Rekomendasi Tempat Wisata di Bukittinggi yang Bisa Kamu Kunjungi

Jika berencana berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa masukkan kota Bukittinggi ke daftar itenary kamu.  Karena, kota yang pernah menjadi ibu kota Republik Indonesia ini mempunyai banyak sekali tempat yang wajib dijadikan destinasi wisata.

Kota Bukittinggi terletak pada ketinggian kurang lebih 900 mdpl. Sehingga, kota yang bernama Fort de Kock pada zaman kolonial Belanda ini mempunyai iklim yang sejuk, berkisar antara 16-23 derajat celcius.

Ada banyak moda transportasi yang bisa digunakan menuju kota kelahiran salah satu Bapak Proklamator kita, Mohammad Hatta, ini. Melalui jalur udara, kamu bisa mendarat di Bandara International Minangkabau di Padang. Kenapa mendarat di Padang? Karena Bukittinggi belum memiliki bandara sendiri. Dari bandara ke Bukittinggi atau sebaliknya, kamu bisa memanfaatkan transportasi darat. Beberapa pilihan transportasi darat yang tersedia di antaranya: taksi, bus, angkutan kota, jasa travel, hingga ojek sepeda motor.

Berikut beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Bukittinggi:

Jam gadang
Jam Gadang merupakan landmark Kota Bukittinggi. Terletak di pusat kota, sehingga mudah dicapai dari mana pun. Jam raksasa yang dibangun pada tahun 1926 ini mempunyai daya tarik yang luar biasa. Banyak orang menghabiskan akhir pekan di lokasi yang menjadi simbol khas Kota Bukittinggi ini.

Selain itu, jam ini juga memiliki keunikan tersendiri. Jika angka “4” romawi pada umumnya ditulis dengan “IV”, maka, pada Jam Gadang angka 4 ditulis dengan “IIII”. Hingga sekarang, penulisan ini masih menjadi misteri.

Jam Gadang Bukittinggi
Jam Gadang via indonesiakaya.com

Dengan menggunakan angkutan umum, kamu bisa mencapai lokasi ini selama 2 jam perjalanan dari Kota Padang.

Benteng Fort de Kock
Benteng yang awalnya bernama Sterrenschans ini merupakan benteng peninggalan Belanda. Dibangun pada tahun 1825. Penggantian nama Benteng Sterrenschans menjadi Benteng Fort de Kock dicetuskan salah satu tokoh militer Belanda, Hendrik Merkus de Kock. Beberapa tahun kemudian, kota di sekitar benteng ini berkembang lalu diberi nama Fort de Kock, lalu menjadi Kota Bukittinggi hingga sekarang.

Benteng Fort de Kock, wisata Bukittinggi
Benteng Fort de Kock via wikipedia.org

Benteng Fort de Kock terletak tak jauh dari Jam Gadang. Wisatawan bisa menjangkaunya hanya dengan jalan kaki.

Air Terjun Lembah Anai
Air Terjun Lembah Anai  terletak di pinggir jalan yang menghubungkan Padang dan Bukittinggi. Apabila perjalanan kamu menuju Bukittinggi dimulai dari Kota Padang, maka kemungkinan besar tidak akan melewatkan surga dunia ini. Air terjun ini terletak di Lembah Anai, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar.

Air Terjun Lembah Anai via lihat.co.id

Dari Kota Padang, lokasi air terjun ini bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan menggunakan angkutan umum. Atau bisa juga menggunakan kereta api wisata sebagai alternatif.

Ngarai Sianok
Ngarai Sianok adalah sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh bukit-bukit bertebing curam. Mempunyai kedalaman 100 meter dan membentang sepanjang 15 km dengan lebar 200 meter. Kawasan ini juga disebut dengan Lembah Pendiam, karena memiliki suasana yang tenang, didudukung dengan udara bersih dan sejuk serta diiringi kicauan burung dan gemericik air sungai yang masih asri.

Ngarai Sianok Bukittinggi
Ngarai Sianok via pegipegi.com

Lobang Jepang
Lobang yang menyerupai goa berdiameter 2 meter ini merupakan bunker peninggalan Jepang pada masa penjajahan. Terletak di Bukit Sianok, konon, tempat ini merupakan basis pertahanan Jepang pada Perang Dunia II. Terdapat ruang-ruang khusus sebagai ruang pengintaian, penyergapan, hingga ruang penjara yang sekaligus sebagai ruang penyiksaan. Konon, pembunuhan tahanan dengan cara dicincang, kemudian disiram dengan air panas dan garam. Aw!

Lobang Jepang Bukittinggi
Lobang Jepang via kaskus.com

Dari Kota Padang, perjalanan menuju lokasi ini bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam menggunakan angkutan umum.

Untuk menginap di Kota Bukittinggi, kamu bisa memanfaatkan hotel atau homestay yang tersedia. Pastikan tempat penginapan yang kamu pilih sesuai dengan budget yang kamu sediakan.

Daripada nggak bisa pulang.