah.

Jadi gini, aku dulu suka iseng-iseng membaca apa pun yang ada di sekitarku. Entah itu koran bekas gorengan, baju couple alay bertuliskan "He is my love" dan "She is my love", sampai komposisi bahan di bungkus makanan kecil. Nah, di bungkus makanan kecil itu pasti nyantumin website perusahaannya.

Aku cuma mikir. "Keren juga kalau aku punya website sendiri. Tapi cara bikinnya piye?"

Sempat baca cara buku cara membuat website. Jangankan paham, baca pembukanya aja pusing karena emang nggak ada basic informatika. Sampai akhirnya aku kenal yang namanya blog. Sampai sekarang aku masih pakai blog berplatform blogspot, seperti yang kalian baca ini. Kenapa nggak nyoba blog lain? Males, hehe. Padahal ada yang bilang kalau platform blog sebelah lebih cihuy.

Sempat beberapa kali berhenti ngeblog, karena bingung mau nulis apa. Soalnya keinginan punya blog waktu cuma karena pengen keren aja. Makanya di awal-awal ngeblog sering banget gonta-ganti template, hingga lupa konsep blogging yang sebenarnya.

Akhir tahun 2013 kemarin, aku mulai ngeblog lagi. Karena masih bingung mau nulis apa, akhirnya aku memutuskan untuk menulis kejadian sehari-hari aja, karena tak terlalu menuntut untuk berpikir dan berimajinasi.

Penggunaan custom domain renggostarr.com sendiri terdorong karena keinginan masa lalu untuk mempunyai website pribadi. Tak ada filosofi apa pun terkait penggunaan nama domain ini. Aku cuma pengen semua akun digitalku menggunakan satu user name, biar gampang diinget. Mulai dari Email, Facebook, Twitter, Instagram dan blog ini semuanya renggostarr.

Hal menyenangkan ketika menjalani aktivitas blogging ini adalah mendapat banyak teman (selain dapet job review tentunya, hehe). Ya meskipun sebatas teman di dunia maya, yang penting kan tetap berteman, menjalin silaturahmi. Oya, karena bergabung dengan dengan komunitas blog, aku sempat ikut kopdar juga.

Kesulitan ngeblog yang sering aku temui tergolong klasik: nggak ada ide. Kalau udah kayak gini, biasanya aku ngopi. Ya ngopi aja karena pengen ngopi, bukan karena lagi nyari ide.

Sampai sekarang masih belajar, terutama penulisan. Aku tergerak untuk belajar menulis lagi (halah) karena setelah baca blogpost yang kemarin-kemarin ternyata sangat menyedihkan.

Ya sudah saudara-saudara sekalian, sepertinya kopi yang aku bikin mulai dihinggapi lalat. Itu artinya nggak cuma manusia aja yang yang suka ngopi, lalat pun juga suka.

Terakhir, semoga kita, para blogger, bisa konsisten, ya. Karena itu kunci dari blogging.

Ilustrasi Blogger via grouphigh.com

42 komentar

gue mulai ngeblog 2010 bang tapi postnya dihapus. Itu semua post hinaan walaupun sekarang masih hinaan:(

berarti abang lebih tua setahun (pengalaman ngeblog)

wuidih si renggo gasik amat ni bikin ga nya slemut story,
oya klo uda domain berbayar berarti cuma ntu ya yang bisa jadi syarak ngajuin diisi iklan??

Hinaan :(

Iya sih lebih tua, tapi masih gini2 aja..

Ga juga, Google Adsense pake blogspot masih bisa.

