Ternyata Ada Tempat Manjangin "Itu" di Mall Taman Palem

"Isi nama sama alamat aja, mas," kata seorang wanita berkerudung di depan saya.

"Tulisannya bagus," lanjutnya, yang saya balas dengan senyum. Karena saya tau, dia telah berdusta.

Selesai mengisi selembar kertas sesuai instruksi dari sang wanita berkerudung tersebut, saya menyerahkan kembali "SURAT KUASA" itu untuk disatukan bersama STNK dan KTP menggunakan stapler.

Berkas-berkas tersebut harus saya tebus dengan uang sebesar Rp. 15.000.000 (lima belas ribu rupiah).

Setelah urusan berkas selesai, saya bergegas meninggalkan tempat photo copy (beserta wanita berkerudung yang sedang memangku seorang anak kecil) menuju tempat pendaftaran perpanjang STNK.

Di sana, saya menyerahkan dokumen (surat kuasa, BPKB, STNK dan KTP asli dan photo copy pemilik kendaraan) tersebut kepada petugas kepolisian yang umurnya saya taksir sudah 50 tahun lebih.

Saya di sini bukan calo atau petugas biro jasa lho, ya. Saya sedang memperpanjang STNK kendaraan kakak saya yang sekarang kebetulan sedang berada di luar kota.

Sang polisi yang sudah berumur setengah abad tersebut hanya sekilas mengecek dokumen yang saya serahkan, kemudian meminta saya untuk menunggu di luar. Sepertinya beliau hanya memastikan apabila diperlukan surat kuasa, maka surat kuasa sudah dilampirkan.

Sambil menunggu giliran dipanggil, saya menyibukkan diri dengan bermain Clash Royal. Maklum, generasi menunduk.

Setelah battle berkali-kali dan kebanyakan berakhir dengan kekalahan (wis biasa), akhirnya tiba giliran saya untuk antri di kasir. Tak perlu waktu lama sampai akhirnya saya harus mengeluarkan sejumlah uang sesuai yang tertera di STNK.

Antri lagi sebentar, kemudian, voila! STNK yang baru sudah jadi. "Cepet juga," batin saya.

Ini kali pertama saya berurusan dengan hal seperti ini. Dari sini saya tau jika surat kuasa ternyata bisa didapatkan di tempat photo copy tanpa mengisi data lengkap dan TANPA TANDA TANGAN PIHAK PERTAMA!

Proses perpanjang STNK ini berlangsung di Samsat Mall Taman Palem, Jakarta Barat. Buat yang mau perpanjang STNK di sini, bisa banget melakukan langkah-langkah di atas. Dan pastikan BPKB asli dibawa.

Kalau BPKB masih ditahan pihak leasing bagaimana?

Mau tidak mau harus datang langsung ke kantor Samsat di Jl. Daan Mogot, Cengkareng. Soalnya saya beberapa kali melihat orang harus merasakan pahitnya berkas ditolak karena tidak membawa BPKB asli.

Soal surat kuasa yang tidak perlu ditandatangani oleh pihak pertama, mungkin itu cuma akal-akalan biar materai bisa dipakai lagi.

Cara perpanjang STNK di Samsat Mall Taman Palem. Syarat perpanjang STNK. Surat kuasa perpanjang STNK. Perpanjang SIM di mall.
Oya, di sini juga bisa perpanjang SIM