Mencoba Parallax Effect di Sony Vegas Pro 13

Setelah internet, sepertinya sesuatu yang membuat saya betah berjam-jam di depan laptop adalah video editing. Bahkan, kadang saya mengesampingkan sesuatu yang seharusnya menjadi prioritas, skripsi.

Saya tau ini tidak bagus.

Tapi saya punya pembenaran untuk ini; video editing adalah passion. Dan sepertinya wajar aja kalau passion mengalahkan prioritas, hehe.

Beberapa waktu lalu, sesuatu hal langka terjadi di keluarga saya. Kami liburan ke pantai, tapi tak semua bisa ikut. Menampilkan foto/video keluarga di blog ini sebenarnya juga sesuatu yang tak kalah langka. Baru kali ini saya melakukannya.

Tapi, bukan soal liburan keluarga ini yang pengen saya tulis.

Seperti yang saya sebutkan di awal, saya sedang menyukai video editing, lebih tepatnya belajar. Saya belajar secara otodidak, karena bingung mau belajar dari siapa. Ikut pelatihan mahal. Jadi, saya memanfaatkan video tutorial di youtube untuk belajar.

Efeknya lumayan kampret, kuota internet cepet banget habis.

Terakhir saya belajar Parallax Effect. Dengan efek ini, kita bisa membuat video dari sebuah foto. Efek 3D yang ditimbulkan bisa membuat foto terlihat 'hidup'. Bahkan, dengan sedikit otak-atik, kita bisa membuat seolah-olah sedang 'jalan-jalan di dalam foto'.

Ibu, kakak, dan para sepupu

Untuk membuat efek ini saya menggunakan Photoshop dan Sony Vegas. Photoshop untuk edit foto (cropping dan convert foto), sedangkan Sony Vegas untuk video editing.

Update:
Tutorial memberi efek 3D foto dengan Parallax Effect: