Review Blog Tirsme - Bad Journal

tirsme, review, giveawayKali ini saya coba membuat review singkat blog Tirsme - Bad Journal. Blog dengan alamat (yang sekilas) mirip merk shampo ini dikelola oleh Muhammad Antar Jihad, biasa dipanggil Tata. Pria kelahiran 2 September 1995 (saya yakin mulai 5 tahun yang akan tak akan mencantumkan tahun lahir) ini mengaku membuat blog Tirsme karena gemar menulis sejak kecil.

Sejak Maret 2013, Tirsme telah telah menghiasi (atau menodai, tergantung sudut pandang pembaca) jagat blogging. Setuju kan, Ta? Hehe *dikeplak* Kebanyakan berisi tentang kehidupan sehari-hari atau pandangan Tata terhadap sesuatu yang sedang terjadi. Intinya sih, berbagi informasi.

Kembali sebentar ke alamat blog, TIRSME.COM. "Tirs" terbentuk dari plesetan "tears", yang dalam bahasa Indonesia bisa berarti air mata. Terinspirasi dari lagu berbahasa Inggris yang menggunakan kata "tears". Pertimbangan pemilihan kata ini hanya satu: leh uga, nih. Kemudian ditambah "me" sebagai pemanis. Tirsme sendiri digunakan sebagai nama samaran untuk signature di streetart karyanya. 

Kenapa memilih domain .com sendiri saya kurang tau. Mungkin karena .com lebih populer daripada domain .ninja (beneran ada, silahkan dicek).

Blog dengan platform Wordpress ini cukup ringan dan responsive karena menggunakan template standar Wordpress. Tak ada masalah berarti terkait loading blog. Tapi, menurut saya desainnya terlalu sederhana untuk ukuran desainer grafis seperti Tata. Entah ada korelasinya atau tidak. 

Satu lagi, ukuran font-nya terlalu kecil. Lagi-lagi menurut saya.

Widget di side bar tak terlalu berjubel. Hanya menampilkan widget seperlunya seperti Popular Post, Arsip, Fanspage hingga Statistik Blog. Sangat kontras dengan blog tak jelas ini, hehe.

review, bad journal, giveaway
Homepage Tirsme, widget di sidebar ngumpet. Nice.

Ngomongin statistik, sepertinya Tata perlu mengoptimalkan search engine. Karena sejak 2013 sampai sekarang, total hits-nya baru mencapai 65ribuan. Karena saya yakin, tulisan apa pun yang ditulis di blog dengan tujuan berbagi pasti ingin tulisan tersebut dibaca banyak orang. Buktinya banyak blogger yang mempromosikan tulisan terbaru mereka di media sosial, baik dengan akun pribadi atau 'minta bantuan' grup blogger dimana mereka bergabung. Kalau melalui Twitter, sering disiasati menggunakan hashtag tertentu.

Ada satu hal yang sangat menginspirasi. Berkat hasil dari skill menggambar Tata yang ditampilkan melalui Tirsme, dia mengaku mendapat pekerjaan yang sekarang dia jalani. Tentu saja pekerjaan yang tak jauh-jauh dari menggambar. Enak banget kan dapet pekerjaan yang sesuai passion?

Oya, bulan September ini Tirsme ulang tahun yang ke-2. Selamat ulang tahun buat blognya, Ta! Semoga nanti ada ulang tahun ke-3, ke-4 dan seterusnya.

Buat pemburu give away, silahkan kunjungi TIRSME.COM. Tata lagi ngadain give away tuh. Saya menulis review ini juga dalam rangka mengikuti give away ulang tahun Tirsme yang ke-2, hehe.

Sekali lagi, selamat ulang tahun ke-2 untuk Tirsme - Bad Journal!