Yang dibawah mah iklan. Buakakakakak.
Hampir aja ngeklik yang dibawah.
Eh, Sulastri apa kabar, mz? :3

Jd inget juga waktu saya pertama kali ngeblog mas. Hhehehe ...Nice post

Pengalaman pertamaku kenal sama blog karena baca Majalah Bobo. Itu loh, majalah anak-anak itu. Disitu ada tutorial bikin blogspot, jadi ya aku ikutin dan alhamdulillah blognya jadi. Tapi blognya rada alay sih. Bikin tahun 2009 juga. Yeeee, samaan! :D

sukses selalu gan
ngopi dulu biar tamvan :)


semangat pagi

pengalaman pertama saya ngblog pada tahun 2014

ngeblog itu asyik ya, selain mendapatkan banyak teman, dapet banyak ilmu juga :)

Hobinya sama mas suka baca koran bekas seringnya sih bekas bungkus nasi.Kalau dulu sebelum kenal blog menganggap website itu barang mahal tapi begitu denger ngeblog bisa dapet duit matanya langsung ijo langsung pengin punya blog jadi deh seorang blogger

ngeblok dari dulu tahun2012, tapi eneh gitu malah,mulai sekrang komit buat personal blog terus

semoga konsisten ya bang renggo

Samaan nih mulai ngeblognya tahun 2008an dan niatnya sama: pengen keren.

Minum kopi, cuma karena emang pengen ngopi, bukan karena mau nyari ide. PLAK -__-

Hobbi kita sama Nggo, gue juga suka membaca apapun yg ada disekitar gue.
Kalo skrg ini, gue lagi suka baca iqro sih
hesteganaksholeh
hestegedisisyariah

Eh, gapapa kali Pev. Klik aja.

Kopi apaan yang bisa bikin jadi tamvan?

Ajarin ngeblog biar dapet duit dong, mas..

Ngeblok apa ngeblog?
Iya, personal blog emang lebih gampang ditulis.

Awas, Mas. Dibaca Google nanti diblokir. Hahahaaha nyuruh-nyuruh orang.

Nge-blog buat latihan nulis aja, sih. Hahaha. Eh, pernah beberapa kali dapet job review. :)
Auk nih, nge-blog buat apaan. Jadi asyik gitu rasanya. Apalagi kalo blog udah rame. Sayang aja gitu kalo nggak dilanjutin. :))

Ngeblog itu menyenangkan bagi saya,.....

Kalau saya kenal blog gara gara tugas kuliah thn 2009, sekarang udah lulus dilanjutin ke cerita pengalaman aja...sayang kalo ngga dilanjutin... Sukses ya... semoga menang giveawaynya...

Kok samaan sih, kak Nurul? :(

Aku sih, 3 tahun yang lalu. Ah, atau kapan ya. Ku lupa.
Iya sih kak, emang platfom blog sebelah emang lebih cihuy, tapi blogspot tuh friendly sama gmail masalahnya. He.
Nggak ada stok buat posting sih udah biasa lah. Asal kudu lebih krisis aja. He.
Lalat ternyata suka minum kopi ya... kirain aku cuma suka yang haseum doang.

Semoga menang GA nya!

rata-rata kesusahan nge-blog itu tidak ada ide untuk membuat posting. makanya kalau saya kehabisan bahan bakar ide, ya saya berselancar ke beberapa blog, setelah dapat ide baru baru saya tulis dan mencari suatu yang menurut pemikiran saya bagus...kalau gak yaaahhh paling mentok modifikasi suatu yang saya baca mas....dan yang menarik dari dunia blogging itu adalah bisa memahami kebutuhan kita sendiri, dan dari sana kita bisa belajar untuk mengelolanya.....

jangan lupa yasinan sekalian biar tambah afdol

kalau saya hoby mas....nah setelah itu baru mulai mencari suatu yang berarti....

Bahkan ane sendiripun ga tau kapan Blog ane beranak ..

perkembangan lo cihuy juga termasuknya. ngeblog 2013 sekarang udah pake domain sendiri, template pas dan gak berat. dapet adsense. beberapa dapet job review. aku iri.. padahal ngblog dari 2011

gue aktif ngeblog sejak 2008 dan sempat mengalami pasang surut ke aktif an, sekarang mulai lagi
doa in deh semoga ga kendur lagi semangatnya

ngeblog selain bermanfaat untuk mengeluarkan kreatifitas dari dalam diri juga bisabermanfaat juga untuk imteraksi sosial :-)

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon