Ingin Buka Usaha Fotokopi? Perhatikan 4 Hal Ini

Mesin fotokopi tercipta berkat pemikiran Chester Carlsoni, seorang fisikawan asal Amerika Serikat. Pada tahun 1938, dia mulai berpikir bagaimana cara agar pekerjaan mencetak dokumen secara berulang-ulang dapat berlangsung dengan singkat. Melalui penelitian dan percobaan yang cukup panjang, akhirnya Chester berhasil menciptakan alat pengganda dokumen ini pada tahun 1939. Alat ini kemudian dipatenkan pada 6 Oktober 1942 (Wikipedia).

Seiring meningkatnya kebutuhan fotokopi, penyedia jasa fotokopi pun menjamur. Seorang teman yang juga menggeluti bisnis ini mengatakan, membuka jasa fotokopi tidaklah mudah. Setidaknya ada 4 hal dasar yang harus diperhatikan, di antaranya:

Pemilihan Lokasi
Pemilihan lokasi haruslah strategis. Area sekitar sekolah, kampus, dan lingkungan perkantoran adalah tempat terbaik untuk membuka usaha jenis ini. Karena tempat-tempat tersebut mempunyai potensi pasar yang cukup tinggi.

Kualitas Fotokopi
Hal penting pada usaha fotokopi dari sisi customer tentu saja kualitas fotokopian. Orang bisa saja tidak akan kembali lagi karena menilai hasil fotokopian yang jelek. Sebaliknya, orang akan terus kembali datang karena puas dengan kinerja usaha kita. Untuk mendapatkan hasil fotokopi yang baik, gunakan mesin fotokopi yang terbaik pula. Sebelum memutuskan untuk membeli mesin fotokopi, cari tahu informasi sebanyak-banyaknya agar mendapatkan merk dan harga terbaik.

Salah satu rekomendasi tempat pembelian mesin fotokopi ialah Java Fotocopy. Java Fotocopy merupakan distributor dari dua merk mesin fotocopy yang sangat populer, yaitu Xerox dan Cannon. Selain menyediakan mesin dengan kondisi baru, Java Fotocopy juga menyediakan mesin rekondisi 97% dengan kualitas terjamin. Java Fotocopy melayani pembeli dari seluruh Indonesia. Menariknya, khusus area Jabodetabek, biaya pengiriman free alias gratis.

Java Fotocopy, jual mesin fotocopy murah
Website Java Fotocopy

Selain itu, Java Fotocopy juga melayani instalasi, servis dan perawatan mesin fotokopi.

Java Fotocopy
Jl. TB. Simatupang No. 1A Jagakarsa, Jakarta Selatan
Phone: (021) 2237 3839
Ponsel: 0852 1882 7700
Email: fotocopyjakarta@gmail.com

Kembangkan Usaha Lain
Selain melayani jasa fotokopi, ada baiknya membuka usaha lain seperti menjual Alat Tulis Kantor, cetak foto digital dan mainan anak dalam skala kecil. Kelengkapan suatu usaha bisa jadi pertimbangan orang apakah akan menggunakan jasa kita atau tidak. Selain itu, hasil penjualan ini juga mampu mempercepat mencapai titik Break Even Point, yang pada kemudian hari akan menjadi laba tambahan.

Perhatikan Hal-hal Kecil
Pernah membatalkan niat untuk fotokopi karena tidak ada tempat parkir atau tempat parkir yang dirasa kurang aman? Ada yang pernah ada yang tidak/belum. Saya sendiri pernah mengalami hal ini. Sebaiknya hal kecil seperti ketersedian dan keamanan parkir ini sebaiknya diperhatikan. Jika modal masih ada, boleh melengkapi tempat usaha dengan kamera CCTV. Selain masalah parkir, sediakan juga TV atau bahkan WiFi untuk pengunjung. Ini bisa menjadi nilai lebih bagi pengunjung baru. Karena bagaimanapun, kesan pertama itu penting.

Itu empat hal yang sebaiknya diperhatikan ketika berencana membuka usaha fotokopi menurut teman saya. “Biarlah tetap anonim, yang penting saya sudah berbagi ilmu”, ujarnya.

8 komentar

pemilihan tempat dan kualitas fotokopi, memang harus di perhatikan mas. enakkan buka usaha didekat kampus atau sekolah, atau pinggir jalan yang rame. kalau pemasangan wifi. nggak usah lah mas. minimal kulkas atau jualan minuman.

iya bang. saya suka kecewa kalau fotocopy ktp. jadinya ngak memuaskan karna hidung saya njadi ngak ada dan mukanya burem. dan pasti saya nyari tempat yang laen yang lebih bagus.

bisa keluar duit dua kali jadinya

Kalo bisa sediain bakso, mie ayam, soto buat pelanggan yg laper
Sediain juga jasa sewa pacara buat pelanggan yg jomlo

KOMENNYA BANG NIKI, YA RAAAABBB.....

Iya nih. Aku suka fotokopian yang nyediain banyak alat tulis. Lucu aja ngeliat banyak stabilo berbagai warna berhamburan. Btw buka usaha fotocopyan bisa menghasilkan receh lumayan ya, Nggo. Selain ngeblog. Yuhuuuu.

Yah ga pingin buka usaha fotokopian sih nih bang.

Bisa motokopiin pacar yg jauh gak tuh, biar yg satu jauh, yg satunya dekat gitu .__. #efekLDR

Kalau yang sediain ATK buat nambah untung mah udah biasa tuh! Jangan lupa juga sediakan minuman dingin. Lumayan kalau antre, mereka jadi tergoda buat beli. :p

Lokasi yang menurut saya paling utama dan paling penting buat buka usaha bukan hanya fotocopy tapi semua usaha

Pilih 'Anonymous' atau 'Name/URL' di 'Comment as' jika profil untuk berkomentar tidak ada. Terima kasih telah meninggalkan komentar.
EmoticonEmoticon