Percaya Santet Gak?

Analogi santet. Hukum mendatangi dukun santet. Menghindari santet.
"Jika kamu ingin menangkap serigala, kamu membutuhkan serigala yang lain."

Ada yang masih ingat dialog antara Hobbs (The Rock) dan Riley Hicks (Gina Carano) di film Fast and Furious 6 di atas? Dialog pada adegan tersebut kurang lebih menggambarkan keputusasaan The Rock (berperan sebagai anggota DSS) karena selalu gagal menangkap penjahat buruannya, Owen Shaw, yang diperankan oleh Luke Evans. Hobbs merasa kekuatan timnya masih belum cukup mumpuni untuk melawan penjahat sekelas Shaw, sehingga mengharuskannya untuk meminta bantuan kepada penjahat lain, Dominic Toretto CS.

Dalam keadaan tertentu, seorang polisi pun harus meminta bantuan penjahat agar bisa menyelamatkan dunia dari ancaman kejahatan.
-

Anyway, kamu pasti pernah mendengar kata "santet". Emang secara akal sehat, santet terlihat seperti mengada-ada. Gimana bisa masukin benda-benda seperti paku, jarum, beling dan lain-lain ke dalam tubuh manusia tanpa proses operasi? Kalau gitu, bisa aja dong, benda-benda tersebut diganti emas, berlian atau benda lain? Kalau emang bisa, kayaknya pendapatan penyedia jasa pengiriman paket bakal turun.

Entah percaya atau gak, santet itu ada. Nah, yang jadi masalah adalah jika sang korban mendatangi dukun untuk berobat, bisa berarti dia menduakan Tuhan. Padahal kata Hobbs tadi, untuk melawan serigala memerlukan serigala lain (dalam hal ini, untuk melawan dukun santet memerlukan dukun yang lain, yang bisa jadi sebagai perantara bantuan dari Tuhan).

Contoh lain yang cukup memihak Hobbs ada di dunia kesehatan. Kita semua pasti kenal imunisasi, proses pengebalan tubuh dengan cara memberikan vaksin, yaitu virus atau bakteri yang sudah dilemahkan. Ada bermacam-macam jenis vaksin imunisasi. Ada vaksin BCG (Bacillus Calmette Guerin) untuk memberikan kekebalan terhadap TBC, vaksin Polio untuk mencegah Poliomielitis yang bisa menyebabkan kelumpuhan, hingga vaksin Campak agar kelak tidak dicampakkan oleh pasangannya (yang ini ngaco).

Meski imunisasi masih menjadi perdebatan perihal halal atau gak, belakangan ini malah ada jenis vaksin imunisasi baru, yaitu vaksin untuk mencegah Meningitis. Itu lho, penyakit yang katanya diderita Alm. Olga Syahputra. Saya tahu hal ini dari perbincangan hangat antar ibu hamil yang gak sengaja saya denger.

Prinsip imunisasi adalah sama seperti yang dilakukan Hobbs. Untuk melawan sebuah penyakit, diperlukan penyakit lain.
-

Berdasarkan analogi kasus Hobbs dan imunisasi di atas, timbul pertanyaan: jadi, boleh gak sih mendatangi dukun untuk melawan santet yang menyerangnya?

Apa pun alasannya, mendatangi dukun itu gak boleh. Tapi, 'penyakit' semacam ini jika diobati dengan jalur medis biasanya akan sia-sia. Sama seperti orang sakit perut tapi diobati dengan cara diolesi obat panu.

Langkah paling bijak yang bisa diambil mungkin dengan terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Jika sakit masih berlanjut, hubungi dokter anggap aja ini sebagai pencuci dosa-dosa yang telah lalu.

Lalu muncul pertanyaan lagi: Kalau orang atheis yang terkena santet, berdoanya ke siapa?