Ngeblog Itu...

Pangen nyeritain pengalaman ngeblog.

Aku mulai kenal blog sejak tahun 2009, kelas 1 SMK. Waktu itu lagi jalan menuju kelas. Karena lebih sibuk main hape, jalan jadi kurang fokus, akibatnya aku menabrak seseorang. Buku yang dibawanya jadi berantakan. Aku panik. Secepat kilat aku bantu membereskan. Entah kenapa seolah-olah gerakan menjadi lambat alias slowmotion mata saling bertatapan dan nggak sengaja berpegangan tangan. Sejurus kemudian terdengar sayup-sayup alunan lagu Careless whisper dari kejauhan. Kami pun berkenalan setelah sebelumnya bilang kalau adegan pegang tangan tadi terjadi atas dasar ketidaksengajaan.

Eh, itu mah momen perkenalan sama Sulastri, anak pak RT sebelah.

Jadi gini, aku dulu suka iseng-iseng membaca apa pun yang ada di sekitarku. Entah itu koran bekas gorengan, baju couple alay bertuliskan "He is my love" dan "She is my love", sampai komposisi bahan di bungkus makanan kecil. Nah, di bungkus makanan kecil itu pasti nyantumin website perusahaannya.

Aku cuma mikir. "Keren juga kalau aku punya website sendiri. Tapi cara bikinnya piye?"

Sempat baca cara buku cara membuat website. Jangankan paham, baca pembukanya aja pusing karena emang nggak ada basic informatika. Sampai akhirnya aku kenal yang namanya blog. Sampai sekarang aku masih pakai blog berplatform blogspot, seperti yang kalian baca ini. Kenapa nggak nyoba blog lain? Males, hehe. Padahal ada yang bilang kalau platform blog sebelah lebih cihuy.

Sempat beberapa kali berhenti ngeblog, karena bingung mau nulis apa. Soalnya keinginan punya blog waktu cuma karena pengen keren aja. Makanya di awal-awal ngeblog sering banget gonta-ganti template, hingga lupa konsep blogging yang sebenarnya.

Akhir tahun 2013 kemarin, aku mulai ngeblog lagi. Karena masih bingung mau nulis apa, akhirnya aku memutuskan untuk menulis kejadian sehari-hari aja, karena tak terlalu menuntut untuk berpikir dan berimajinasi.

Penggunaan custom domain renggostarr.com sendiri terdorong karena keinginan masa lalu untuk mempunyai website pribadi. Tak ada filosofi apa pun terkait penggunaan nama domain ini. Aku cuma pengen semua akun digitalku menggunakan satu user name, biar gampang diinget. Mulai dari Email, Facebook, Twitter, Instagram dan blog ini semuanya renggostarr.

Hal menyenangkan ketika menjalani aktivitas blogging ini adalah mendapat banyak teman (selain dapet job review tentunya, hehe). Ya meskipun sebatas teman di dunia maya, yang penting kan tetap berteman, menjalin silaturahmi. Oya, karena bergabung dengan dengan komunitas blog, aku sempat ikut kopdar juga.

Kesulitan ngeblog yang sering aku temui tergolong klasik: nggak ada ide. Kalau udah kayak gini, biasanya aku ngopi. Ya ngopi aja karena pengen ngopi, bukan karena lagi nyari ide.

Sampai sekarang masih belajar, terutama penulisan. Aku tergerak untuk belajar menulis lagi (halah) karena setelah baca blogpost yang kemarin-kemarin ternyata sangat menyedihkan.

Ya sudah saudara-saudara sekalian, sepertinya kopi yang aku bikin mulai dihinggapi lalat. Itu artinya nggak cuma manusia aja yang yang suka ngopi, lalat pun juga suka.

Terakhir, semoga kita, para blogger, bisa konsisten, ya. Karena itu kunci dari blogging.

Ilustrasi Blogger via grouphigh.com