Tiga Lagu yang Bisa Kamu Pakai Buat Belajar Main Gitar

Lagu buat belajar main gitar. Eno Netral vs Travis Blink 182
Main gitar via sigambar.com

Setelah vokalis, posisi personil band yang biasanya mendapat perhatian lebih dari penggemar adalah pemain gitar. Makanya ketika masih sekolah dulu, saya pengen banget bisa main gitar [yang mau bilang buat ajang caper silahkan]. Dan kalau beruntung, cewek-cewek bakal mendekat dengan sendirinya.

Tapi trik biar terlihat keren ini gagal, karena gak ada murid cewek di sekolah. Semua siswa berjenis kelamin kalau-jongkok-nunjuk. Wajarlah, STM.

Biasanya, vokalis atau gitaris itu sekaligus menjadi frontman. Dan kayaknya sedikit sekali band yang mempunyai frontman yang berposisi di 'belakang'.

Ngomongin frontman dengan posisi belakang, di Indonesia ada Superman Is Dead. Tahu siapa frontman-nya? Yes, Jerinx. Kemudian ada Netral, band yang drummer-nya lebih terkenal daripada personil lain [kalau yang ini soal terkenal aja sih. Masalah Eno adalah frontman atau bukan, saya kurang tahu, hehe]. Kalau di luar negeri ada Blink 182. Band punk rock yang dicap sebagai penjiplak Band Netral. Mulai dari aliran lagu hingga konsep bermusik. Bahkan, sang drummer, Travis Barker, mempunyai gaya pakaian dan cara bermain drum yang sangat mirip dengan Eno Netral.

Lagu buat belajar main gitar. Eno Netral vs Travis Blink 182
Iya gak, sih?

--

Belajar hal apapun, kayaknya harus ada yang membimbing. Pun dengan belajar main gitar. Saya dulu juga punya pembimbing [kalau gak mau disebut guru] yang siap ngajarin ini itu. Mulai dari cara gampang ngapalin kord, cara metik, sampai stem senar gitar. Kalau sekarang sih, gak perlu diajarin lagi soal stem-menyetem gitar. Bukan karena udah bisa, tapi karena ada g-Strings.

Btw, itu aplikasi Android ya, bukan daleman cewek.

Nah, berikut ini 3 lagu yang pernah saya pelajari. Mungkin bisa jadi referensi buat kamu yang sedang belajar main gitar.

1. Peterpan - Semua Tentang Kita
Sebelum Ariel, sang vokalis, membuat video yang cara nontonnya harus miringin kepala dulu, Peterpan punya lagu yang enak dan gampang dimainin. Perpindahan dari satu kord ke kord gak terlalu ribet. Saya aja cuma beberapa hari udah bisa intronya. Kamu jangan mau kalah!

2. Creed - One Last Breath
Lagu ini dipakai pada acara Mata Najwa di Metro TV, yang kadang-kadang bikin saya mikir, kayak gitu bayar royalti gak sih?

Dulu belajar dari nada D. Sekarang sih udah lupa. Udah lama gak megang gitar. Sekarang pegang yang lain, pacul.

3. Muse - Hysteria
Lagu yang menonjolkan permainan bass ini wajib kamu pelajari. Emang susah, sih. Tapi kalau kamu bisa, kerenmeter [alat pengukur tingkat kekerenan seseorang] kamu bakal naik ke level maksimal. Baik gitar atau bass, keduanya keren parah.


Kamu punya lagu lain yang enak buat belajar main gitar?