Tips Menentukan Pilihan Asuransi Jiwa

Banyak yang belum mengerti mengenai asuransi jiwa ini, bagaimana cara memilih yang lebih sesuai dan juga apakah itu merupakan kebutuhan penting? Asuransi yang satu ini sebenarnya bertujuan untuk menanggung orang terhadap adanya kerugian financial akibat kejadian tidak terduga akibat dari:
  1. Resiko kematian. 
  2. Hidup yang terlalu lama. 
Maka jika dianalogikan, maka asuransi ini seringkali diandaikan sebagai payung bagi rumah anda dan juga pelampung yang ada di pesawat udara maupun kapal. Sangat anda butuhkan karena sangatlah berguna ketika saat-saat tertentu, namun seringkali tidak terpikirkan ketika dalam kondisi aman. Jadi asuransi ini memang sangat dapat diandalkan, terutama ketika anda berada dalam situasi yang tidak diinginkan. Berikut merupakan beberapa tips sederhana yang akan membantu anda dalam memilih jenis asuransi yang terbaik untuk jaminan perlindungan jiwa.


Periksa tingkat kesehatan dari perusahaan asuransi

Untuk dapat melihat tingkat kesehatan perusahaan asuransi, maka anda bisa mengukurnya dari RBC (Risk Based Capital) yang secara sederhananya dapat diartikan sebagai perbandingan total asset dari sebuah perusahaan dibandingkan dengan resiko klaim. Dimana pemerintah memberikan standar 120% untuk Risk Based Capital. Semakin besar nilai RBC yang ada dari sebuah perusahaan asuransi, maka semakin perusahaan tersebut sehat.


Beli saat anda sehat dan sesuaikan kebutuhan

Ketika anda masih dalam kondisi sehat, secara otomatis premi asuransi yang anda bayarkan akan minimal dibandingkan ketika anda membelinya di saat sudah sakit. Kemungkinan lainnya justru akan terjadi penolakan dari perusahaan asuransi ketika kondisi kesehatan anda tidak sesuai dengan apa yang mereka syaratkan. Selain itu jangan lupa untuk memastikan produk asuransi yang anda pilih itu sudah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya seperti untuk anak atau kebutuhan lainnya.


Dapat informasi dari teman/kerabat dan bandingkan produk yang ada


Anda juga dapat menanyakan mengenai pelayanan maupun produk dari perusahaan asuransi pada teman atau kerabat guna mendapatkan informasi mengenai produk asuransi maupun kemudahan di dalam pengajuan klaimnya. Anda juga bisa mencoba membandingkan sejumlah produk asuransi sekaligus guna memastikan asuransi manakah yang memang lebih sesuai dengan kebutuhan anda dan juga keluarga.


Konsultasikan dengan agen asuransi


Jika anda memang sudah memiliki gambaran awal mengenai produk asuransi, maka anda juga bisa mencoba melakukan konsultasi dengan agen asuransi terkait guna mendapatkan berbagai macam informasi yang lebih lengkap serta menyeluruh. Selain itu penting untuk anda perhatikan mengenai kaitan antara asuransi dengan investasi, dimana sebagian besar orang memisahkan keduanya. Akan tetapi disisi lain juga tidak sedikit yang memiliki produk asuransi sekaligus sebagai suatu investasi. Tipe yang terakhir ini lebih baik memilih produk unit link. Sementara tipe pertama akan jauh lebih baik jika membeli produk asuransi berjangka.


Periksa polis asuransi


Ini merupakan salah satu hal krusial dalam menentukan pilihan asuransi jiwa terbaik tetapi sekaligus menjadi hal yang paling sering diabaikan oleh sebagai besar orang. Karena sebelum anda membeli salah satu asuransi, memang sangat penting dan dianjurkan untuk dapat memeriksa terlebih dahulu polis asuransi terkait. Anda perlu memastikan bahwa seluruh layanan yang ada di dalam polis sudah benar-benar sesuai dengan keinginan anda. Jangan sampai anda merasa dirugikan atau justru mulai menyesal hanya karena keteledoran anda sendiri. Meskipun terlihat sangat sepele, tahap terakhir ini sangatlah menentukan klaim sekaligus asuransi yang nantinya akan anda dapatkan.


*Ini adalah artikel guest post. Apabila Anda ingin bekerja sama dengan saya melalui blog ini, silahkan baca penjelasannya di halaman Advertise.


14 komentar

aku belum kedaftar asuransi nih, pengen cari yang bener2 bonafit n ga aneh aneh klo pas ngalamin kejadian sakit or lainnya

Aku belum daftar asuransi manapun, belum minat hehe

Iya mbak, itu sangat perlu dipertimbangkan..

saya termasuk orang yang belum mempunyai asuransi jiwa mas, saya coba deh dengan tips diatas semoga bisa mendapatkan asuransi jiwa terbaik

sama kalau gitu sama saya mbak gustyanita, ayo buruan daftar deh biar lebih aman

kang saya pernah di tawari asuransi. d sugungkan dengan aturan yang banyak sehingga mana sempet saya baca aturannya. tetapi salesnya ini terkadang meyakinkan dan membujuk tidak akan ada masalah. eh pada akhirnya giliran saya minta hak saya. berbelitnya minta ampun.

waah pengen bikin asuransi nih gue nggo.

Jadi harus benar2 teliti ya..

Ada rekomendasi ???

Asuransi memang penting, tp ak malah blm ada asuransi sama sekali

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon